Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dengan Pengamatan Burung Raptor | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dengan Pengamatan Burung Raptor

Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dengan Pengamatan Burung Raptor

Bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati setiap tanggal 5 November, UKM-FMIPA KPB Bionic UNY menyelenggarakan Pengamatan Burung Raptor. Pengamatan Burung Raptor merupakan rangkaian kegiatan setelah Stadium General: Burung Raptor yang dilaksanakan dua hari sebelumnya. Sehari sebelumnya, Mas Kiir, Wahab Febri Andono, Aghnan Pramudihasan dari KPB Bionic UNY dan Ali dari Institut Pertanian Yogyakarta sempat melakukan pengamatan burung raptor di Watu Goyang Imogiri Bantul.

Di acara Stadium General: Burung Raptor, peserta sudah memperoleh pembekalan materi tentang identifikasi burung raptor. Pada kegiatan ini, ilmu identifikasi burung raptor akan diaplikasikan secara langsung di lapangan. Lokasi yang dipilih adalah Bukit Djarum, sebuah bukit yang berada di sebelah barat Museum Ulen Sentalu, Kaliurang.

Baca Juga  Sayidah Alawiyah Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UNY 2015

Pesserta berangkat dari FMIPA UNY sekitar pukul 07:00 WIB. Tiba di lokasi, hamparan rumput hijau dan pepohonan menyambut rombongan peserta. Gunung Merapi dan dua bukit yang mengapitnya terlihat jelas sebelum kabut menutup pemandangan indah ini.

Teropong monokuler dan teropong binokuler segera dikeluarkan peserta untuk mengeksplor keberadaan burung raptor migran yang melintas. Peserta terlihat begitu antusias apalagi ketika dua ekor Elang-ular Bido (Spilornis cheela) soaring sambil bersuara saling bersahutan.

Peserta kegiatan Pengamatan Burung Raptor kali ini bukan hanya dari anggota Bionic dan mahasiswa UNY saja melainkan perwakilan dari beberapa instansi juga turut serta. Perwakilan dari KSSL FKH UGM dan Institut Pertanian Yogyakarta, bahkan ada yang jauh-jauh dari BBC Ardea UNAS Jakarta dan Pelatuk Unnes Semarang. Mas Asman Adi Purwanto dari Raptor Indonesia (RAIN) yang menjadi pemateri di SGBR datang bersama isteri dan anaknya. Datang juga Mas Okie Kristyawan alumni UKDW yang merupakan salah satu senior dalam pengamatan burung khususnya burung raptor.

Baca Juga  UNY Kembangkan Sistem Presentasi Kuliah Online Berbasis Web

Sebuah tantangan sempat dilontarkan oleh Mas Asman Adi Purwanto kepada Bionic pada sesi diskusi dan kesan pesan. KPB Bionic UNY sudah dikenal dalam setiap tahun rutin menggelar Festival Burung Pantai dan Festival Burung Raptor, bagaimana jika menyelenggarakan seminar nasional yang bertemakan burung migran. Semoga tahun depan bisa terwujud.

Cuaca yang sedikit berubah-ubah membuat beberapa kali pengamat memilih beristirahat di tempat yang telah disediakan panitia. Sekitar pukul 11:00 WIB kegiatan ditutup dengan foto bersama. Beberapa peserta kembali ke rumah masing-masing, sedangkan beberapa yang lainnya ingin meneruskan kegiatan pengamatan burung di Plawangan Taman Nasional Gunung Merapi. (Aghnan)

About admin

UNY COMMUNITY – Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY – kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Autodays 2017

HIMA Otomotif Proudly Present Autodays 2017 Way To Reborn The Beginner Autodays kembali hadir menyapa …