Kabar KampusPojok #UNYu

Perbedaan Antara SNBP dan SNBT

Perubahan nama tersebut resmi berganti pada tahun 2023 setelah telah diumumkan oleh Kemendikbudristek. Pada tahun ini nama tes masuk perguruan tinggi tersebut menjadi SNBP dan SNBT. Pada tahun sebelumnya, nama tes yang baru itu sangat dikenal dengan nama SNMPTN dan SBMPTN. Lalu, apakah banyak perubahan berkat pergantian nama tes tersebut?

SNBP adalah sebuah pergantian istilah yang merujuk pada jalur tes masuk perguruan tinggi tanpa menggunakan tes. SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Lalu, untuk singkatan SNBT adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi. SNBT adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi yang menggunakan tes.

SNBP memiliki kriteria tertentu. Proses seleksi untuk masuk perguruan tinggi pada jalur SNBP ini menggunakan nilai rapor, prestasi, dan bisa pula menggunakan portofolio. Pada tahun sebelumnya, proses masuk perguruan tinggi yang satu ini dikenal dengan SNMPTN.

Baca Juga  Total Peserta SBMPTN Tahun 2018¬†Mencapai 844.474 Pendaftar

SNBT juga memiliki kriteria tertentu. Proses yang harus ditempuh untuk bisa lolos di perguruan tinggi negeri dengan cara SNBT ini adalah menggunakan tes kemampuan skolastik yang dikerjakan menggunakan komputer. Adapun bagian yang harus dilewati ketika mengikuti kegiatan ini adalah mengerjakan Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

SNBP memiliki standar yang berbeda dengan SNMPTN. Ada beberapa perbedaan yang bisa disoroti setelah berganti nama yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Pertama, minimal 50% nilai rapor keseluruhan. Kedua, maksimal 50% pengganti minat dan bakat.

SNBT juga memiliki standar yang berbeda dengan SBMPTN. Dalam tes SNBT ini hanya akan melakukan dua kali tes saja, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Baca Juga  5 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil Gratis di Jogja!

Mengenai daya tampung, SNBP akan memberikan kuota sebesar 20%, sedangkan untuk SNBT akan memberikan kuota 40%.

Kedua tes tersebut tentunya akan membutuhkan persiapan yang matang, kejelian dalam menentukan langkah, dan bagaimana untuk konsisten. Karena tentu saja tes tersebut akan diikuti oleh satu Indonesia dengan peluang yang telah ditentukan. Jadi, akan ada persaingan secara ketat mengenai proses masuk perguruan tinggi melalui jalur SNBP dan SNBT.

Related Articles

Back to top button
X