Mengenal 5 UKM Bidang Penalaran di UNY, Sudah Menelurkan Banyak Prestasi Loh! | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Mengenal 5 UKM Bidang Penalaran di UNY, Sudah Menelurkan Banyak Prestasi Loh!

Mengenal 5 UKM Bidang Penalaran di UNY, Sudah Menelurkan Banyak Prestasi Loh!

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sudah dimulai. Ini merupakan ajang calon mahasiswa untuk bersaing dengan calon mahasiswa lainnya. Bersaing memperebutkan kursi di universitas impian. Terlepas dari persaingan itu, kami ucapkan selamat bagi yang sudah diterima. Untuk yang belum, tetap semangat.

Di kampus, mahasiswa tidak harus terpaku dengan perkuliahan. Ada banyak kegiatan yang siap menunggu kontribusimu. Tidak terkecuali di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Di sini mahasiswa bisa ikut organisasi mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Boleh juga mengikuti semuanya, asalkan bisa mengatur waktu.

Ormawa di UNY terdiri dari organisasi tingkat universitas, fakultas, hingga jurusan/program studi. Di Universitas ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM). Di tingkat fakultas ada juga BEM, DPM, dan Ormawa lainnya. Himpunan Mahasiswa (Hima) merupakan Ormawa sesuai jurusan/program studi mahasiswa.

Baca Juga  Hai Anak Kost; 4 Masjid di sekitaran UNY Ini Memberikan Buka Puasa Gratis Loh!

Selain Ormawa, Universitas juga mewadahi mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM). Semua UKM berpusat di Student Center UNY. UNY membagi UKM ke dalam lima bidang yaitu, penalaran, olahraga, seni, kesejahteraan, dan khusus.

Pada kesempatan ini mahasiswa akan membahas, UKM penalaran apa saja yang ada di UNY. Seperti yang dikutip dalam kemahasiswaan.uny.ac.id, “Bidang Penalaran berkonsentrasi pada pengembangan cara berpikir yang sistematis, komprehensif, dan tepat.” Diharapkan mahasiwa dapat memberikan solusi terhadap permasalahan di dalam kampus dan masyarakat melalui kemampuan analisis kritis.

Langsung saja, inilah lima UKM penalaran di UNY:

  1. UKM Penelitian (UKMP UNY)
pic : ukmpenelitianuny.org

UKM ini mewadahi mahasiswa yang ingin berkecimpung dalam penulisan karya ilmiah. Jargon kerennya “Kreativitas Tanpa Batas”, benar-benar terbukti. Tujuan UKMP UNY adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir ilmiah yang kritis, kreatif, inovatif, metodis, dan konstruktif. Yang digunakan untuk mengkaji gejala ilmu pengetahuan teknologi dan masyarakat. Berbagai perlombaan sudah banyak mereka menangkan melalui karya-karyanya. Mereka fokus pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI), dan penulisan essay ilmiah.

  1. LPM Ekspresi
pic : instagram.com/ekspresionline/

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM Ekspresi), fokus pada jurnalitik. Mahasiswa akan membuat buletin, majalah, dan buku berdasarkan pedoman jurnalisitik. Jargonnya “Refleksi pemikiran kritis,” memang tepat. Berbagai tulisan dalam tinjauan kritis sudah dimuat dalam buletin Expedisi, Majalah Ekspresi, dan Ekspresi Buku. Selain itu, banyak tulisan yang sudah dimuat dalam situs web ekspresionline.com.

  1. Magenta Radio
pic : magentaradio.uny.ac.id

Magenta memiliki jargonnya “express your mind”. UKM ini berkecimpung dalam bidang penyiaran. Mahasiswa akan belajar dunia relasi publik, news anchor, dan announcer. Mahasiswa bisa mendengarkan teman-teman Magenta yang sedang siaranmelalui frekuensi 107.9 FM. Magenta sudah terdaftar sebagai anggota Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta.

  1. SAFEL
pic : instagram.com/safeluny

SAFEL merupakan kependekan dari Student Activity Forum of Foreign Languages. Jelas, konsen mereka adalah bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, Jerman, Prancis, dan Jepang. Dengan optimis menjargonkan, “Genggam dunia dengan bahasa.” Bukan hanya itu saja, SAFEL juga mewadahi mahasiswa yang suka mengikuti kegiatan debat, pidato, dan MC dalam bahasa asing. Bukan hanya itu saja, mereka juga antusias mahasiswa yang hobi dance cover.

  1. Restek
pic : instagram.com/ukmrestekuny/

Restek atau Rekayasa Teknologi merupakan UKM penalaran bergerak di bidang rekayasa teknologi. Namun, bukan berarti hanya mahasiswa saintek saja yang boleh bergabung. Seluruh mahasiswa yang berminat boleh mendaftar. Restek terdiri dari beberapa sub bidang, yaitu teknologi tepat guna, mobil listrik, IT, dan robotika. Prestasi Restek jangan diragukan, dari nasional hingga cabang internasional.

Baca Juga  Dear Maba, Berikut Daftar Barang Dan Perlengkapan Mahasiswa Yang Sebaiknya Kamu Miliki

Jadi, jangan ragi lagi mengikuti UKM bidang penalaran.

 

About Yonky Munandhar

Mahasiswa Ilmu Sejarah yang membutuhkan makanan tiga kali sekali

Check Also

Semalam Bersama Bu Sumirah

Pada 28 dan 29 April lalu, saya dan temanku mendapat pengalaman yang berharga. Kejadian ini …