Peluang Lolos Lebih Besar, Berikut Ini Jurusan 'Minim' Peminat di UNY ! | UNY COMMUNITY
Saturday , 16 February 2019
Home / Pojok #UNYu / Peluang Lolos Lebih Besar, Berikut Ini Jurusan ‘Minim’ Peminat di UNY !

Peluang Lolos Lebih Besar, Berikut Ini Jurusan ‘Minim’ Peminat di UNY !

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri sebentar lagi akan kembali dihelat. Melalui sistematika serta jenis dan peraturan seleksi yang baru, tentunya para calon mahasiswa diminta untuk aktif mencari informasi yang relevan serta terpercaya sekaligus menentukan strategi yang akan digunakan saat pertempuran dengan seluruh siswa di Indonesia.

Dalam banyak kasus, para calon mahasiswa yang hendak masuk ke perguruan tinggi, mereka akan cenderung memilih jurusan-jurusan favorit. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa ketika pelamar bisa berhasil masuk ke jurusan yang favorit, akan terbersit rasa kebangaan yang tak terhingga. Belum lagi melihat masalah prospek kerja, jurusan favorit juga bisa menjadi salah satu bekal selepas menyelesaikan studi nantinya.

Namun, ketika seorang calon mahasiswa telah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah tidak ada salahnya untuk menengok serta mempertimbangkan program studi yang minim peminat. Refleksinya, dengan melihat program studi yang sepi peminat maka akan dapat memberikan peluang sekaligus peta persaingan yang tidak terlalu ketat. Meski namanya jarang terdengar, jurusan sepi peminat juga tetap memiliki peluang karier yang bagus.

Melalui institusi yang terus berkembang menjadi semakin terdepan, Universitas Negeri Yogyakarta kini menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Kampus beralmamater biru ini memiliki beberapa program studi yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu saat akan melakukan seleksi.

Baca Juga  Dear Maba ; Inilah Perjuanganmu Setelah Menyandang Gelar Mahasiswa

Berikut ini ulasannya !

  1. Pendidikan Seni Kerajinan ( Seni Kriya)

Berada dibawah naungan Fakultas Bahasa dan Seni UNY, cabang pendidikan seni satu ini bisa menjadi pilihanmu. Pada tahun 2018, jumlah animo mencapai angka 325  orang. Tahun ini, FBS mengalokasikan mahasiswa baru seni Kriya sebanyak 80 orang. Perlu dicatat, Pendidikan Seni Kriya mewajibkan calon mahasiswanya tidak memiliki buta warna serta melampirkan tugas portofolio keterampilan.

  1. Pendidikan Seni Tari

Masih dari Fakultas berpanji ungu, Pendidikan Seni Tari memiliki animo sebanyak 566 orang pada tahun akademik 2018 yang lalu. Program studi yang telah terakreditasi A ini, menerima calon mahasiswa baru sebanyak 80 orang pada tahun 2019. Sama seperti prasyarat pada prodi Seni Kriya, Prodi Pendidikan Seni Tari juga meminta tugas portofolio serta tidak buta warna pada calon mahasiswanya.

  1. Pendidikan Bahasa Perancis

“ Comment ca va ?”

“ Parlez vous Anglais ?”

Berada dibawah naungan Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Pendidikan Bahasa Perancis bisa menjadi pertimbangan dan pilihanmu saat akan mengikuti seleksi tahun ini. Animo pelamar yang mencapai angka 587 pada tahun 2018  menunjukan bahwa meskipun Bahasa Perancis katakanlah tidak sepopuler karibnya semisal Bahasa Inggris, prodi ini bisa menjadi batu loncatan guna mengambil studi di luar negeri. Pasalnya, bahasa Perancis dipakai oleh banyak penutur di 70 negara di lima benua.

Baca Juga  Langkah Logis Taklukan Tanggal Tua Ala Mahasiswa

Jadi ,ayo rebut 80 kursi Pendidikan Bahasa Perancis tahun ini !

  1. Pendidikan Teknik Elektronika

Program studi yang berada dibawah naungan Fakultas yang sering dijuluki Rajawali Utara ini diminati sebanyak 714 calon mahasiswa pada tahun 2018. Tahun ini, kuota sebanyak 40 kursi siap diperebutkan oleh para calon mahasiswa baru. Pendidikan Teknik Elektronika juga memiliki prasyarat berupa tidak boleh buta warna.

  1. Kebijakan Pendidikan

Berangkat dari semangat calon cendekiawan muda, Program Studi Kebijakan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY atau yang akrab ditulis ‘Edu Pol’  (red : Educational Policy) siap menempa 40 calon mahasiswa baru pada tahun 2019 .

For Information, Kebijakan Pendidikan mencapai angka animo sebanyak 791 pelamar pada tahun akademik yang lalu .

UNY menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru tiap tahunnya.

Pendaftar bisa mencapai angka ribuan orang.

Tiap tahun tingkat persaingan  menjadi lebih berat.

So, segera tentukan pilihanmu, cermati peluangnya dan jangan lupa berusaha dan  berdoa !

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Prodi Pendidikan Sejarah UNY

Secara aktif maupun pasif manusia terus berkolaborasi dengan waktu menciptakan peristiwa-peristiwa serta pengetahuan dan keterampilan …

X