Mahasiswa UNY Menciptakan Produk Lotion Dari Kulit Kakao | UNY COMMUNITY
Monday , 22 July 2019
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Menciptakan Produk Lotion Dari Kulit Kakao

Mahasiswa UNY Menciptakan Produk Lotion Dari Kulit Kakao

Indonesia terletak di daerah tropis, dimana banyak menghasilkan tanaman hasil pertanian, salah satunya tanaman kakao. Kakao menghasilkan limbah organik berupa kulit tetapi kurang memiliki nilai ekonomis dan cepat mengalami pembusukan yang menimbulkan masalah lingkungan. Dalam masyarakat kulit kakao belum dimanfaatkan secara optimal, biasanya hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk kompos saja, oleh karena itu, perlu adanya inovasi baru dalam mengolah kulit kakao. Oleh karena itu sekelompok mahasiswa UNY mengubah kulit kakao menjadi handbody lotion yang lebih efisien dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

 

Melalui program PKM-K (Program Kreatifitas Mahasiswa-Kewirausahaan), lima mahasiswa UNY yaitu : Jamaluddin Siregar prodi Matematika, Wahyuni Eka Maryati prodi Pendidikan Matematika, Yuliari Suprihatin dan Zamhariroh Marsa Fajarwati prodi Kimia, serta Kharisma Nanda Putri Permatasari prodi D3 Akuntansi bersama Dosen Pendamping Dr. Das Salirawati, M.Si. berhasil menciptakan handbody lotion dengan bahan baku kulit kakao diharapkan dapat menciptakan inovasi yang dapat melembabkan kulit kering melalui bahan alami yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Baca Juga  Pura-pura Jualan Kacamata, Pria Ini Gasak 6 Laptop di UNY Kampus Wates

Menurut Jamaluddin Siregar kulit kakao memiliki kandungan air yang tinggi mencapai 85%, lemak 11,80%, BETN 34,90%  dan Polifenol. “Polifenol dalam kakao dapat memperlambat penuaan dini dan melancarkan peredaran darah” ‘kata Jamaluddin. Selain itu kakao mengandung vitamin A dan E yang sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Wahyuni Eka Maryati menambahkan, pada suhu udara yang panas kulit cenderung bermasalah, seperti kulit kering dan hitam karena terpapar sinar matahari. Penggunaan kosmetik yang berfungsi untuk merawat kulit sangat diperlukan. Banyak masyarakat khususnya para wanita yang ingin tetap terlihat cantik dengan kulit bersih, lembut, dan putih. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggunakan handbody lotion.

Handbody lotion merupakan suatu sediaan kosmetik berbentuk emulsi cair yang digunakan pada daerah tangan dan tubuh dengan tujuan melembabkan dan melembutkan kulit. “Kami membuat handbody lotion dari kulit kakao yang diberi nama LOMACA  yang merupakan kepanjangan dari Lotion Theobroma Cacao L.” papar Wahyuni.

Baca Juga  Sandal BUDI (Budaya Indonesia) Produk Mahasiswa UNY

Produk LOMACA ini memiliki keunggulan, yaitu terbuat dari bahan alami, tidak lengket dan beraroma segar, mudah dibawa kemana-mana serta harga terjangkau, untuk pemesanan produk dapat melalui instagram @lomacaofficial.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

4 Cara Menggemukkan Badan Alami Yang Bisa Anda Coba

Memang banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang sulit untuk gemuk. Baik itu faktor keturunan, …

X