Artikel

Mengenal Arti Atheis Dan Agnostik Serta Perbedaannya

Membicarakan masalah keyakinan memang selalu menarik dan akhir akhir ini menjadi topik yang paling banyak didiskusikan di media sosial. Meski terkadang memang pembahasan tentang pandangan agama ataupun keyakinana ini bisa memicu konflik, tetapi tetap saja topik tentang hal ini tidak pernah membosankan untuk diperbincangkan.

Selain agama, masih ada kepercayaan lain yang diyakini, seperti salah duanya yang sering didengar adalah Atheis dan Agnostik. Lalu apa arti Atheis dan Agnostik?

Pengertian Atheis

Secara umum, Atheis merupakan pandangan yang tidak percaya dengan adanya Tuhan. Atheis terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Atheis Gnostis

Sebuah pandangan yang tidak percaya adanya Tuhan dan mereka bisa membuktikannya.

  1. Atheis Agnostik

Sedangkan ini sebuah pandangan yang juga tidak percaya adanya Tuhan tetapi mereka tidak bisa membuktikannya.

Bahkan penganut Atheis beranggapan bahwa Tuhan hanyalah alat pemersatu manusia. Mereka penganut Atheis memiliki anggapan bahwa keberadaan manusia di bumi ini tidak terjadi begitu saja. Terciptanya manusia di bumi karena proses metafisika dan alamiah yang terjadi secara berkesinambungan serta menjadi bagian dari alam semesta. Penganut atheis tidak percaya bahwa akan adanya kehidupan setelah kematian. Pasalnya menurut mereka, telah berakhirnya proses metafisika dan alamiah seseorang saat mati.

Baca Juga  Pentingnya Literasi Saat Pandemi

Pengertian Agnostik

Secara etimologi, Agnostik berasal dari bahasa Yunani yaitu Gnostik yang berarti mengetahui atau pengetahuan dan yang berarti tidak. Jadi secara harfiah, Agnostik bisa diartikan tidak mengetahui. Tetapi Agnostik secara definisi sebuah pandangan atau kepercayaan bahwa ada atau tidak adanya Tuhan adalah sebuah hal yang tidak diketahui.

Mereka penganut Agnostik butuh alasan ilmiah yang jelas untuk bisa membuktikan jika Tuhan itu memang ada. Penganut Agnostik percaya bahwa masih adanya kekuatan lain diluar sana yang lebih besar dari Tuhan yang bisa dibuktikan secara ilmiah yaitu alam semesta.

Tidak sedikit orang yang menyamakan kepercayaan Atheis dengan Agnostik. Padahal keduanya merupakan kepercayaan sebuah kepercayaan yang sama sekali tidak sama atau berbeda. Lalu apa perbedaan Ateis dan Agnostik?

Jika dilihat dari penjelasan diatas, bisa dilihat adanya perbedaan yang cukup jelas antara Atheis dan Agnostik. Perbedaannya yang paling mendasar adalah :

  • Atheis

Penganut Atheis memiliki pandangan bahwa Tuhan itu tidak ada dan menolak keberadaan Tuhan. Karena bagi mereka, adanya alam semesta termasuk manusia didalamnya adalah sebuah proses alamiah yang terjadi dalam jangka waktu yang sangat panjang.

  • Agnostik
Baca Juga  Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Januari 2019

Sedangkan penganut Agnostik masih mempercayai adanya Tuhan saat mereka bisa membuktikan keberadaan Tuhan tersebut secara alamiah. Jika pun ada Tuhan, mereka penganut Agnostik percaya bahwa Tuhan hanya ada satu serta tidak ada agama yang membeda bedakannya.

Pada era yang serba teknologi ini, memeluk sebuah keyakinan tidak hanya semata mata menjadi pilihan privasi individu saja, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup atau lifestyle. Jika dulu seseorang itu memeluk sebuah agama sebagai pilihan sosial yang membanggakan. Terlebih lagi saat memeluk sebuah agama selalu dikaitkan dengan struktur sosial, terlebih lagi relasi ekonomi dan politik.

Tetapi sekarang zaman telah berubah seiring dengan perkembangan pola pikir dan kecenderungan hidup masyarakat. Dimana dianggap telah usang atau jadulnya beragam secara formal dengan rangkaian ritualnya. Masyarakat modern cenderung memandang orang yang beragama telah usang dan kurang menarik.  Mereka beranggapan bahwa orang beragama seringkali menampakkan perilaku yang kurang bersahabat dengan sesamanya.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X