ArtikelMahasiswa

4 Cara Mengatur Keuangan Ala Mahasiswa, Akhir Bulan Bukan Hal yang Menakutkan

Menjadi mahasiswa akan mengalami masa-masa harus berhemat. Mengatur keuangan yang pintar harus dimiliki oleh mahasiswa. Usahakan akhir bulan tetap menjadi hal yang menyenangkan dan tidak dilanda kesedihan dengan mendengar nyanyian perut. Gunakanlah uang dengan bijak dan berhati-hati.

Dari beberapa sumber yang saya baca dan pengalaman teman-teman terdekat, saya akan memberikan cara mengatur keuangan. Beberapa mahasiswa seringkali menganggap mengatur keuangan ini adalah hal yang sepele. Gengsi lebih dikepentingkan dibanding dengan finansial aman. Berikut 4 cara mengatur keuangan ala mahasiswa, akhir bulan tetap tenang.

  1. Mengetahui prioritas

Mengetahui prioritas ini menjadi sumber utama keuangan akan aman. Seseorang yang sudah mengetahui prioritas bisa dikatakan dewasa soal keuangan. Bagi mahasiswa laki-laki mungkin akan diberatkan dengan dua pilihan, antara untuk membeli bensin atau untuk membeli sebungkus rokok. Lalu, untuk mahasiswa perempuan untuk membeli skincare atau membeli laptop ketika belum memiliki. Dua hal tersebut adalah contoh kecil untuk mengutamakan prioritas.

Baca Juga  Keuntungan Melakukan Check-In Online, Manfaatkan Perkembangan Teknologi dengan Maksimal

Tentu saja keinginan akan lebih menggoda daripada kebutuhan, karena keinginan akan berubah-ubah dengan sangat cepat jika dibandingkan kebutuihan. Hal tersebut akan mempengaruhi dalam pengeluaran. Hindari hedon dan membeli barang ataupun melakukan kegiatan yang mengeluarkan uang yang tidak penting atau masih bisa ditunda.

2. Mampu membuat daftar kebutuhan

Daftar kebutuhan dapat dibuat setiap minggu sekali atau setiap bulan sekali. Itu bisa disesuaikan dengan masing-masing mahasiswa. Misal kebutuhan untuk anak kos tentu memikirkan untuk membeli, seperti beras jika terbiasa memasak nasi sendiri, peralatan mandi, biaya makan, dll. Bagi anak mahasiswa yang tidak kos juga harus memperhitungkan untuk biaya bensin, biaya untuk dana darurat jika motor bocor, biaya jika ingin jajan, dll.

Maka, sebelum pergi membelanjakan uang, sebaiknya sudah dibuat, hal apa saja yang akan dibelanjakan dan akan mengeluarkan uang berapa. Usahakan tetap masih memiliki sisa dan jangan sampai mepet dan malah bisa kurang.

Baca Juga  Ini Dia Ramalan Lengkap Zodiac Gemini 2020

3. Konsisten dalam tertib mengatur keuangan

Kunci dari keberhasilan mengatur keuangan adalah konsisten. Konsisten yang dimaksud adalah berkelanjutan. Usahakan jangan mudah tergoda iman dan nafsu. Misal teman baru saja membeli handphone keluaran terbaru. Lalu, kalian juga ingin meniru membeli. Hal itu yang seringkali membuat buyar angan-angan kalian untuk tertib.

4. Menabung

Cara keempat ini adalah yang paling klise. Namun, menurut saya adalah yang bisa dijadikan senjata ampuh untuk tertib mengatur keuangan. Sisakan sesuai dengan perhari berapa, tak masalah sedikit demi sedikit. Hal itu akan membuat kamu menjadikan kebiasaan. Kebiasaan yang baik dan perlu dilanjutkan.

4 cara tersebut adalah cara yang bisa diterapkan oleh mahasiswa agar bisa mengatur keuangan. Meskipun mencoba mengelola uang sedikit demi sedikt, itu akan berpengaruh bagi kalian nantinya jika bisa mencapai tahap mengelola uang yang sudah nominalnya banyak. Selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button
X