Artikel

Peran HRIS Online dalam Manajemen Waktu Perusahaan

HRIS Online – Human Resources Development (HRD) adalah salah satu divisi dalam perusahaan yang memiliki tugas yang cukup kompleks. Tugas seorang HRD tidak hanya menyangkut diri mereka dan perusahaan saja, melainkan juga karyawan lainnya. Penghitungan gaji, rekrutmen, management waktu, hubungan industrial, pengembangan sumber daya manusia adalah beberapa tugas dari HRD.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, beberapa tugas HRD sepertinya semakin sulit untuk dilakukan. Tugas-tugas yang biasanya dilakukan dengan tatap muka menjadi terhalang karena penerapan work from home. Setidaknya itulah yang terjadi pada perusahaan-perusahaan yang masih menjalankan sistem human resources secara konvensional. Akan tetapi, hal tersebut tidak lagi masalah jika perusahaan Anda telah beralih menggunakan aplikasi HRIS online. Aplikasi ini umumnya digunakan perusahaan untuk mempermudah pekerjaan HRD menjadi lebih mudah. Berikut adalah peran HRIS Online, terutama dalam management waktu pada sebuah perusahaan.

1. Absensi Kapanpun dan Di Manapun

Di masa pandemi seperti saat ini, absensi tentunya menjadi sulit dilakukan, sehingga kontrol menjadi berkurang. Apalagi pada perusahaan yang masih menggunakan sistem konvensional ataupun mesin fingerprint. Akan tetapi, dengan menggunakan HRIS Online absensi dan kontrol kerja karyawan bukanlah seuah masalah. Dengan aplikasi ini, karyawan dapat melakukan absensi di manapun dan kapanpun. HRD akan dengan mudah melakukan kontrol keterlambatan maupun ketidakhadiran karyawan, bahkan jam istirahat karyawan. Mengapa demikian? Karena aplikasi management waktu HRIS Online umumny disertai dengan mobile Android yang berbasis GPS serta dilengkapi dengan sditu selfie. Dengan fitur yang sedemikian rupa, aplikasi ini sangat cocok untuk penerapan working from home bukan?

2.Shift Kerja Dapat Dikelola dengan Mudah

Peran HRIS Online dalam manajemen waktu perusahaan selanjutnya adalah pada pengelolaan shift kerja perusahaan. HRD tidak perlu lagi merasa bingung jika ingin menetapkan jadwal serta aturan kerja kepada karyawan lagi. Tidak perlu lagi menggunakan kertas kerja manual atau mengirimkan satu-satu ke setiap karyawan. Dengan menggunakan aplikasi HRIS Online, HRD dapat menuliskan jadwal shift maupun aturan kerja pada dashboard yang telah tersedia dalam aplikasi. Dengan menuliskannya pada dashboard, karyawan lain bahkan di cabang yang berebeda dapat mengetahui jadwal dan aturan secara mudah, apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.

Baca Juga  Jual Mobil Bekas Dengan Mudah dan Aman di Beli Mobil Gue aja

3.Proses Cuti Cukup dari Aplikasi

Aplikasi semacam HRIS online ini tidak hanya dapat digunakan oleh HRD saja, melainkan juga karyawan perusahaan. Karyawan dapat melakukan akses dengan mudah ke aplikasi ini dengan menggunakan gadget atau smartphone pribadi. Kemudahan akses inilah yang memungkinkan karyawan untuk melakukan berbagai layanan human resources secara mandiri. Layanan seperti pengurusan izin cuti, pergantian jadwal, cek kehadiran pribadi, serta koreksi absensi yang biasanya harus dilakukan dengan HRD, kini dapat dilakukan secara mandiri dengan satu aplikasi. Tidak perlu bertemu secara langsung, keseluruhan proses dapat dilakukan dengan aplikasi. Sehingga, proses menjadi lebih mudah dan cepat.

4.Absensi Terintegrasi Dengan Payroll

Pada perusahaan dengan sistem manajemen waktu konvensional, absensi akan dilakukan secara terpisah dengan aplikasi payroll atau bahkan masih dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi HRIS Online, penghitungan gaji dapat dilakukan secara mudah karena telah terintegrasi dengan absensi online. Dengan demikian, data pada absensi online akan secara otomatis masuk ke fitur payroll sehingga memudahkan HRD ketika akan menghitung gaji karyawan.

Baca Juga  Potensi Tas Seminar Jakarta Semakin Menarik Perhatian Publik

Itulah empat peran HRIS Online dalam manajemen waktu di Perusahaan. Terutama di tengah pandemi seperti saat ini, perusahaan harus tetap melakukan kontrol terhadap kinerja karyawan agar tetap produktif. Dengan aplikasi HRIS Online, kontrol dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Bahkan pada aplikasi HRIS Talenta besutan Mekari, kontrol dapat dilakukan dengan meudah melalui smartphone atau gadget pribadi dengan adanya tambahan fitur mobile friendly.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X