Penat? 3 Tempat  di  FBS UNY Ini Bisa Kamu Sambangi! | UNY COMMUNITY
Thursday , 25 May 2017
Home / Pojok #UNYu / Penat? 3 Tempat  di  FBS UNY Ini Bisa Kamu Sambangi!

Penat? 3 Tempat  di  FBS UNY Ini Bisa Kamu Sambangi!

  1. Perpustakaan FBS UNY

Perpus? Apa hal pertama kali yang muncul dibenakmu ketika berbicara tentang perpus? Yup, buku. Buku adalah jendela dunia,katanya. Sebagai seorang mahasiswa, sudah barang tentu akrab dengan buku bukan? Idealnya memang demikian. Namun melihat realita saat ini, rasa-rasanya budaya literasi di kalangan mahasiswa masih di bawah rata-rata. Nah, buat kamu para mahasiswa baru atau pun mahasiswa semester atas, yuk kembali menghidupkan literasi dengan kembali membaca buku di perpustakaan. Mengapa di perpustakaan? Sebagai seorang mahasiswa, terkadang ia merasa jenuh dengan jadwal kuliah di kampus. Siapa sangka bahwa beberapa orang melakukan istirahat tidak dengan tidur, tetapi dengan membaca buku. Membaca buku dapat merefresh pikiran dan menambah wawasan baru. Salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi yaitu perpustakaan FBS UNY. Ada yang spesial di tempat ini, selain tempatnya adem, di sini diputarkan lagu-lagu enak yang siap menemani kamu belajar atau ngerjain tugas. Eits, di sini juga banyak colokan yang mana saat ini orang mengatakan bahwa hidup hanyalah sebatas colokan, sinyal dan paketan. Jadi jangan khawatir, kamu bisa belajar sembari wifi-an dengan komputer atau handphone kamu di sini. Di sini juga disediakan katalog, jadi kamu tidak perlu repot-repot mengelilingi rak buku untuk mencari daftar buku yang kamu inginkan. Cukup dengan menekan tombol-tombol di komputer perpustakaan FBS, kamu bisa langsung menemukan daftar buku yang kamu cari. Nah, tunggu apalagi, yuk kembali ke perpus?

  1. Pelataran GK IV

Tempat selanjutnya adalah Pelataran GK IV. Yup, tempat ini adalah tempat yang paling dekat dengan gerbang FBS. Salah satu icon yang paling terkenal di sini adalah pohon beringin. Mahasiswa FBS sering nongki di pelataran GK IV, terutama di DPR (Di bawah Pohon Beringin). Selain itu, kamu juga bisa baca buku atau wifi-an di bawah pohon yang ada tempat duduk dan colokannya juga disitu. GK IV sebagai tempat utama kuliah mahasiswa seni rupa dan kerajinan sudah barang tentu akrab dengan yang namanya pameran. Nah, sembari menunggu agenda lain, kamu bisa menyempatkan diri untuk melihat pameran yang sering diadakan oleh mahasiswa seni rupa dan kerajinan, di  Galeri Lama Seni Rupa yang tidak jauh dari pelataran GK IV. Wah, menarik ya. Selain itu,tempat ini juga dekat dengan mushola utama FBS, sehingga mahasiswa sering menyebutnya mushola GK IV. Keren kan?

  1. Pendopo Tedjakusuma

Tempat iconic selanjutnya yaitu Pendopo. Yup, nama lengkapnya Pendopo Tejdakusuma. Wah, dari namanya saja sudah menarik kan? Yup, tempat ini bisa kamu pilih sebagai salah satu tempat nongki di FBS. Selain kamu bisa belajar di sini, kamu juga bisa melihat pementasan drama atau tari yang hampir setiap minggu diadakan. Uniknya lagi, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di siang atau sore hari, namun juga malam hari. Tempat ini juga biasa menjadi tempat rabes (rapat besar) para ormawa yang melibatkan jumlah yang besar, seperti panitia OSPEK misalnya. Tak hanya itu, tempat ini juga sering digunakan untuk mengadakan kegiatan besar dan atau penting yang melibatkan hampir seluruh mahasiswa di FBS, yudisium misalnya. Nah, di sebelah pendopo ada sebuah tempat bernama pringgitan. Pringgitan merupakan bagian dari pendopo di sisi sebelah timur. Pringgitan lebih sering digunakan sebagai tempat persiapan untuk pentas dan rapat kecil yang tidak melibatkan banyak orang. Pendopo terletak di bagian tengah FBS, jadi kamu tetap bisa mengakses Pendopo Tedja dengan cepat darimanapun kamu berada. So, tunggu apalagi, catch you there.

About Retna Ikawati

Mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris