Pojok #UNYuUNY Banget

Mengenal Lebih Dekat Dengan Perpustakaan Pascasarjana UNY

Perpustakaan Pascasarjana UNY terdapat di Gedung Moh. Amien lantai 2. Kita dapat mengaksesnya melalui gedung Moh. Amien atau melalui Gedung Imam Barnadib. Jika melalui gedung Imam Barnadib, maka kita harus berpindah gedung melalui pintu yang berfungsi menyambungkan gedung satu dengan gedung lainnya. Setelah itu, kita bisa menggunakan lift atau tangga menuju ruang perpustakaan.

doc pribadi

Bagian depan perpustakaan terdiri atas kaca yang transparan, berfungsi sebagai sekat dan salah satu bagiannya sebagai pintu masuk. Sehingga kita dapat melihat aktiftas apa saja yang terjadi didalam dari luar ruangan. Tepat di depan pintu masuk terdapat lift, dibagian sampingnya terdapat kamar mandi dan musholla. Fasilitas tersebut berada diluar perpustakaan, namun aksesnya cukup dekat dari perpustakaan.

Perpustakaan pascasarjana UNY memiliki beberapa koleksi, mulai dari handbook, buku-buku teks, prosiding, jurnal, baik dalam negeri maupun internasional, majalah ilmiah, majalah umum,surat kabar, tesis, disertasi, laporan penelitian dosen dan sumber sumber rujukan informasi penting lainnya. Perpustakaan ini dilengkapi dengan meja dan kursi baca, baik meja individu maupun untuk diskusi, terdapat beberapa computer untuk penelusuran online, digilib serta beberapa ruangan khusus yaitu ruang diskusi dan ruang mandiri.

doc pribadi

Ketika kita ingin menggunakan fasilitas didalamnya, terdapat beberapa langkah-langkah untuk mengaksesnya. Pertama kita melakukan scanning KTM pada scanner yang sudah tersedia dimeja dekat front office. Setelah itu kita menuju front office dan menukarkan KTM dengan kunci loker. Kemudian masuk ke ruang loker tas, memilih loker sesuai dengan nomor yang tertera pada kunci. Jadi loker tersebut digunakan untuk menyimpan tas, serta barang-barang berharga lainnya. Setelah tas kita disimpan, selanjutnya menuju ruang belajar yang terdapat pada bagian kiri atau kanan dari pintu masuk. Atau jika kita ingin mengakses digilib, kembali ke front office untuk mendapatkan keyboard dan mouse.

Selain digilib, terdapat beberapa fasilitas didalamnya seperti ruang diskusi dan juga ruang mandiri. Ruang diskusi digunakan untuk membahas tentang penelitian, syarat menggunakannya kita sudah memiliki kelompok penelitian. Kemudian ruang mandiri, digunakan untuk membahas tentang penelitian tapi dilakukan secara mandiri. Karena di ruang belajar, kemungkinan terdapat banyak gangguan sehingga ruang tersebut dapat digunakan untuk mengurangi dampak tersebut. Untuk aksesnya, dapat melalui front office. Prosedur untuk menggunakan ruang disksusi yaitu dengan melakukan konfirmasi peminjaman tempat di front office, dengan mencatatkan beberapa identitas seperti nama peminjam, waktu peminjaman. Pastikan kita sudah memiliki kelompok belajar sebelum menggunakan ruang diskusi.

Baca Juga  Toko Buku di Jogja dengan Harga Kantong Mahasiswa
doc pribadi

Terdapat 2 hal yang saya sukai dari perpustakaan pascasarjana UNY. Pertama jam buka yang lebih awal yaitu pukul 07:30 pagi. Biasanya perpustakaan buka pukul 08:00, namun dengan jadwal buku yang lebih awal memberikan keuntungan selama 30 menit bagi pengunjung. Biasanya saya menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal ringan hingga berat. Seperti cek media sosial, membalas pesan, buka youtube, mengecek kembali tugas-tugas bahkan dari pertama datang hingga selesai sudah fokus mengerjakan tugas-tugas yang ada.

Hal kedua yaitu perpustakaan pascasarjanan UNY merupakan gabungan Perpustakaan pusat dan digilib. Ini juga merupakan favorit saya, selain memiliki koleksi buku secara fisik, koleksi secara digital juga bisa diakses di Perpustakaan Pascasarjana UNY. Rata-rata koleksi buku yang dimiliki berbahasa inggris dengan berbagai macam kategori. Untuk koleksi digital sendiri, sama seperti digilib akan tetapi dari segi ukuran ruangannya lebih kecil dibandingkan digilib, lebih mirip ruang kelas. Dengan gabungan tersebut, kita dapat mengakses 2 koleksi sekaligus baik fisik maupun digital tanpa harus berkunjung ke perpustakaan pusat atau digilib. Dengan berbagai macam gambaran tersebut, semoga membuat kita tergerak untuk menuju Perpustakaan Pascasarjana UNY, memanfaatkan setiap fasilitas yang ada untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Baca Juga  Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X