Pojok #UNYuUNY Banget

Panggung Sandiwara, Gedung Pertunjukan FBS UNY

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, selain sebagai pencetak pendidik masa depan di bidang bahasa dan seni, adalah gudang kesenian seperti drama, penyajian musik dan pertunjukan lainnya. Bagaimana tidak, mahasiswa kampus ungu, sebutan bagi Fakultas Bahasa dan Seni yang identik dengan warna ungu, disediakan fasilitas yang mendukung yaitu Gedung Pertunjukan (Perfomance Stage Building).

foto : ig @rafireiseiasw

Bangunan ini termasuk dalam bangunan baru yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta, yang dirampungkan pada awal 2018 lalu. Dibangun tepat dibelakang Pendopo Tedjakusuma, lahan bangunan ini merupakan bekas Gedung Tari yang pada tahun 2017 sudah rata dengan tanah. Memiliki arsitektur yang instagramable, gedung ini kerap dijadikan background berfoto wisuda atau sekedar foto bersama teman. Terlebih jika sang surya mulai tenggelam, siluet gedung dipadukan dengan langit jingga sering menghiasi story WhatsApp atau Instagram para sahabat dunia maya.

Perfomance Hall (PH), begitu sebutan gedung ini oleh mahasiswa FBS kebanyakan, memiliki kapasitas hingga 1000 orang yang dibagi menjadi 2 lantai. Lantai dasar berada tepat di depan panggung nan megah, tak lupa dilengkapi dengan lighting yang apik dan berlatarkan gorden yang bisa otomatis buka-tutup layaknya pertunjukan teater pada umumnya. Sedangkan di lantai 2 hanya terdapat balkon dengan beberapa kursi yang kurang lebih berjumlah  seperempat dari jumlah kursi di lantai 1. Tak lupa bagian langit-langit gedung juga terdapat AC, jadi kalian nggak perlu khawatir pengap atau panas saat nonton pertunjukan di tempat ini. Sound systemnya pun cukup memadahi untuk menunjukan pertunjukan yang dihelatkan di Gedung Pertunjukan FBS UNY. Tidak hanya itu fasilitas pendukung bagi para pelaku teater pun tidak ketinggalan. Backstage atau balik panggung sebagai tempat persiapan pertunjukan juga sudah dilengkapi perlengkapan seperti kaca untuk mix and match kostum dan juga ruang untuk make up pementas. Layar yang berukuran kurang lebih 3×5 meter dipasang tepat diatas panggung bagian belakang, layar ini dioperasikan oleh operator yang ruangnya lurus di depan panggung tepat berada di belakang barisan kursi penonton.

Baca Juga  Dear Maba ; Inilah Perjuanganmu Setelah Menyandang Gelar Mahasiswa
foto : Felix Nugroho

Kurang lebih 2 tahun berdiri, bangunan ini sudah beberapa kali menjadi sejarah perhelatan pentas dan pelaksanaan berbagai kegiatan seminar maupun rapat umum. Sebut saja paralel pentas Sanggar Sastra dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa yang berlangsung bulan April lalu oleh 3 kelas angkatan 2017. Bulan ini juga akan dipentaskan drama dari Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2017, jadi buat kalian yang mau nonton jangan lupa beli tiketnya. Selain itu ada pula seminar Internasional beberapa pekan yang lalu yang dihadiri oleh masyarakat internasional, Pembacaan Puisi Wolfgang von Goette, dan kegiatan lainnya yang tentunya sukses dilaksanakan di tempat ini.

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X