Mengenal Lebih Dekat Dengan Prodi Baru Statistika UNY | UNY COMMUNITY
Home / intip Jurusan / Mengenal Lebih Dekat Dengan Prodi Baru Statistika UNY

Mengenal Lebih Dekat Dengan Prodi Baru Statistika UNY

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2018 telah resmi usai setelah pengumumannya dapat diakses 3 Juli 2018 lalu. Pada SBMPTN 2018 Khususnya di Universitas Negeri Yogyakarta ,prodi-prodi seperti Administrasi Negara, Psikologi, PGSD, Ilmu Komunikasi dan Manajemen masih menjadi primadona. Uniknya, pada seleksi tahun ini terdapat prodi baru yang berhasil masuk jajaran “Top 10  Rumpun Saintek “ . Program studi tersebut adalah Statistika yang berada dibawah naungan Fakultas  berpanji Biru, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Prodi statistika UNY baru dibuka pada tahun 2018, sehingga pada tahun ini mahasiswa baru yang berhasil lolos adalah angkatan pertama. Pada beberapa kampus ,prodi statistika memang masih dibilang jarang  meski prodi tersebut termasuk jurusan ‘umum’ yang dipelajari bahkan konsentrasinya besar seperti pada Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Lalu bagaimana seluk –beluk Prodi Statistika ? Mari simak ulasan berikut ini

  1. Tentang Prodi
Baca Juga  Perpustakaan Digital UNY dan Seluk-Beluknya

“Selamat Datang  di Statistika Fmipa UNY “

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 335/KPT/1/2017, UNY melalui FMIPA Secara resmi membuka program studi Statistika pada tahun akademik 2018/2019. Program studi dengan jenjang Strata 1 (S1) ini siap menempa kamu menjadi ahli statistika yang berkompeten dan mumpuni dalam era  global seperti sekarang ini.

  1. Statistika ‘TIDAK HANYA’ Soal Berhitung

Di prodi ini, mahasiswa  akan dibekali  kemampuan computing yang dipadukan dengan kemampuan dasar statistika.

Program studi statistika UNY dirancang menggunakan kurikulum yang tidak hanya mengasah kemampuan berhitung. Namun juga, memperhatikan aspek keterampilan komputasi dan literasi serta mengedepankan kebutuhan yang dewasa ini telah memasuki era ‘big data’.

  1. Keunggulan Prodi Statistika FMIPA UNY

Sebagai prodi baru, Statistika UNY memiliki beberapa nilai ‘plus’, misalnya  kamu menjadi pioneer di prodi ini. Ditambah jurusan yang baru dibuka tentu menawarkan sesuatu yang “Fresh From The Oven”

Yogyakarta dimana notabene terkenal sebagai kota pelajar,secara tidak langsung ‘euforia endemisnya’  akan menambah rasa nyaman kamu untuk berkuliah di Kampus Eks- IKIP ini.

Baca Juga  Dear Maba, Berikut Daftar Barang Dan Perlengkapan Mahasiswa Yang Sebaiknya Kamu Miliki

Selain itu, reputasi sekaligus akreditasi “A” UNY sedang dimatangkan  untuk meraih title Universitas Kependidikan Kelas Dunia.

UNY juga dilengkapi ‘statuta’ yang mumpuni demi menunjang kegiatan perkuliahan. Mahasiswa akan belajar menggunakan kurikulum terbaru dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja .

  1. Ketrampilan Yang Didapat

Mahasiswa Statistika sendiri akan dibekali dengan kemampuan statistik menggunakan pendekatan modern statistical computing sytem yang meliputi berbagai ranah kehidupan termasuk ekonomi, sosial, kesehatan ,pendidikan, industri bahkan aktuaria.

Melalui prodi statistika UNY, mahasiswa akan mendapat keterampilan baik keterampilan umum dan khusus. Ketrampilan umum misalnya berupa kemampuan menyelesaikan permasalahan dan mengambil keputusan secara tepat di berbagai bidang dengan memanfaatkan pendekatan statistika secara benar berdasarkan data yang valid. Adapun keterampilan khusus misalnya dapat menguasai minimal dua perangkat lunak statistika termasuk perangkat lunak yang berbasis ‘open source’.

  1. Fasilitas yang bisa didapat
Baca Juga  Prof. Haikal dan Perjumpaan Sesaat

Prodi statistika  FMIPA UNY yang berada di Kampus Pusat  Kompleks Colombo ,Karangmalang Sleman  dilengkapi dengan:

  • Laboratorium Komputasi
  • Laboratorium Statistika
  • Perpustakaan
  • Mushola
  • Ruang Seminar
  1. Peluang Karir

Lulusan Statistik berpeluang untuk bekerja dalam bidang-bidang misalnya sebagai berikut :

  • Asisten Peneliti : baik perusahaan ,swasta ,bahkan perbankan
  • Data scientist : menjadi seorang ahli data
  • Statistisi :menjadi perencana dan pelaksana di BPS
  • Konsultan Statistik : menjadi konsultan dalam lembaga pendidikan ,kesehatan ,dan juga bisa pada perusahaan swasta
  • Data Analyst :menjadi data analis misalnya pada bursa saham

Program studi statistika FMIPA UNY berusaha mewujudkan lulusan yag dirancang menguasai ilmu statistika kependidikan guna mendukung visi UNY sebagai universitas kependidikan kelas dunia.

Nah demikian ulasan mengenai Statistika FMIPA UNY ,

lebih lengkapnya kamu bisa berkunjung kesana pendidikan-matematika.fmipa.uny.ac.id/tentang-stat

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Resensi Aroma Karsa ; (Romansa) Indra dan Mitologi Bumi Dwarapala

Penulis kawakan Dewi ‘Dee’ Lestari kembali meluncurkan buku terbarunya .Setelah sebelumnya sukses besar dengan novel …