Artikel

Peran Apa Saja yang Dimiliki Colocation?

Apakah Anda pernah mendengar istilah Colocation? Istilah ini berkaitan dengan data center milik penyedia jasa dimana data center tersebut dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan server. Atau yang secara singkat merupakan layanan penyewaan tempat penyimpanan server di data center. Tidak hanya itu saja, layanan ini memiliki peran yang lebih banyak lagi untuk dimanfaatkan. Jika Anda bisa memilih penyedia layanan yang berkualitas dan dapat dipercaya, bukan tidak mungkin berbagai keuntungan lainnya bisa didapatkan sekaligus.

 Peran Colocation yang Harus Anda Ketahui

Layanan ini sangat menguntungkan terutama bagi perusahaan berkembang yang membutuhkan koneksi internet berskala besar. Dengan menggunakannya, server perusahaan Anda yang belum terlalu besar bisa saja ditempatkan pada tempat yang sama dengan server yang lebih besar. Lalu keuntungannya apa jika seperti itu? Baiklah untuk mengetahui keuntungan Colocation, berikut ini dijelaskan beberapa perannya:

  1. Menyimpan dan Memelihara Server

Peran utama dari layanan ini adalah sebagai tempat untuk menyimpan server agar aman dari berbagai gangguan termasuk gangguan hacker. Keamanan server juga berkaitan dengan keamanan data perusahaan yang Anda miliki karena data bisa dicuri melalui banyak cara. Selain itu, server juga akan terawat dan terpelihara dengan baik sehingga fungsinya bisa berjalan dengan maksimal.

  1. Persiapan Menghadapi Bencana
Baca Juga  Ingin Sewa Rumah? Perhatikan Tips Berikut

Bencana bisa terjadi kapan saja tanpa ada yang mengetahuinya, melakukan mitigasi bencana dengan menggunakan Colocation pada server merupakan salah satu solusi cerdas. Jadi jika terjadi masalah sewaktu-waktu terhadap perusahaan yang mematikan operasionalnya, server masih aman dan bisa digunakan kembali.

  1. Memberikan Cadangan Listrik Saat Listrik Padam

Kerugian terbesar sebuah perusahaan yang sangat bergantung pada website adalah listrik yang padam secara tiba-tiba. Listrik yang padam akan membuat server ikut mati sehingga tidak bisa diakses selama masa pemulihan kembali. Semakin lama listrik padam dan server tidak bisa diakses maka akan semakin banyak kerugian yang ditanggung oleh perusahaan. Bahkan listrik yang padam hanya beberapa detik saja juga bisa menyebabkan kerugian karena server yang mati tetap harus dilakukan proses pemulihan yang tidak sebentar. Peran layanan ini saat listrik padam adalah memberikan cadangan listrik sehingga server tidak mati secara tiba-tiba.

  1. Melindungi Data dari Serangan Hacker

Hacker yang berusaha mencuri data penting perusahaan merupakan salah satu ancaman terbesar dalam dunia bisnis. Data penting yang dicuri hacker akan sangat merugikan perusahaan jika jatuh ke tangan pesaing. Mereka bisa memanfaatkan data tersebut untuk menjatuhkan atau mengalahkan perusahaan Anda. Solusi satu-satunya dari masalah tersebut adalah dengan melindungi data sebaik mungkin. Colocation yang Anda sewa dapat berperan dalam melindungi berbagai data penting perusahaan dari serangan hacker. Anda tidak perlu khawatir karena teknologi yang digunakan aman serta ditambah dengan dukungan profesional yang menjaganya.

  1. Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan
Baca Juga  5 Tips Bijak Mengatur THR

Perusahaan yang menggunakan layanan ini dapat menghemat biaya operasional khususnya pada keamanan server dan jaringan. Mungkin di awal pemakaian tidak akan terasa, namun jika dikalkulasikan dalam jumlah yang lama maka akan cukup membantu perusahaan. Apalagi jika perusahaan Anda adalah perusahaan besar maka keamanan yang dibutuhkan akan lebih tinggi karena data lebih banyak.

Setelah mengetahui peran Colocation, sekarang saatnya Anda menentukan jasa penyedia berkualitas dan terpercaya yang akan digunakan. Satu-satunya rekomendasi jasa penyedia terbaik adalah NEX. Jasa tersebut memiliki banyak sekali kelebihan yang akan semakin menguntungkan Anda seperti fitur tambahan dan pelayanan profesional.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X