Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Pakaian mahasiswa PPL vs Pakaian Guru

PPL melatih mahasiswa untuk menjadi seorang guru bahkan sebelum menjalankan tugas PPL. Mahasiswa menjalani mikro teaching. Baik mikro teaching maupun PPL, mahasiswa sudah di tuntut berpakaian seperti seorang guru. Karena mahasiswa belum menjadi seorang guru banyak hal yang belum di sadari bahkan dari penampilan mereka. Penampilan yang selalu di lihat siswa. Saat berada di sekolah ataupun saat berdiri di depan kelas.

ppluny2016
pic : instagram.com/tri_sejati/

 Pada saat PPL yang hanya beberapa bulan, mungkin belum menyadarkan beberapa mahasiswa dalam berpakaian, karena ruangan mereka biasanya berbeda dengan ruang guru di tempat mereka PPL. Mereka belum merasakan perbedaan antara mereka dan guru sesungguhnya. Cermati, bila sudah terjun ke dunia pendidikan yang nyata. Secara tidak langsung mahasiswa akan mengubah penampilan mereka tanpa paksaan siapapun. Perbedaan penampilan mereka sebagai berikut.

Macam model kerudung vs kerudung sederhana

Mahasiswa saat PPL atau mikro teaching masih menggunakan model kerudung yang beraneka macam dan menggunakan jarum yang banyak. Jiwa mahasiswa masih membara dan masih merasa muda sehingga penampilan bagi mereka sangat penting. Penampilan yang menarik memang penting tapi terkadang mahasiswa melupakan penampilan seperti apa yang mencerminkan seorang guru. Kerudung yang beraneka bentuk saat perkuliahan diperbolehkan tapi saat PPL atau mikro teaching sebaiknya memposisikan diri sebagai mana seorang guru berpenampilan, walaupun itu masih dalam tahap belajar.

Baca Juga  Bukan Hanya Megah, Nyatanya GOR UNY Pun Memiliki 5 Kelebihan Ini

Jika di perhatikan guru-guru yang berada di sekolah menggunakan kerudung sederhana bahkan menggunakan kerudung yang langsung pakai. Karena lingkungan yang rata-rata memakai kerudung yang sederhana, guru baru secara tidak langsung akan mengikuti cara berkerudung guru-guru yang ada di sana. Untuk mahasiswa yang tidak berkerudung. Tidak begitu berbeda, untuk berambut pendek diurai , untuk berambut panjang di gelung (cepol).

 Kerudung yang disampirkan di pundak vs kerudung yang menjulur menutupi dada

Kerudung yang disampirkan di pundak sudah biasa kita lihat di mana-mana. Bahkan saat PPL di sekolah, mahasiswa masih menyampirkan kerudungnya. Berjalan dengan percaya diri di sekolah. Mahasiswa belum merasa aneh saat kerudung mereka disampirkan ke pundak karena saat itu masih ada kawan seperjuangan PPL yang rata-rata masih seperti itu.

Baca Juga  LIMUNY (Layanan Internet Mahasiswa UNY)

Bandingkan dengan guru di sekolah, rata-rata kerudung mereka menjulur menutupi dada. Bahkan kadang model kerudung guru hanya seperti itu. Tidak neko-neko, simple, dan berwibawa. Guru baru yang tadinya masih meyampirkan kerudungnya di pundak lama kelamaan akan menjulurkan kerudungnya menutupi dada dengan sendirinya. Mereka akan lebih percaya diri berjalan di sekolah dengan kerudung yang menjulur.

Batik yang dimasukan ke dalam rok vs batik yang dikeluarkan menutupi pantat

Batik yang biasa di gunakan mahasiswa PPL agar mereka tetap terlihat cantik dan modis dengan memasukkannya ke dalam rok. Bila dibandingkan dengan guru perbedaan yang ditemukan sangat mencolok batik yang guru gunakan biasanya menutupi pantat tidak dimasukkan dalam rok.

 Kenakanlah pakaian yang sesuai dengan keadaan anda. Tetap menarik dan anggun.

Ulfa Aulia

Mahasiswi PBSI UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X