Pojok #UNYuTips

Semester Pendek, Perlu Nggak Sih? Berikut Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui!

Kalian mahasiswa baru? Atau seorang calon mahasiswa? Pasti kebanyakan dari kalian sudah pernah mendengar istilah Semester Pendek kan?

Semester Pendek atau biasa disingkat SP ini sesuai dengan namanya yaitu kegiatan perkuliahan yang dilakukan dalam jangka waktu yang singkat sesuai ketentuan masing-masing universitas yang mengadakannya. Sebab, Tidak semua universitas menghendaki adanya semester pendek ini. Salah satu universitas yang melaksanakan program semester pendek ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Semester pendek dilaksanakan pada saat liburan semester ganjil atau semster genap dengan jangka waktu 2-3 bulan.

foto via feb.ulb.ac.id

Sebelum kita lebih jauh berkenalan dengan semester pendek, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai tujuan atau kegunaan dari diadakannya semester pendek ini. Umumnya, universitas mengadakan program ini yaitu untuk perbaikan nilai serta akselerasi perkuliahan. Ketika kita duduk dibangku kuliah, banyak hal-hal tak terbayangkan yang mungkin akan menghampiri kita, salah satunya adalah mendapatkan nilai yang kurang bagus. Nah, dengan digelarnya semester pendek ini mahasiswa berkesempatan untuk dapat melakukan remidial atau pengulangan mata kuliah agar mahasiswa bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. sehingga bisa menaikkan IPK. Namun, tidak semua mahasiswa dapat mengikuti kelas remidial ini, hanya nilai dibawah mata kuliah C yang diperbolehkan. Jika nilai B kemudian ingin menaikkan ke A maka tidak diperbolehkan mengikutinya. Lalu, Perguruan Tinggi menggelar semester pendek juga bagi memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mempercepat kelulusannya. Namun, lagi-lagi tidak semua kampus menjalankan sistem ini. Kampus yang mengadakan kelas akselerasi ini menghadirkan mata kuliah lebih awal bagi mahasiswa yang seharusnya mata kuliah tersebut seyogyanya akan didapat pada semester berikutnya. Tentu hal ini akan menjadi keuntungan bagi mahasiswa. Semakin awal dia mengambil mata kuliah yang harusnya diambil nanti, maka beban sks nya tentu akan semakin berkurang sehingga akan cepat pula menuju kelulusan.

Baca Juga  Pentingnya Membeli Asuransi Kesehatan bagi Keluarga Kita

Sudah tergambarkan bagaimana situasi kondisi semester pendek? Nah, ada beberapa pertimbangan lagi yang harus kamu fikirkan sebelum memutuskan untuk mengambil semester pendek atau tidak. Disamping benefit yang akan kamu dapat yaitu bisa memperbaiki nilai atau bisa mempercepat kelulusan serta menjadikan liburanmu lebih bermanfaat, jika kamu memgambil semester pendek ada beberapa hal yang harus siap kamu korbankan. Apa? Uang, waktu dan tenaga. Dengan mengikuti semester pendek, tentu kamu akan dibebankan dengan adanya biaya tambahan yang harus kamu tanggung. Besaran harga ini bervariasi pada setiap sksnya. Lalu, kamu juga harus siap tetap berkuliah ketika mungkin teman-teman kamu yang lain sedang menikmati masa liburannya. Waktumu akan lebih terkuras untk terus melaksanakan perkuliahan di kampus dan merelakan waktu liburanmu.

Itulah serba serbi mengenai semester pendek yang ada dibangku perkuliahan. Mengambilnya atau tidak, semua tergantung pada opsi serta rencana hidup kalian masing-masing. Apapun hal yang kalian pilih pasti akan diikuti dengan keuntungan dan kekurangan. Jadi, bijaklah sebelum menentukan pilihan ya. Dan jangan lupa apa prioritas utama kamu.

Baca Juga  4 Hal Kecil yang Membuat Estetika Kampusmu Menjadi Kurang Menarik

Bagi kamu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta khususnya berikut aturan dan ketentuan mengenai semester pendek di UNY Tahun 2021 yang perlu kamu simak :

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X