Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Fisika UNY | UNY COMMUNITY
Home / intip Jurusan / Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Fisika UNY

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Fisika UNY

Fisika itu serem, Fisika itu susah, Fisika menguras pikiran, aku nggak menyarankan kamu milih fisika!” Eh sebentar, Siapa bilang Fisika se-menakutkan itu? Fisika itu menyenangkan lho ! Gimana enggak menyenangkan, sebenernya ketika kalian mau melihat lebih dalam lagi, ilmu-ilmu dalam Fisika itu kita lakukan setiap hari lho.

pic ; instagram.com/physicse2017/

Contohnya adalah gaya, gerak, usaha, dan lain sebagainya adalah contoh dari aktivitas sehari-hari kita. Lulusan Fisika juga banyak dibutuhkan dalam berbagai macam bidang yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya, misalnya peneliti, guru, dosen, teknik elektro, teknik mesin, geofisika, geologi, dan lain  sebagainya.

Dan mengapa jurusan Fisika itu spesial? Karena dia adalah akar dari ilmu pengetahuan, sehingga bisa saja dia menggapai bidang-bidang ilmu lainnya. Mulai tertarik kan? Nah, kalau kalian ingin masuk jurusan Fisika, salah satu tempat yang sangat bisa kalian tuju adalah di Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca Juga  Inilah Cara Cek Data Mahasiswa di PDPT DIKTI

Jurusan Fisika di UNY ada 2 prodi yaitu Fisika Murni dan Pendidikan Fisika. Penasaran kan? Tapi kalian pasti sedikit punya gambaran tentang istilah dari murni sendiri kan? Yap betul sekali, disini kalian akan belajar tentang berbagai teori dan menyelesaikannya dengan berbagai rumus –rumus tertentu. Selain teori, kalian juga bakal dihadapkan pada kasus tertentu dan harus menemukan penyelesaiannya bahkan sampai membuat berbagai macam eksperimen yang menarik. Asik kan? Selain itu, kalian juga bisa meraih profesi yang kalian sukai di beberapa bidang, misalnya fisikawan, bergabung dengan berbagai macam perusahaan industri yang hebat, dipertambangan dan lain sebagainya.

Prodi Fisika

Prodi dengan akreditasi “B” ini, menembus angka animo sebanyak 1.278pada tahun akademik 2017 yang lalu. Pada tahun akademik 2018 tersedia kursi bagi calon mahasiswa baru sebanyak 80 kursi yang siap diperebutkan dari segala penjuru Indonesia. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Jalur SNMPTN : 28 Orang
  • Jalur SBMPTN : 28 Orang
  • Jalur Seleksi Mandiri : 24 orang
Baca Juga  Kiat Sukses Keluar dari Lilitan Hutang

Nah, kalau prodi yang satu ini adalah prodi yang bisa jadi gudangnya lulusan menantu idaman. Kenapa begitu? Karena di Pendidikan Fisika ini, rata-rata lulusannya akan bekerja sebagai guru ataupun dosen. Nah, disini kita akan mempelajari semua tentang fisika lho, tetapi disini lebih diajari untuk menjadi pendidik yang baik, bagaimana menangani siswa dan bagaimana memberikan berbagai penjelasan tentang mudahnya mempelajari fisika kepada para siswanya.

Prodi Pendidikan Fisika 

Prodi dengan akreditasi “A” ini, menembus angka animo sebanyak 1.740 pada tahun akademik 2017 yang lalu. Pada tahun akademik 2018 tersedia kursi bagi calon mahasiswa baru sebanyak 105 kursi yang siap diperebutkan dari segala penjuru Indonesia. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Jalur SNMPTN : 37 Orang
  • Jalur SBMPTN : 37 Orang
  • Jalur Seleksi Mandiri : 31 orang

About Dian Mariana Ulfa

Mahasiswi BK UNY

Check Also

Inilah 6 Objek Wisata di Jogja yang bisa kamu nikmati di sela-sela mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang kewajiban mahasiswa (tua) agar segera angkat kaki dari perguruan tinggi. Banyak kenikmatan, …