Kabar KampusPKM

Mahasiswa UNY Membuat Inovasi Sediaan Gel Temu Giring Sebagai Tabir Surya

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki intensitas paparan sinar matahari yang tinggi. Di dalam sinar matahari terdapat sinar Ultraviolet (UV) yang  memiliki efek negatif dan positif. Efek positif dari sinar UV dapat mengaktivasi provitamin D menjadi vitamin D yang berguna untuk kesehatan kulit, sedangkan efek negatif dari sinar UV adalah dapat menyebabkan kerusakan kulit, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu dianjurkan menggunakan tabir surya untuk mencegah efek negatif sinar UV tersebut. Penggunaan bahan-bahan sintetik dalam pembuatan tabir surya saat ini  dimungkinkan memiliki efek samping untuk kesehatan, maka diperlukan solusi untuk permasalahan tersebut.

Menyadari hal tersebut, tiga mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Aji Saputra (2017), Ario Chandra Purpratama (2016) dan Heni Febriani (2017) melakukan inovasi dengan memanfaatkan rimpang temu giring sebagai bahan baku gel tabir surya. Penelitian dengan judul “Preparasi Sediaan Gel Rimpang Temu Giring (Curcuma heyneana) sebagai Tabir Surya secara In Vivo dan In Vitroini telah menghasilkan sedian gel rimpang temu giring yang telah diuji secara laboratorium.

Baca Juga  Festival Burung Pantai 2017 KPB Bionic UNY

Aji Saputra selaku ketua tim mengatakan bahwa pemilihan rimpang temu giring dalam penelitian ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid, tanin, damar, minyak atsiri, dan saponin yang berpotensi sebagai antioksidan untuk pembuatan tabir surya sehingga dapat mengurangi kerusakan sel kulit akibat sinar UV.

“Biasanya rimpang temu giring digunakan untuk lulur dan jamu, sehingga belum banyak dijumpai digunakan sebagai bahan sedian tabir surya.” Tambahnya.

Dalam pengujiannya, ia dan tim mengolah rimpang temu giring menjadi ekstrak, kemudian dibuat menjadi sedian gel. Gel merupakan salah satu jenis sediaan yang memiliki kelebihan diantaranya efek dingin di kulit saat digunakan, elastis, daya lekat yang tidak menyumbat pori dan daya sebar yang baik pada kulit. Hasil uji laboratorium didapatkan bahwa sediaan gel rimpang temu giring memiliki nilai SPF yang sangat baik untuk melindungi kulit yaitu 18.86 sehingga dikategorikan sebagai tabir surya dengan proteksi ultra.

Baca Juga  “Choco D’ Mura” Coklat dari Daun Talok Produk Mahasiswa FMIPA UNY

Selain itu, hasil pengujian aktivitas antioksidan sediaan gel rimpang temu giring menujukkan aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 86.43086 µg/ml. Nilai Nilai IC50 yang kurang dari 100 µg/ml dapat menunjukkan suatu aktivitas antioksidan yang kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa sediaan gel rimpang temu giring memiliki aktivitas antioksidan yang kuat.

Info lebih lanjut bisa hubungi Instagram @giringku

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X