Pojok #UNYu

Serba-serbi Pendapat Mahasiswa Tentang Kuliah Online

Melihat kondisi Pandemi yang belum usai, pendapat mahasiswa tentang kuliah online juga beragam. Ada mahasiswa yang pro dan kontra mengenai kuliah online. Tentu pemerintah belum memberikan kesempatan kuliah offline, karena keadaan yang belum memungkinkan. Pemerintah sudah memikirkan dengan matang risiko yang akan terjadi jika memaksakan menggelar kuliah offline.

Mahasiswa yang memiliki pendapat pro dan kontra terkait kuliah online tentu memiliki alasan. Dari alasan yang diutarakan oleh mahasiswa tersebut akan dirangkum menjadi kelebihan dan kekurangan kuliah online. Kelebihan dan kekurangan yang akan disajikan adalah yang paling sering diutarakan oleh mahasiswa. Berikut akan disajikan bagaimana mahasiswa memandang kelebihan dan kekurangan kuliah online.

Kelebihan Kuliah Online

 Lebih Fleksibel

Mahasiswa merasakan jika perkuliahan dilakukan secara online lebih fleksibel. Mahasiswa yang melakukan kuliah online tidak harus terikat oleh waktu dan tempat. Hal ini tentu akan mempermudah mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Terlihat pendapat mahasiswa tentang kuliah online bisa dilakukan dengan fleksibel.

Tidak Harus Dandan

Pendapat yang satu ini juga sering diutarakan, terkhusus oleh mahasiswa perempuan. Namun, mengenai kuliah yang harus dandan ini akan sangat terlihat ketika kuliah online. Kuliah online yang bisa dilakukan di rumah, tidak membuat mahasiswa ribet dandan. Namun, mahasiswa juga harus menggunakan pakaian yang sopan dan rapi.

Baca Juga  10 Fakta Tentang Kampus UNY

Lebih Tenang Saat Ujian

Hal yang satu ini merupakan pendapat mahasiswa tentang kuliah online yang sangat memudahkan. Mahasiswa yang melakukan ujian saat kuliah online banyak yang merasa lebih mudah. Mahasiswa bisa lebih tenang. Tidak grogi seperti saat ujian offline di kampus. Biasanya ujian online juga lebih fleksibel bisa membuka catatan atau menjelajahi mesin pencarian.

Kekurangan Kuliah Online

 Tidak Bisa Merasakan Kehidupan Kampus

Mahasiswa yang masuk pada angkatan 2020 belum merasakan sama sekali bagaimana kegiatan belajar di kampus. Pada angkatan 2020 semua kegiatan belajar di kampus dilakukan secara online. Namun, ada beberapa mahasiswa yang tetap datang ke kampus guna melakukan kegiatan organisasi. Hal ini merupakan pendapat mahasiswa tentang kuliah online yang menjadi keluhan.

Baca Juga  Terjebak dalam zona Friendzone? Lakukan Hal Berikut

Bosan di Rumah

Hal yang satu ini sangat sering diutarakan mahasiswa ketika menghadapi kuliah online. Mahasiswa yang terbiasa melakukan kesibukan-kesibukan perkuliahan dan organisasi akan sangat merasakan rasa bosan. Maka, mahasiswa yang berpendapat kontra mengenai kuliah online ini berharap perkuliahan segera normal dan dilakukan secara offline.

Tidak Mendapat Uang Saku

Dari berbagai keluhan pendapat mahasiswa tentang kuliah online, uang saku menjadi salah satu permasalahan. Ada mahasiswa yang mengeluh selama kuliah online tidak mendapat uang saku, ada mahasiswa yang mengeluh uang saku dikurangi. Hal ini menjadi serba-serbi keresahan mahasiswa mengenai kuliah online.

Perkuliahan online ini tentu menimbulkan beberapa pendapat yang pro dan kontra. Rangkuman di atas merupakan yang sering diutarakan oleh mahasiswa. Tentu kuliah online ini masih diberlakukan hingga sekarang karena kondisi yang belum memungkinkan. Mahasiswa menyampikan kelebihan dan kekurangan kuliah online sebagai sarana evaluasi. Maka, pendapat mahasiswa tentang kuliah online bisa dikatakan menimbulkan pro dan kontra.

Related Articles

Back to top button
X