Pojok #UNYuTips

Persiapan Menjelang Ramadhan Versi Anak Kost

Sebelum ramadhan, penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya terutama untuk mereka yang jauh dari keluarga atau sebut saja kalangan anak kost. Bukan hanya persiapan yang bersifat kasat mata saja, gaes. Jauh lebih penting mempersiapkan mental kita dan meluruhkan ego yang bersemayam. Well, 4 trik aman berikut ini penting untuk diketahui anak kost menjelang ramadhan. Simak.

ramadhan anak kost
pic : kasminarif.blogspot.com

1. Survei Lokasi Masjid

Masjid menjadi lokasi yang mendadak lebih hidup dan ramai pengunjung saat ramadhan tiba. Jelas, bahwa setiap manusia beramai-ramai ingin meningkatkan kualitas ibadah selama bulan suci ramadhan. Sebagai anak kost, kamu pun perlu mengunjungi masjid-masjid untuk melakukan ritual batin dan ritual takjil, gaes. Sudah menjadi rahasia umum kan bahwa masjid-masjid pada umumnya menyediakan takjil gratis untuk berbagai kalangan umat. Gak salah kok aktivitas demikian asal masih berada dalam ranah yang wajar dan terkondisikan.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa Sebagian Besar Wanita Terkadang Mencari Momen Untuk Menangis

 2. Persediaan Pangan yang Memadai di Kamar Kost

Siapa bilang stok pangan tidak penting dipersiapkan menghadapi bulan ramadhan? Penting jelas, ya gaes. Minimal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maksudnya, ketika uang mulai menipis atau gangguan sakit datang. Pangan di sini bukan hanya terbatas pada makanan dan minuman ya, gaes tapi juga persediaan obat-obatan. Layarkan payungmu sebelum hujan datang. Itu analoginya.

 3. Melapangkan Waktu Ibadah agar Berkah

Dari segi persiapan mental, penting dipersiapkan sejak dini tentang kuantitas waktu ibadah yang lebih dari biasanya. Pasti tidak ingin kan kalau ibadah puasa terasa sia-sia hanya karena manajemen waktu yang kita buat itu berantakan? Maka dari itu, mulailah me-list segala aktivitas dengan bijak dan selalu menyisipkan amalan-amalan kebajikan selama bulan ramadhan ini. Melapangkan waktu ibadah selama bulan ramadhan akan melatih diri menyambut pribadi baru yang InsyaAllah lebih baik.

Baca Juga  Inilah Alasan Mengapa Kamu Tidak Perlu Minder Menjadi Mahasiswa UNY Wates

 4. Menikmati Setiap Aktivitas

Selama bulan ramadhan nanti, bukan berarti rutinitas kita menjadi terhenti ya, gaes. Justru dianjurkan untuk beraktivitas lebih banyak agar puasa menjadi makin bermakna. Silakan menikmati setiap aktivitas positif dan menjauhi aktivitas yang akan mencenderungkan diri untuk melakukan perbuatan sia-sia. Segala aktivitas positif dinilai sebagai amalan ibadah jika kita ikhlas melakukannya. Nikmati dan jalani dengan gembira, aktivitas positif selama bulan ramadhan nanti.

So? Sesiap apa kamu menyambut datangnya bulan penuh berkah nanti? Semoga 4 trik aman di atas bisa menjadi referensi jitu untuk menyambut ramadhan nanti ya, gaes.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X