Perpustakaan Digital UNY dan Seluk-Beluknya | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Perpustakaan Digital UNY dan Seluk-Beluknya

Perpustakaan Digital UNY dan Seluk-Beluknya

Digital Library atau Perpustakaan Digital Universitas Negeri Yogyakarta diresmikan pada 8 Maret 2018, bangunan ini berada di sebelah barat gedung Rektorat UNY dan disebelah utara Perpustakaan lama UNY. Bagi mahasiswa UNY, bisa masuk dengan menunjukkan Kartu perpustakaan atau KTM.

pic : galeri.uny.ac.id

Perpustakaan Digital ini merupakan bentuk perpustakaan yang keseluruhan koleksinya memakai format digital yag disusun dalam sebuah arsitektur komputerisasi. Terdiri dari 1 basement dan 4 lantai yang luasnya kurang lebih 600 meter persegi. Tata letak ruangan darii bawah ke atas terdiri dari: Basement berkapasitas 100 iMac PC; lantai 1 untuk lobby; lantai 2 berkapasitas 77 unit iMac PC dengan fasilitas Private Room berkapasitas 45 unit iMac PC;dan lantai 4 untuk seminar/ video conference berkapasitas 300 orang.

Koleksi jurnal di digital library antara lain Jstor, Springer Link, Ebscho Host, Proquest, Proquest Ebook Central, Digital Library UNY, Jurnal UNY, Eprints UNY, Jurnal Student UNY, dan Katalog Buku Perpustakaan sedangkan koleksi buku cetak per Februari 2018 ada 132.327 judul sejumlah 283.899 eksemplar. Cocok banget buat yang lagi cari jurnal nih, dengan fasilitas yang memadai pasti kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Baca Juga  Jurus Jitu Menghadapi Bayangan Sang Mantan
pic : galeri.uny.ac.id

Lantai basement berisi 100 unit komputer iMac, diperuntukkan bagi pemustaka yang akan mengakses koleksi yang ada di digital library. Selain itu pemustaka dapat mencari koleksi jurnal dan ebook yang dilanggan ataupun diterbitkan oleh UNY. Lantai  satu untuk lobby, disediakan tempat duduk dan meja yang nyaman serta akses wifi bagi pemustaka. Lantai dua adalah private room bagi pemustaka yang akan mengakses koleksi digital library secara lebih private dan tidak terganggu pemustaka lain, setiap bilik disediakan 1 PC iMac dengan furniture yang nyaman. Total terdapat 76 PC iMac. Lantai tiga terdiri dari 2 ruangan masing-masing berkapasitas 30 orang yaitu collaborative room dan audio room. Collaborative room berfungsi sebagai ruangan diskusi atau pembelajaran dengan fasilitas 4 layar monitor yang dapat menampilkan slide materi. Ruang audio dapat digunakan untuk mini video conference, di lantai 3 juga disediakan 45 PC iMac untuk keperluan pemustaka. Lantai empat, ruang seminar berkapasitas 300 orang. Dilengkapi dengan fasilitas video conference, sound system dan giant screen projector yang dapat menampilkan hingga 8 output tampilan berbeda. Ruangan ini sangat representatif untuk kegiatan seminar internasional.

Baca Juga  Ini Dia Animo Pendaftar PMB UNY 2017, CAMABA Wajib Baca

Jam buka Perpustakaan pada hari Senin hingga Kamis, pukul 07.30-18.00 WIB sedangkan pada hari Jum’at pukul 07.30-11.00 WIB dan pukul 13.30-18.00 WIB, hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan untuk jam layanan peminjaman/ pengembalian hari Senin-Kamis pukul 07.30-17.00 WIB, hari Jumat pukul 07.30-11.00 WIB dan pukul 13.30-17.00 WIB. Hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.

Seluruh sivitas akademika berhak untuk menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan. Kartu mahasiswa sekaligus dapat digunakan sebagai kartu anggota perpustakaan. Bagi dosen dan karyawan dapat mendaftar dengan menyerahkan SK terakhir dan pas foto 2×2 cm sebanyak 2 lembar. Bagi mahasiswa UNY yang berminat menjadi anggota Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) dapat mendaftar dengan syarat: menunjukkan kartu tanda mahasiswa, pas foto 2×2 cm sebanyak 2 lembar, serta uang pendaftaran Rp 15.000,- berlaku selama 3 bulan.

Baca Juga  Menjadi Aktivis Kampus? Why Not! Justru Inilah Kelebihan Menjadi Seorang Aktivis

Jadi kalau bingung cari tempat nugas atau kumpul, tempat ini bisa jadi referensi nih. Sudah ke Perpustakaan Digital UNY belum nih? Yuk  ke Perpustakaan Digital. Gunakan fasilitas sebijak mungkin ya. Semoga bermanfaat.

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

5 Hal Tentang Pendidikan Seni Musik UNY yang Harus Kamu Ketahui

Seni tidak dapat dipisahkan dari manusia, jika seseorang telah akrab dengan seni maka naluri seni …