Kabar KampusPKM

Masbahtera ; Pelayanan dan Promosi Edu-Eco Wisata Mangrove Baros

Masbahtera atau Masyarakat Baros Sejahtera adalah suatu program yang diadakan oleh empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Program tersebut berupa pelatihan berbahasa Inggris dan pengelolaan Website untuk karang taruna Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau biasa disebut Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B). Banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung dan pentingnya promosi wisata melalui website menjadi alasan munculnya ide kreatif diadakannya program tersebut.

Program yang diprakarsai oleh Shofiyah, Anggraini Riandani, Brian Dwi Murdianto, dan Aji Dwianto bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di Edu-Eco Wisata Mangrove Baros dan promosi wisata tersebut.

Salah satu tim penggerak, Anggraini Riandani mengatakan, program yang dibimbing oleh dosen Sari Hidayati, M.A membuat pemuda-pemudi sadar akan pentingnya berbahasa Inggris dan pengelolaan website.

Baca Juga  Ribuan Mahasiswa Baru UNY Ikuti Stadium General oleh Kemenristekdikti

“Wisata Mangrove Baros adalah salah satu tempat wisata yang sangat berpotensi. Lokasi konservasi mangrove yang berhadapan langsung dengan samudera menjadi topik yang menarik untuk dipelajari. Selain itu, Baros juga memiliki paket wisata edukasi berupa village trip. Hal tersebut membuat banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, namun kemampuan pengelola dalam berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara masih memerlukan pembinaan,” kata Anggra, Sabtu, (9/6/2017),

“Edu-Eco Wisata Baros juga memiliki website untuk mempromosikan wisata tersebut, namun belum dikelola dengan baik dan bahkan sempat vakum,” imbuh Brian.

Oleh karena itu, program Masbahtera menjadi solusi bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan wisatawan mancanegara dan promosi wisata. Tidak hanya itu, harapannya program tersebut akan berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan    masyarakat Dusun Baros. Atas gagasan kreativ tersebut, program Masbahtera berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kerativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat di tahun 2017.

Baca Juga  Green House UNY Panen Melon

Pelatihan berbahasa Inggris dan pengelolaan website rutin dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jumat selama dua bulan, Mei sampai Juni. Pelatihan tersebut diawali dengan pembelajaran secara teori kemudian praktik dengan native speakers dan mengelola website. Selain itu, tim penggerak juga menyajikan pelatihan yang berbeda, yaitu berupa demonstrasi. Harapannya, dengan teknik demonstrasi, pelatihan tesebut menjadi hal yang menyenangkan dan ilmu yang diberikan dapat diterima dengan baik. (Anggraini Riandani / Pendidikan Bahasa Jerman /2016)

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X