Pojok #UNYuTips

Ingin Matriks KKN-mu Terlaksana dan Lancar Jaya, Berikut Tipsnya

Kuliah Kerja Nyata (KKN) tentu dirasakan oleh mahasiswa strata satu tingkat akhir, biasanya semester 7 dengan lama waktu KKN kisaran satu hingga dua bulan. Mengabdi di tempat yang ditentukan oleh universitas pastinya membutuhkan adaptasi terlebih tinggal dan bekerjasama dengan teman KKN yang berasal dari prodi dan fakultas yang berbeda dan mayoritas baru dikenal saat pengumuman kelompok KKN. Hal- hal tersebut akan membuat mahasiswa tingkat akhir sedikit gelisah sebelum KKN dilaksanakan, tidak hanya itu, mahasiswa juga harus menyiapkan program kerja yang akan dilaksanakan selama KKN berlangsung.

Program kerja biasanya terdiri dari program kerja kelompok dan program kerja individu yang masih akan dikelompokkan lagi berdasarkan prioritas program kerja tersebut, apakah utama, penunjang ataukah tambahan. Setelah menentukan apa saja program kerja yang akan dilaksanakan pada saat KKN, mahasiswa diminta untuk membuat matriks. Matriks adalah rencana pelaksanaan program kerja, kamu diminta untuk menuliskan kapan program kerja A, B, C dilaksanakan dan berapa jumlah jamnya. Kamu tidak bisa asal-asalan dalam menentukannya karena nanti akan ada kotak isian pelaksanaan jadi akan diketahui apakah pelaksanaannya sesuai dengan rencanamu atau tidak.

foto : kkndesadinoyo.wordpress.com

Agar matriksmu tidak hanya rencana semata dan dapat terlaksana , ada beberapa tips agar matriks yang kamu buat dapat terlaksana sesuai dengan rencanamu  atau paling tidak kalau melenceng pun tidak jauh-jauh.

  1. Cari informasi agenda desa atau dusun tempatmu KKN

Hal ini penting untuk kamu cari informasinya agar kamu dapat menghindari atau memberikan jam yang sedikit di hari-hari agenda desa/ dusun. Jika kamu membantu agenda desa/ dusunmu nantinya bisa dimasukan ke program kerja tambahan atau insidental.

  1. Perhatikan sasaran dari program kerja yang kamu buat
Baca Juga  Tipe mahasiswa seperti apa kamu ???

Kenapa harus memperhatikan sasaran? Karena waktu pelaksanaan tentunya akan berkaitan dengan mereka. Misalnya, kamu akan melaksanakan program kerja penyuluhan kesehatan gigi anak di sekolah, tidak mungkin kan kamu akan datang ke sekolah hari Minggu.

  1. Perhatikan jarak pelaksanaan program kerja

Kamu perlu memperhatikan jarak rencana pelaksanaan program kerja satu dengan yang lainnya, program kerja kelompok yang sekiranya besar, waktunya jangan dibuat berdekatan dengan program kerja kelompok yang besar juga karena kamu akan membutuhkan waktu untuk persiapan pelaksanaan program kerja tersebut. Pemberian jarak juga untuk mengantisipasi ketika ada agenda-agenda insidental.

  1. Cermatlah dalam mengatur jam

Dalam sehari, jam pelaksanaan program biasanya ada batas maksimal sekitar 7 jam. Jadi kamu harus mengatur rencana jam pelaksanaan program satu dengan yang lainnya dalam sehari. Misalnya, dalam satu hari kamu akan melaksanakan program kerja kelompok sebanyak 3 jam, masih tersisa 4 jam bisa kamu isi program kerja individu 2 jam, sisanya untuk program insidental. Sebaiknya kamu menyisakan minimal 1 jam untuk jaga-jaga, jangan sampai kamu kewalahan nantinya. Perhatikan juga ketentuan dari universitas, berapa minimal jumlah jam untuk program kerja kelompok dan individu.

  1. Diskusikan pembuatan matriks dengan seuruh anggota kelompokmu
Baca Juga  Kisah Persahabatan Rektor ‪UNY‬ dan Rektor ‪UPI‬

Dalam pembuatan matriks, hendaknya kamu berdiskusi dengan seluruh anggota kelompokmu, matriks kelompok biasanya akan sama antara satu anggota kelompok dengan anggota kelompok yang lainnya namun matriks individu tentunya berbeda karena ada program kerja individu, hendaknya pembuatan matriks kelompok dan individu dilakukan bersama-sama agar dapat menyesuaikan jam antara matriks individu dan kelompok sehingga tidak saling bertabrakan.

  1. Sosialisasikan matriksmu ke masyarakat

Jangan lupa untuk menyosialisasikan program kerja dan matriks kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui apa saja yang akan kamu laksanakan di daerah mereka. Saat sosialisasi, persilakan masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap program kerja yang akan kamu laksanakan karena hal itu berguna untuk lancarnya pelaksanaan programmu. Masyarakat biasanya akan memberitahu hal-hal yang akan membantu terlaksananya programmu.

  1. Matriks sebagai pedoman pelaksanaan program tapi bersiaplah dengan agenda tak terduga

Matriks akan membantumu dalam pelaksanaan programmu karena berkaitan dengan tanggal dan lama jam pelaksanaan, namun kamu harus bersiap dengan agenda-agenda yang tidak terduga dan bersiap juga dengan rencana B, C ataupun D agar programmu tetap terlaksana.

Semoga tips- tips di atas dapat membantumu dalam pembuatan matriks KKN. Usahakan agar programmu dapat terlaksana sesuai matriks atau tidak jauh-jauh dari matriks agar tidak menumpuk di akhir waktu KKN atau bahkan tidak terlaksana. Tetap semangat! Semoga lancar dan sukses KKN!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X