Pendakian Merapi 2.930 Mdpl | UNY COMMUNITY
Home / Kegiatan / Pendakian Merapi 2.930 Mdpl

Pendakian Merapi 2.930 Mdpl

DSCF4261Pendakian Merapi 2.930 Mdpl | Merapi Merupakan sebuah gunung yang terletak di antara dua provinsi yogyakarta dan jawa tenggah. Gunung yang berdiri tegak berdampingan dengan gunung Merbabu. Mencapai puncak Merapi dengan ketinggian ± 2930 di atas permukaan laut merupakan suatu kesenangan dan kebanggaan tersendiri. Namun perlu diingat bahwa Merapi adalah gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat meningkat aktivitasnya sehingga perlu lebih waspada dalam mendakinya. Tanggal 25 – 26 Oktober 2014 sekuad pasukan unycommunity mencoba tantangan untuk mendaki gunung api teraktif di indonesia tersebut.

hari pertama, sabtu 25 oktober 2014

perjalanan kami mulai dari kampus kebanggaan Universitas Negeri Yogyakarta. jarum jam menunjukan pukul 16.00, kami 14 pasukan unycommunity bersiap menempuh perjalanan menuju bascamp dengan kuda besi bersama tengelamnya senja sore itu. Melewati macetnya kota muntilan untuk menuju bascamp Selo. Sebelum sampai di bascamp kami sempatkan  berhenti di gardu pandang Ketep untuk sekedar istirahat mengisi perut dan menunaikan ibadah solat.

100_7315
Makan Malam

Perjalanaan dilanjutkan menuju bascamp selo dengan jalan berlika-liku naik turun gunung, sekitar 45 menit perjalanan kami tempuh sampailah di bascamp Selo. Situasi bascamp yang cukup membuat kami terkejut karena penuh sesak oleh pendaki, Setelah memarkir motor dengan biaya parkir 5.000 /motor, berlanjut dengan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Mencatat semua anggota yang ikut naik dengan membayar biaya retribusi pendakian sebesar 16.000/orang (wow, bukankah sebuah harga yang fantastis ), ya… mungkin ada kenaikan harga yang signifikan di karena bertepatan dengan tanggal 1 muharam. setelah registrasi selesai kami melanjutkan perjalanan menuju  NEWSELO di ketinggian 1600 Mdpl. 10 menit perjalanan dari bascamp munuju newselo dengan jalanan aspal,  ternyata eh ternyata keadaaan newselo tak jauh beda dengan bascamp. ramai dengan pendaki, baik yang mau naik ataupun turun. Kemudian kami packing dan istirahat di newselo hingga pada pukul 21.00, barulah memulai pendakian

DSCF4186
Foto Keluarga Sebelum Pendakian

Awal pendakian di mulai dari titik jalan kecil di samping newselo, perjalanan melewati ladang penduduk dengan medan berupa tanah dan sebagian jalan yang sudah di blok semen, track berdebu dikala kemarau dan di jamin licin di musim hujan. 30 menit perjalanan, kami memasuki hutan dengan sambutan gerbang “Taman Nasional Merapi merbabu”, selain itu juga terdapat gasebo atau semacam rumah kecil yang bisa digunakan untuk istirahat. Setelah istirahat sebentar perjalanan kami lanjutkan menuju pos 1 menembus rimbunya hutan lereng merapi dengan medan berupa tanah dan sedikit batu, perjalanan menuju pos 1 tak selancar yang kami bayangkan disebabkan banyaknya pendaki yang naik maka kami harus mengantri untuk mencapai pos 1. Satu setengah jam perjalanan,  akhirnya kami sampai di pos 1 gunung merapi. Di Pos 1 terdapat sebuah tugu dan gasebo yang bisa di gunakan untuk istirahat.

Baca Juga  Camping di Pantai JUNGWOK
100_7320
Break Break Break

Perjalanan munuju pos 2  kami mulai dengan segala semangat dan harapan puncak merapi terdapat dua pilihan jalur untuk menuju pos 2. Jalur punggung gunung dengan medan berupa bebatuan yang terjal dan jalur lereng gunung (jalur evakuasi) dengan medan jalan setapak berupa tanah dengan bonus jurang sepanjang jalur. kami memutuskan lewat jalur evakuasi dengan pertimbangan jalur tersebut lebih sepi dibanding jalur yang satu supaya kami tidak antri lagi untuk mencapai pos 2. Dua jam perjalanan sampailah kami di pos 2, hawa dingin yang mulai terasa membuat kami memutuskan untuk camp di pos 2 dan melanjutkan pendakian di esuk hari.

hari kedua, minggu 26 oktober 2014

Baca Juga  UNY COMMUNITY Photo Contest 2017

pagi menjelang fajar menyinsing di ufuk timur bersama keindahan sunrise yang menembus cakrawala gagahnya merapi. kami bersiap untuk melanjutkan pendakian menuju pasar bubrah dengan medan pendakian berupa batu terjal bercampur pasir serta kondisi angin yang semakin kencang.

2014-10-26 05.10.46

DSCF4189
20141026060720

Satu jam perjalanan kami  sampai di pasar bubarah. Memandang kesekeliling Pasar Bubrah seperti berada di sebuah planet lain. Hamparan batu besar dan kecil berserakan, sementara di depan puncak Merapi nan gagah berdiri menjulang, puluhan tenda telah bejejer disana menjadikan pemandangan semakin istimewa. Pasar bubarah yang kini telah berubah menjadi pasar manusia, kami istirahat dan menikmati keadaan tersebuat dengan penuh bahagia, mengumpulkan tenaga untuk menacapi puncak merapi. pukul 07.00 kami bergegas dari pasar bubrah menuju puncak merapi namun tak semua pasukan ikut naik ke puncak dengan berbagai macam alasan dan sebab akibat.

Baca Juga  Sensasi Tahun Baru di Pantai Greweng

DSCF4212

2014-10-26 07.42.27

 

20141026065009

Track panjang berupa pasir yang menguras energi kami tempuh untuk mengapai puncak merapi, setelah pasir berakhir track berbatuan siap menghadang di depan. Sebelum akhirnya kami sampai dipuncak merapi setelah menempuh 1 jam perjalanan yang melelahkan, penuh tantangan dan mendebarkan.

DSCF4221
puncak merapi

Puas menikmati puncak merapi sang panorama alam , kamipun turun dengan arah yang hampir sama munuju pasar bubrah, tak lupa kami sempatkan untuk berfoto narsis  sebelum meninggal merapi dengan segala pesonanya.

DSCF4205

merapi
Foto Keluar pasar Bubrah

Pukul 10.00 waktu pasar bubrah kami beranjak turun meninggalkan puncak gagah merapi, melewati jalur sisa Semalam. Hingga pada akhirnya kembali ke alam rata bascamp selo setelah 4 jam perjalanan yang cukup berdebu. Thanks to All Pasukan UNY COMMUNTIY kalian semua luar biasa, Mohon maaf atas segala sikap dan salah selama perjalanan menuju 2.930 Mdpl

 

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

6.904 Mahasiswa Baru UNY Ikuti PKKMB UNY 2018

Sebanyak 6.904 orang telah dinyatakan resmi diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Secara …