intip JurusanPojok #UNYu

Mengenal Lebih Jauh Program Sarjana Terapan D4 Teknik Otomotif

Halo sobat UNYu! Bagaimana liburannya mahasiswa Universitas Negeri Yanuari? Hehehe semoga cukup ya untuk beristirahat dan mempersiapkan perkuliahan di semester genap ini! Kali ini kita akan bahas tentang program studi baru nih! Yup, prodi sarjana terapan a.k.a diploma 4 (D4). FYI, pada tahun 2019 perkuliahan seluruh prodi sarjana terapan berada di Kampus 4 UNY Wates – Kulonprogo. Pada tahun 2020 akan ada penambahan prodi sarjana terapan lagi dan perkuliahannya dilaksanakan di Kampus 5 Gunungkidul. Nah, salah satu prodi yang akan kita bahas berasal dari Fakultas Teknik, yakni D4 Teknik Otomotif.

foto : instagram.com/nabilanailafatin/

Program studi D4 Teknik Otomotif merupakan salah satu prodi sarjana terapan yang dimiliki oleh UNY. Prodi D4 Teknik Otomotif ini berada dibawah naungan jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dengan akreditasi prodi sementara masih mengikuti akreditasi dari D3 Teknik Otomotif, yakni akreditasi B. Sedangkan untuk akreditasi baru untuk D4 Teknik Otomotif masih dalam proses. Tentu banyak bertanya seperti apa D4 Teknik Otomotif ini, apa saja perbedaannya dengan D3 Teknik Otomotif, dan lain sebagainya. Nah, D4 Teknik Otomotif ini sistemnya menggunakan sistem multi entry – multi exit yang artinya mahasiswa D4 bisa saja lulus di tahun pertama apabila ia ingin segera lulus tapi hanya mendapatkan ijazah D1, tahun kedua ijazah D2, tahun ketiga ijazah D3, dan tahun keempat mendapatkan ijazah D4. Apabila mahasiswa D4 ingin melajutkan kuliah ke jenjang selanjutnya, tidak perlu harus ke S1 dahulu untuk penyetaraan, namun bisa langsung melanjutkan ke S2 Terapan. Lalu untuk waktu perkuliahannya sendiri, menghabiskan 3 tahun atau 6 semester untuk kuliah teori dan praktik di kampus, dan 1 tahun atau 2 semester terakhir digunakan untuk magang atau praktik industri. Selama kuliah teori dan praktik di kampus, prosentasenya sama dengan D3 Teknik Otomotif, yakni 60% praktik dan 40% teori.

Baca Juga  Ketika Aktivitas Mengumpulkan Pundi-pundi Rupiah dan Kuliah Mesti Diperjuangkan, Lakukan Langkah Arif Berikut

Prodi yang berada pada kelompok Saintek ini, untuk semester pertama mempelajari tentang teori-teori dasar pada otomotif seperti K3, peralatan dan pengukuran otomotif, elektronik dasar, teknik pembentukan dasar, dan gambar teknik. Lalu ada mata kuliah matematika teknik, fisika teknik, serta mata kuliah umum seperti pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama. Untuk semester kedua, mata kuliah yang dipelajari sudah masuk lebih dalam ke dunia otomotif, seperti mesin, perawatan, desain otomotif untuk motor dan mobil. Nah semakin naik semesternya, tentu semakin beragam yang dipelajari. Oh ya, tugas akhir untuk prodi ini adalah laporan magang atau praktik industri, pembuatan prototype teknologi, dan karya tulis ilmiah.

Fasilitas apa aja sih yang disediakan untuk prodi D4 Teknik Otomotif ini? Untuk mendukung perkuliahan ada yaitu ruang teori, laboratorium komputer desain otomotif, laboratorium praktik motor, laboratorium praktik mobil, laboratorium elektronik otomotif, dan laboratorium pembentukan dasar. Pada tahun 2019, mahasiswa D4 Teknik Otomotif masih harus bolak-balik dari kampus Wates ke kampus Pusat Karangmalang untuk praktik di laboratorium. Nah kabar baiknya nih, rencana kampus tahun 2020 akan dibangun laboratorium utama di kampus Wates supaya nggak bolak-balik Wates – Karangmalang untuk kuliah teori dan praktik.

Seluruh pendaftaran program studi sarjana terapan UNY pada saat ini hanya melalui jalur Seleksi Mandiri (SM), termasuk didalamnya program studi D4 Teknik Otomotif. Program studi baru ini memiliki daya tampung 40 mahasiswa pada tahun 2019 dengan animo pendaftar sebanyak 533 peserta. Tahun 2020 D4 Teknik Otomotif tetap memiliki daya tampung 40 mahasiswa. Oh ya, salah satu persyaratan penting untuk calon pendaftar prodi ini adalah tidak buta warna.

Baca Juga  Pelatihan Dasar Jurnalistik, Desain, Dan Sosial Media Untuk Kontributor Baru UNY Community

Nah, lulusan D4 Teknik Otomotif nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.Tr), penyetaraan dengan S1. Lulusan D4 Teknik Otomotif nanti bisa jadi apa ya? Bisa jadi manager/kepala bengkel otomotif/kepala labotarorium otomotif, supervisor/asesor otomotif, teknisi di industri otomotif, teknisi di bengkel perbaikan dan perawatan otomotif, teknisi di laboratorium otomotif, dan teknisi di bengkel pendidikan otomotif, serta bisa juga menjadi wirausaha di bidang otomotif.

Gimana? Tertarik jadi mahasiswa sarjana terapan UNY?

Related Articles

Back to top button
Close
X