Peran Penting Venture Capital | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / Artikel / Peran Penting Venture Capital

Peran Penting Venture Capital

Pengembang start up menambah modal dari pendanaan VC yang sampai sekarang masih menjadi solusi utama untuk masalah kekurangan modal. Langkah awal sistem pinjaman dana ini diawali dengan menjelaskan harapan anda. Asumsi yang harus dibangun oleh perusahaan peminjam yaitu optimis untuk mencapai tujuan setelah mendapat dana dari venture capital. Hal tersebut meliputi modal lanjutan, investor dengan nilai tambah, bimbingan serta akses jaringan. Nilai-nilai kunci itu banyak diterapkan oleh VC tradisional. Tapi anda tidak bisa memukul rata jika semua jenis usaha permodalan start up ini akan selalu menggunakan nilai tersebut.

 

Peran Venture Capital untuk Start Up Potensial

Tidak semua start up yang mengajukan berkas permohonan pasti mendapat pinjaman modal. Karena pihak VC umumnya akan melihat tentang potensi usaha yang tertulis dalam resume pengajuan. Jika dalam rapat persetujuan diputuskan bisnis start up itu bisa menjadi perusahaan besar di masa depan maka kemungkinan besar akan mendapat pendanaan, bimbingan, bahkan modal lanjutan. Seleksi potensi sebuah usaha baru dilakukan venture capital untuk memperkecil peluang mendapat rugi karena perusahaan yang dibiayai terhenti di tengah jalan akibat alasan-alasan tertentu. Apa saja peran penting VC terhadap bisnis baru?

  1. Memastikan start up mendapat untung besar
Baca Juga  Ini Dia Cara Pembuatan Masker Kopi dan Putih Telur Untuk Wajah

Apabila start up yang anda kelola berhasil mendapatkan dana pinjaman dari venture capital. Biasanya pihak VC akan membantu perusahaan baru mendapat keuntungan lebih besar. Jasa permodalan VC yang besar mempermudah start up menaikkan jumlah perputaran uang. Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat jasa penyedia modal jenis ini akan meraup untung besar apabila bisnis yang didanai mempunyai nilai saham yang tinggi.

  1. Memangkas waktu penggalangan dana bisnis baru

Jika anda memulai sebuah bisnis tentu akan memikirkan besaran modal yang dibutuhkan. Faktor keterbatasan modal sering kali membuat perusahaan start up terlambat berkembang karena kurang fokus. Mencoba memasukkan berkas ke salah satu VC bisa menghindarkan perusahaan anda dari waktu sia-sia untuk menggalang dana. Sehingga dapat kembali ke fokus utama yaitu memajukan start up. Salah satu perusahaan yang dapat memberikan suntikan dana adalah Convergence Ventures. Firma VC yang satu ini akan memaksimalkan potensi & pengembangan produk dari perusahaan anda. Situs onlinenya dapat diakses dengan mengetikkan convergencevc.com.

  1. Mencadangkan tambahan modal
Baca Juga  Hey Mahasiswa UNY, Belanja Online Dimana?

Keberadaan venture capital memang tidak bisa dipisahkan dari kolam bisnis start up karena mempunyai peran penting. Salah satunya tentang cadangan modal yang disediakan. Sehingga  bos perusahaan berkembang tidak perlu pusing mencari pinjaman dana tambahan. VC akan menyimpan tambahan modal sebagai pendanaan lanjutan. Biasanya untuk pengembangan bisnis dengan jangka waktu lebih lama.

  1. Akses mudah jaringan VC

Keuntungan besar lainnya yang didapatkan setelah kesepakatan kerja sama dengan venture adalah akses jaringan. Nilai besar ini meliputi jaringan klien & karyawan untuk memakai jasa dan produk dari perusahaan yang sedang anda rintis.

Modal memang sesuatu yang penting untuk menyambung napas perusahaan yang sedang berkembang. Namun, ada beberapa hal lain yang tidak kalah penting. Venture capital Indonesia sudah menangani banyak bisnis yang pastinya mempunyai jaringan yang kuat. Orang-orang yang masuk dalam jaringan VC juga bukan orang sembarangan. Sebagian besar dari mereka mempunyai keahlian, kebanyakan seorang pengusaha dan mempunyai pengalaman yang lebih untuk bidang yang anda kelola. Sehingga dapat memberikan pandangan berbeda untuk masalah-masalah yang muncul agar start up anda bisa bertransformasi menjadi perusahaan besar.

Baca Juga  Jam Tangan : Petunjuk Waktu Sekaligus Perhiasan Tangan

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lomba memperingati Pekan HAM

Dalam rangka memperingati Pekan HAM pada 10 Desember 2018 ✨MAHASISWA PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN …