Kabar KampusPrestasi

Mahasiswa UNY Raih Juara 1 Pada Kompetisi Debat Nasional

Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Bayu Tangguh Pamungkas (Akuntansi 2014), Rizki Amalia (D3-Pemasaran 2013), dan Eko Siam Muwardi (Pendidikan Ekonomi 2014) kembali meraih prestasi di bidang kompetisi debat tingkat nasional. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada tanggal 3 Oktober 2015 ini diikuti oleh delapan tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Seleksi ajang bertajukEconomic & Cooperation Debate Competition (EnC) tersebut dilaksanakan sebanyak dua tahap, yaitu seleksi essay dan debat.

Mahasiswa FE-Pengahargaan EnC

Seleksi esai diikuti oleh 39 tim dari berbagai univesitas di Indonesia dan kemudian dieliminasi hingga menjadi 8 tim. Berdasarkan poin kemenangan esai, tim UNY memperoleh peringkat pertama yang disusul oleh Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pendidikan Ganesha Bali, Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya. Ke-delapan tim tersebut selanjutnya mengikuti lomba debat di ITS.

Baca Juga  Selamat! Mahasiswi UNY Juara 1 Sunsilk Hijab Hunt 2017

Kompetisi debat berlangsung sangat sengit, di mana semua tim mampu memaparkan argumen dan sanggahan yang sangat kritis. “Awalnya kami ke Surabaya dengan penuh rasa optimis, namun tidak mau berekspetasi terlalu jauh, sebab kali ini tingkat nasional,” ujar Rizki. Sebelumnya, tim Faculty of Economics Debate Community (FEDC) ini pernah meraih juara 1 lomba debat tingkat DIY yang diselenggarakan oleh BEM FE UMY dan akhirnya bisa memperoleh peringkat pertama tingkat nasional pada kesempatan kali ini.

Pada kompetisi debat EnC tim FE UNY meraih peringkat pertama, sementara tim UGM meraih peringkat kedua. Adapun perolehan skor ketika final yaitu UNY 227,5 dan UGM 227,4. “Alhamdulillah dengan skor tipis kami bisa menang, semoga FE UNY bersama dengan Komunitas Debat BEM FE mampu mencetak prestasi lebih banyak lagi,” harap Bayu.

Baca Juga  UNY, Tim Indonesia Terbaik di Ajang Student Formula Japan

EnC kali ini mengangkat tema “Koperasi Pemuda dalam Persaingan Global”. Tema tersebut sangat bagus dan mampu menambah wawasan para peserta di bidang Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dan tantangannya terhadap globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta keterkaitan dengan kebijakan pemerintah. “Untungnya kami di FE UNY memperoleh pengetahuan yang cukup banyak tentang UMKMK, sebab dimasukkan di beberapa mata kuliah,” ujar Eko. Oleh karena itu, kegiatan tersebut sangat baik untuk menggali potensi mahasiswa dan menumbuhkan kembali semangat ekonomi kerakyatan.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X