PMB UNYPojok #UNYu

Pengen Kuliah di UNY ? Daftar SM CBT Aja, Berikut Tips dan Triknya

Menjadi mahasiswa sebuah kampus negeri tentu menjadi mimpi banyak calon mahasiswa. Berbagai jalur seleksi  tersedia sebagai salah satu jembatan untuk menggenggam jaket almamater yang diidam-idamkan.

Sebagai salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia, UNY menjelma menjadi salah satu ‘choice’ calon mahasiswa baru dari seluruh Indonesia.

UNY secara konsisten berusaha mewujudkan pemerataan pendidikan tinggi, dimana dilakukan melalui berbagai jalur seleksi. Salah satu jalur seleksi tersebut adalah Seleksi Mandiri Computer Based Test (SM CBT UNY).

Seleksi ini diharapkan sebagai jawaban atas usaha penyambungan cita-cita calon mahasiswa yang ingin mengenakan jaket almamater ‘khas’ berwarna biru .

Lalu apa saja hal-hal terkait SM CBT UNY ? Berikut informasinya

  1. Program Studi yang Bisa Dipilih

Pada jalur seleksi ini, calon mahasiswa dapat memilih dua program studi pada jenjang D-IV. Memilih maksimal 2 (dua) prodi D-IV untuk Kelompok SAINTEK atau SOSHUM, untuk Daftar prodi dan daya tampungnya bisa dilihat disini 

  1. Terkait Deadline Waktu

Dilansir dari http://pmb.uny.ac.id/ ,pendaftaran SM CBT sebanyak 7 sesi mulai dari 27 mei – 23 juli dengan waktu tes setiap hari kamis. selengkapnya lihat tabel dibawah ini

  1. Biaya Administrasi

Biaya administrasi yang perlu dibayarkan pada saat mengikuti seleksi mandiri ini adalah sebesar Rp200.000,00 dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BNI.

4. Prosedur Pendaftaran

  • Seleksi calon mahasiswa baru D-IV berdasar hasil tes akademik.
  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2017, 2018, atau 2019.
  • Mengikuti Computer Based Test (CBT) sesuai dengan kelompok ujian SAINTEK atau SOSHUM (TPA, Bhs. Inggris, Bhs. Indonesia, IPA atau IPS).
  • CBT dilaksanakan setiap hari Kamis sesuai jadwal.
  • Peserta dapat mendaftar dan mengikuti tes lebih dari satu kali selama kuota prodi yang dipilih belum terpenuhi.
Baca Juga  Menilik Capaian Belajar Optimal Mahasiswa UNY

5. Tips dan Trik LULUS SM CBT UNY 2019

Dalam menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi tentulah perlu persiapan yang matang .Selain dasar utama yaitu belajar yang giat ,ada beberapa poin penting terkait tips lulus seleksi mandiri UNY .

  • Yang pertama mengenai Passing Grade

Secara umum passing grade dapat diartikan sebagai tolak ukur ‘tertentu’ mengenai tingkat persaingan dan kemungkinan lolos di suatu program studi. Pasti sebagian dari kamu sudah tahu ,passing grade yang biasanya dilambangkan dalam bentuk “berapa persen” itu ya .

Lalu sebenarnya bagaimana cara memilih jurusan berdasar passing grade ?

Sebenarnya, tidak ada yang tahu ‘mutlak’ bagaimana tingkat persaingan real dalam suatu seleksi. Oleh karena itu, munculah passing grade sebagai alat ukur sederhana ,dimana diharapkan kita mendapat bayangan mengenai prodi pilihan secara awam .

Dalam menyikapi passing grade sendiri kita perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Tidak ada passing grade resmi, yang ada hanyalah perkiraan. Batas nilai untuk lulus dapat berubah-ubah. Kelulusan kembali tergantung pada persiapan tempurmu dan juga pesaingmu. Jadi jangan takut ya
  2. INGAT !!! ketatnya persaingan bukan berarti jaminan prodi tersebut menjadi ‘raja’ yang paling susah ditembus. Hanya saja jumlah pesaingnya memang banyak. Lagipula, pemilih pasti beragam. Bisa memilih prodi tersebut pada pilihan 1 dan 2
  3. Tidak takut bukan berarti tidak rasional. Kamu juga tetap perlu mempertimbangkan kemampuanmu ya
  • Memilih Urutan Prioritas Program Studi

Dalam hidup ,salah satu hal tersulit adalah menentukan pilihan .Pilihan akan mengikutimu sebagai jawaban atas ‘opportunity’ itu sendiri.

Baca Juga  Tempat Kuliner Favorit Mahasiswa UNY

Lalu bagaimana agar tidak gamang dalam menentukan prioritas prodi ?

  1. Kembali Pahami Dirimu, Minatmu, dan Tujuanmu Seorang pembelajar sejatinya terlahir daripada seberapa tulus niat dihatimu untuk menekuni disipilin ilmunya. Urutan pilihan maka usahakanlah, pilihan pertama adalah prioritas utama kamu, prodi kedua adalah prioritas keduamu, sedangkan pilihan ketiga adalah pilihan terakhirmu.
  2. Andai memang kamu hanya punya satu target, maka sebaiknya hanya memilih satu.
  3. Tetapi lebih bijak andai kamu memilih 2 prodi yang berbeda, sehingga kesempatan, jika tidak berhasil pada pilihan 1, masih ada peluang menembus pilihan 2.
  • Cobalah memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mempelajari soal-soal dari tes-tes SM UNY di tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut karena, besar kemungkinan bahwa pola soal tidak jauh berbeda. Untuk Contoh Soal Seleksi Mandiri UNY bisa di lihat DISINI , 

Nah demikian ulasan mengenai persiapan SM CBT UNY 2019.

Jangan lengah ,

Jangan patah semangat,

Kami tunggu kamu di PKKMB UNY 2019 Live at GOR UNY Agustus nanti ya

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close