intip JurusanPojok #UNYu

Mengenal Prodi Program Profesi Insinyur FT UNY

Pada era kemajuan globalisasi yang semakin pesat, Indonesia diharapkan mampu untuk mengikuti arus kemajuan globalisasi sehingga untuk saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya kerjasama secara bilateral dan multilateral seperti AFTA, CAFTA, dan MEA. Sehingga hal ini membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas yang salah satunya adalah Insinyur Profesional.

Tenaga Insinyur diharapkan mampu bekerja melintasi batas-batas negara di wilayah tertentu seperti contohnya negara ASEAN. Untuk dapat melintasi wilayah negara ASEAN diwajibkan memenuhi persyaratan tertentu seperti sertifikat National Registered Engineer (NRE) yang diakui negara masing-masing, ASEAN Chartered Professional Engineer (ACPE), dan Registered Foreign Professional Engineer (RFPE) berdasarkan kesepakatan jasa keinsinyuran di ASEAN yaitu Asean Mutual Recognition.

Baca Juga  Dear, Ladies: Jangan Ragu Membangun Karir Sendiri!
Yudisium dan Pelantikan Insinyur Prodi Program Profesi Insinyur via uny.ac.id

Untuk mencapai hal tersebut, pada tahun 2017 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sudah mendapatkan ijin operasional untuk membuka Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja professional dalam mendukung pembangunan nasional maupun tantangan globalisasi tenaga kerja di wilayah Asia Tenggara, Asia Pasifik, dan dunia terhadap kebutuhan tenaga kerja insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab serta memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi.

Sub Program Studi

Program studi yang ditawarkan meliputi :

  1. Teknik elektro
  2. Teknik elektronika dan informatika
  3. Teknik mesin
  4. Teknik otomotif
  5. Teknik sipil

Kurikulum

Kurikulum PSPPI FT UNY disiapkan untuk sarjana teknik (S.T), sarjana teknik terapan (STr), sarjana pendidikan teknik (S.Pd), dan sarjana sains (S.Si) untuk menjadi seorang insinyur. Pendidikan dilakukan selama satu tahun (dua semester) dengan beban studi 24 sks dengan bobot 30% studi di kampus dan 70% Praktek Kerja Keinsinyuran di Industri atau Perusahaan.

Baca Juga  Hanya Mahasiswa Penyiar Radio yang Merasakan Hal Ini

Mata Kuliah :

  1. Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 sks)
  2. Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (2 sks)
  3. Profesionalisme (2 sks)
  4. Praktik Keinsinyuran (12 sks)
    -Filosofi Keinsinyuran
    -Arah Perkembangan Industri dan Status
    – Sistem Industri
    – Permasalahan Keinsinyuran
    – Tugas Mengatasi Masalah
    – Penyusuban laporan Praktik Keinsinyuran
  5. Stusi kasus (4 sks)
  6. Seminar, Workshop dan Diskusi (2 sks)

Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi web : http://psppi.ft.uny.ac.id/

Related Articles

Back to top button
Close
X