Menapaki Jalan Menuju Kampus Impian : Tips Memilih Jurusan Kuliah | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Menapaki Jalan Menuju Kampus Impian : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Menapaki Jalan Menuju Kampus Impian : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kamu pejuang kampus impian tahun 2018?  Sudah tau ingin daftar kemana ? Jurusan apa ? Fakultas mana ? Sudah tak sabar ingin mendapat ‘new image’ sebagai CAMARU ALIAS CALON MAHASISWA BARU ?

pic : ikpm-mubayogya.org

Eitsss ..tunggu sebentar .Sudah tahukah kamu bagaimana seluk –beluk ‘optionmu’ ? Atau jangan-jangan kamu masih ragu dengan pilihanmu ? .Agar tak salah langkah dan makin mantap dengan apa yang kamu pilih Yukkk simak tips memilih jurusan ala unycommunity.

  1. Gunakan rumus : “ Aku yang menjalani”

Jika kamu sudah menentukan sasaran yang akan kamu bidik pastikan kembali sudahkah kamu sepenuh hati memilih ‘targetmu’ ?. Jangan sampai pilihanmu itu karena prakarsa orang lain .Pasalnya ,apa yang kamu milih adalah yang akan kamu jalani selama kurang lebih empat tahun nanti .

Baca Juga  Lagu Wajib Hafal ketika OSPEK bagi MABA UNY 2017

Jangan sampai memilih jurusan karena ikut-ikutan trend ataupun atas nama kesetiakawanan. Boleh meminta saran atau pendapat dari orang lain (teman/orang tua ) namun harus dipastikan kamu tidak ‘menoleh’ karena orang lain.

Sekali lagi apa yang akan terjadi adalah kamu yang menjalaninya.

  1. Gunakan Bantuan Peta Konsep : Tentukan bakat dan minatmu

Guys ,secara tidak langsung jurusan yang akan kamu tekuni pasti jurusan yang memang ‘mengena ‘ padamu. Buatlah peta konsep antara bakat dan minat apa yang kamu sukai kemudian sambungkan dengan jurusan yang sekiranya bisa kamu pilih .

  1. Cari informasi sebanyak mungkin

Mulailah rajin-rajin mengumpulkan informasi mengenai jurusan dan kampus yang akan kamu pilih.Kamu bisa mencarinya melalui internet,bertanya pada guru di sekolah atau tempat bimbel bahkan bisa bertanya pula pada kakak kelasmu yang terdahulu.Selain mendapat informasi tentunya kamu bisa menjalin silahturahmi .Iya kan ?

Baca Juga  Antara Mahasiswa Dan Kopi

“ Sedayung dua tiga pulau terlampaui “

Gimana ga seru tuh ? Manfaatkanlah

  1. Siapkan mental dan fisik agar siap tempur

Umumnya jalur masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia melalui tiga jalur yaitu SNMPTN (Jalur Undangan ),SBMPTN (Jalur tulis nasional) dan SM (Seleksi Mandiri).

Masing-masing jalur tentunya mempunyai kesulitan dan kriteria tertentu.Maka ,banyak-banyaklah belajar terutama latihan soal agar mampu diterima khususnya melalui jalur undangan nasional yang sangat diidam-idamkan seluruh siswa di Indonesia.

  1. Doa sebagai landasan : Minta doa Restu pada orang tua dan Dekatkan diri pada Sang Pencipta

Guys ,tanpa doa semua usaha yang kita lakukan kurang ‘afdol’ rasanya. Maka jangan lupa perbanyak mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa serta meminta doa restu orang tua .

Baca Juga  5 Tips Sederhana dalam Menjalani Tes TOEFL

Gimana guys ? Tips –tipsnya ciamik kan ?

semoga bisa membantu ya !

Kutunggu kamu jadi Maba 2018 Kampus Biru ,Universitas Negeri Yogyakarta

About Tentrem Restu Werdhani

PNF B 2017 Follow me : @pramudhiyawardhani

Check Also

Secangkir Kopi : Djangan Ada Gula Di Antara Kita

(Adakah yang lebih setia dari kopi ? Menemani hati yang ditinggal pergi  bersama jejak kaki …