Kabar KampusPrestasi

TIM IAN UNY Juara I Lomba Paper Tingkat Nasional

Dalam ajang Call for Paper of Public Administration di Universitas Airlangga, Surabaya yang digelar Senin—Selasa (11—12/5/2015) lalu, delegasi dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN), Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) memperoleh penghargaan juara I. Kompetisi karya tulis paper dengan tema “Strategi Inovatif Indonesia Menghadapi MEA 2015” ini digawangi oleh M. Rabi’e dan Avi Anasiya. Paper tersebut mengangkat kearifan lokal yangHamemayu Hayuning Bawana sebagai Strategi Inovasi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat untuk Menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

IAN UNY JUARA I LOMBA PAPER TINGKAT NASIONAL

Dalam paparannya Rabi’e mengatakan, “Paper ini mengkaji nilai-nilai hamemayu hayuning bawana sebagai strategi inovasi dalam pengembangan pariwisata berbasis masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menghadapi ASEAN economic community (AEC) pada akhir tahun 2015. Dalam pengembangan sektor pariwisata, konsep pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism/CBT) menjadi solusi atas dampak negatif yang ditimbulkan oleh sistem pengelolaan pariwisata massal (mass tourism), seperti tercemarnya lingkungan, pengalihan fungsi lahan produktif, dan eksploitasi sosial-budaya,” jelasnya.

Baca Juga  Ransel Topeng Panji: Upaya Mahasiswa UNY Angkat Budaya Dalam Negeri

Avi menambahkan, “CBT yang digagas oleh Bank Dunia pada tahun 1970-an memperhatikan kondisi sosial, keunikan karakter dan budaya lokal dalam pengelolaan pariwisata. Dalam konteks DIY, nilai kearifan lokal hamemayu hayuning bawana merupakan falsafah hidup masyarakat Jawa untuk melestarikan keindahan lingkungan. Orang Jawa menyebutnya bahwa manusia hendaknya arif lingkungan, tidak merusak dan berbuat semena-mena menjadi strategi inovatif memantapkan pengeloaan pariwisata berdasarkan konsep CBT oleh masyarakat lokal di DIY,” ungkap Avi kepada reporter. Berkat paper inilah yang membawa Rabi’e dan Avi meraih juara I, dan kembali menambah deretan prestasi yang diraih oleh mahasiswa IAN FIS UNY.

Kompetisi paper tersebut terdiri dari dua kategori, tingkat SMA dan mahasiswa. Kategori mahasiswa juara I diraih oleh tim IAN UNY, juara II dari tim Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), sedangkan juara III diraih oleh tim Ilmu Administrasi Negara, Fisip Unair. Sementara kategori SMA juara I diraih oleh MAN 1 Tulungagung, SMAN Bali Bandara, dan juara III SMAN 1 Bojonegoro. Kompetisi paper tersebut dimulai dengan seleksi karya tulis paper dan presentasi tiga besar dari masing-masing kategori. Adapun tim juri lomba paper tingkat nasional tersebut yaitu: Moch. Yunus, S.IP., M.A., Nanang Haryono, S.IP., M.Si., Dr. Bintoro Wardiyanto, MS.

Baca Juga  ROSEMERY UNY Kembali Raih Juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia 2020 Regional II

Di samping acara presentasi paper, hari kedua yaitu acara penyerahan hadiah sekaligus seminar nasional (semnas) di Aula Kahuripan, Unair. Pada semnas ini dihadiri oleh tiga pembicara yaitu Drs. Eko Supeno, M.Si. (Direktur kemahasiswaan Unair), Ir. Supandi, dan Drs. A. Mudjib Affan, MARS. (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provensi Jatim) dengan tema “Membangun Resistensi Menghadapi AFTA melalui Ekonomi Pancasila”.

Meskipun tergolong jurusan baru, kualitas mahasiswa Jurusan IAN FIS UNY tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai dosen pendamping, Kurnia Nur Fitriana, MPA. mengaku sangat bangga atas prestasi anak didiknya tersebut.

 sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X