KegiatanPojok #UNYu

Pelatihan Dasar Jurnalistik, Desain, Dan Sosial Media Untuk Kontributor Baru UNY Community

 UNY Community menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik, Desain, dan Sosial Media di Etos Coworking Yogyakarta (Jum’at, 20/12). Acara ini diikuti oleh lima belas kontributor Unycommunity untuk memberikan pelatihan dasar sebagai bekal untuk para kontributor yang baru.

Menurut Ronny K. Pratama, dalam menulis berita yang penting adalah adanya unsur 5W+1H, yaitu what, where, who, when, why and how. “Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana orang tersebut bisa mempraktikannya dengan menulis secara langsung. Tidak cukup hanya belajar mengenai teorinya saja.” Kata Ronny K. Pratama, yang juga Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

doc pribadi

Menurutnya, tulisan yang dibuat diusahakan harus menarik  agar masyarakat tertarik untuk membacanya, selain itu antara judul dengan tulisan juga harus berhubungan, maksudnya adalah tulisan yang baik yaitu dimana judul dalam sebuah tulisan harus sesuai dan dapat di interpretasikan sesuai dengan isinya, tidak hanya menampilkan judul yang clickbait saja.

Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta 2019

Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana cara menyusun tulisan berita dengan benar dan terstruktur, menjelaskan berbagai macam jenis berita dan memberikan contohnya serta menjelaskan mengenai jurnalisme foto dimana dalam suatu foto dapat memberikan arti secara langsung kepada masyarakat tanpa harus dideskripsikan melalui tulisan.

Setelah itu, materi selanjutnya yaitu pelatihan mengenai desain dan admin sosial media. Materi ini diawali dengan pengenalan dan sejarah berdirinya unycommunity yang hingga kini sudah semakin berkembang. Sosial media yang sudah dijalankan adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan Line. Melalui akun media sosial unycommunity ini dapat membantu mewadahi kebutuhan mahasiswa dan alumni agar terus mendapatkan informasi yang berkaitan dengan UNY.  Selain itu, unycommunity juga membuka usaha dalam pembuatan merchandise yang terdiri dari kaos, topi, dan jaket yang dipromosikan melalui media sosial Instagram @unymerchandise.

Baca Juga  Sayangi Masa Depanmu Dengan Jalani Kuliah Secara Maksimal
foto bersama kontributor UNY Community #4

Terakhir, yaitu materi mengenai desain. Kontributor yang memilih divisi desain diharapkan bisa menyalurkan idenya melalui desain gambar untuk memberikan informasi secara menarik, praktis, dan sistematis kepada khalayak umum.

Dengan diberikannya pelatihan dasar jurnalistik, desain, dan sosial media diharapkan agar kontributor unycommunity yang baru bisa mendapatkan wawasan yang luas serta dapat menjalankan tugas sesuai dengan divisinya dengan baik.

Related Articles

Back to top button
Close