Pojok #UNYu

Pentingnya Mencari Tahu Akreditasi Perguruan Tinggi Favoritmu

Mengetahui akreditasi perguruan tinggi menjadi titik tolak ukur untuk memilih di mana akan menimba ilmu. Akreditasi setiap perguruan tinggi akan berbeda-beda tergantung dengan tingkatan dan itu akan mempengaruhi pertimbangan orang tua dan calon mahasiswa untuk mendaftar. Namun, masih ada beberapa orang yang kurang mengetahui terkait akreditasi suatu perguruan tinggi tersebut.

Akreditasi adalah sebuah nilai kualitas yang dimiliki oleh perguruan tinggi. Lembaga yang berwenang untuk memberikan akreditasi suatu perguruan tinggi adalah BAN-PT. Lembaga tersebut berada di bawah Kemenristekdikti. Berikut akan diberikan informasi mengenai pengertian terkait nilai akreditasi berdasarkan penilaian.

#1 Akreditasi Unggul

Pada tingkatan ini penilaian lebih dari atau sama dengan 361. Pada tingkatan ini juga disebut sebagai akreditasi unggul.

#2 Akreditasi Baik Sekali

Pada tingkatan ini penilaian lebih dari atau sama dengan 301 dan di bawah 361. Pada tingkatan ini disebut sebagai kelas akreditasi lumayan bagus.

#3 Akreditasi Baik

Baca Juga  Bingung, Mau Daftar PNS atau PPPK?? Simak Yukkk Beberapa Perbedaan Antara PNS dan PPPK

Pada tingkatan ini penilaian lebih dari atau sama dengan 200 dan di bawah 301. Beberapa perguruan tinggi yang masih mendapat akreditasi C mungkin adalah perguruan tinggi baru dan sedang mengusahakan untuk melakukan akreditasi.

Mengetahui informasi mengenai akreditasi kampus akan membantu calon mahasiswa untuk menjalankan studi. Akreditasi kampus akan mempengaruhi beberapa hal. Pertama, akan menjadi cara menjaga kualitas dalam pendidikan. Kedua, fasilitas yang dimiliki oleh perguruan tinggi dengan akreditas lebih baik akan lebih lengkap. Ketiga, menjadi salah satu nilai lebih jika mendaftar di suatu perusahaan karena akan lebih dilirik jika dari perguruan tinggi dengan akreditas unggul.

Mengecek akreditasi kampus juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan website yang disediakan oleh BAN-PT. Pertama, bisa langsung mengakses di website dengan situs https://www.banpt.or.id/. Maka, akan muncul tampilan untuk bisa mengisi nama perguruan tinggi yang sedang ingin diketahui akreditasinya. Pada laman tersebut juga bisa dilakukan untuk mengecek akreditasi suatu program studi yang ingin dicari.

Baca Juga  Public Speaking, Seberapa Penting?

Dengan mengetahui akreditasi suatu perguruan tinggi dan program studi, calon mahasiswa dan orang tua juga bisa menambah wawasan dan lebih selektif untuk memutuskan masuk di perguruan tinggi. Ada klasifikasi yang harus dipilih dan dilewati untuk bisa mendapatkan perguruan tinggi yang tepat.

Akreditasi tersebut juga akan selalu update. Akreditasi bisa dicari dan bisa diusahakan oleh perguruan tinggi. Akan selalu ada perubahan tingkat akreditasi bagi perguruan tinggi yang mengusahakan akreditasi yang belum unggul dan ingin menjadi unggul. Hal itu bisa dilihat dari progress setiap perguruan tinggi untuk ingin cepat mendapat akreditasi unggul atau melalui proses dalam kurun waktu yang cukup lama.

Semoga dengan adanya informasi terkait pengertian akreditasi ini dapat membantu calon mahasiswa dan orang tua mengarahkan anaknya memilih perguruan tinggi. Akreditasi adalah cara termudah untuk mengetahui perbandingan tiap perguruan tinggi.

Related Articles

Back to top button
X