JogjakuWisata

Mengenal Lebih Dekat Museum Affandi

Yogyakarta menyimpan sejuta pesona di dalamnya. Banyak keindahan di dalam Yogyakarta yang disuguhkan. Mulai dari tempat-tempat yang indah, berbagai macam makanan khas, adat istiadat yang begitu unik dan tentunya berbagai macam  sektor wisata yang tersedia. Salah satunya adalah museum. Kurang lebih ada 50 museum yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Museum yang sangat menarik dan bisa kita kunjungi salah satunya adalah Museum Affandi.

Foto : antautamaofficial.wordpress.com

Museum Affandi adalah dedikasi teristimewa untuk sang maestro lukisan, yaitu Affandi Koesoema. Affandi Koesoema Lahir di Cirebon pada 18 Mei 1907 dan wafat pada 23 Mei 1990. Ia dikenal sebagai seorang pelukis handal Indonesia. Melalui gaya lukisannya yang ekspresionis dan romantisme ini, ia berhasil memamerkan lukisannya hingga ke mancanegara, seperti Inggris, Amerika, India dan berbagai negara lain. Kurang lebih ada 2000 lukisan yang berhasil ia buat semasa hidupnya.

Affandi tersohor hingga seantero dunia dan dijuluki sebagai pelukis Ekspresionis bahkan sampai julukan maestro. Berbagai penghargaan dan hadiah memenuhi sebagian besar hidupnya. Salah satunya, Pada Tahun 1977 ia mendapat Hadiah Perdamaian dari International Dag Hammershjoeld. Bahkan ia diangkat menjadi anggota Hak-Hak Asasi Manusia oleh Komite Pusat Diplomatic Academy of Peace PAX MUNDI di Castelo San Marzano, Italia.

Baca Juga  Yuk Bernostalgia tentang Jogja dengan 6 Lagu Ini
Foto : www.affandi.org

Didirikanlah pada akhirnya museum affandi sebagai bukti memorial kehebatan seorang pelukis termasyhur ini. Museum Affandi didirikan pada tahun 1973 diatas tanah tempat tinggalnya, di Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Laksda Adi Sucipto no.167, Yogyakarta. Museum ini diresmikan oleh Fuad Hassan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu. Rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk pelepah pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai bawah untuk ruang tamu dan garasi sedangkan lantai atas yang sebagai kamar pribadi Affandi.

Museum ini terdiri dari beberpa bagian. Awal mula museum ini adalah Galeri I yang dirancang sendiri oleh Affandi. Pembangunan Galeri I ini selesai pada tahun 1962. Pada Galeri I, dapat kita temui tempat penjualan tiket dan pusat informasi. Di Galeri ini juga, terdapat karya-karya affandi dari awal hingga akhir karirnya. Serta ada beberapa barang-barang yang berhubungan dengan Affandi semasa hidupnya, antara lain Sepeda Ontel, Mobil Sedan, Sandal jepit, kuas, dll.

Galeri II pada awalnya digunakan untuk memamerkan karya-karya Affandi yang akan dijual, namun pada perkembangannya, galeri II ini pada akhirnya digunakan untuk memajang karya-karya pelukisa lain. Seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Rusli, dll. Pembangunan galeri II tidak lepas dari peran Pemerintah Indonesia saat itu yang begitu mendukung pembangunan museum ini.

Baca Juga  Kuliner : Jadah Tempe Mbah Carik
Foto : jogjatribunnews.com

Galeri III selesai dibangun tahun 1997. Pada Galeri III ini berbentuk garis melengkung dengan atap berbentuk pelepah pisang. Selain untuk pameran karya, di galeri II ini sekaligus dijadikan Sanggar Gajah Wong. Yaitu sanggar tempat anak-anak mengasah bakat melukis.

Tunggu apalagi? Dengan tiket dewasa seharga Rp 20.000 kita bisa menikmati semua keindahan karya sang maestro. Museum Affani buka pada Hari Senin-Sabtu Pukul 09.00-16.00 WIB.

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X