Petuah Sederhana untuk Calon Mahasiswa Baru | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Petuah Sederhana untuk Calon Mahasiswa Baru

Petuah Sederhana untuk Calon Mahasiswa Baru

Wah nggak terasa ya gengs, bulan ini adalah bulan penerimaan mahasiswa baru. Bulan dimana banyaknya calon mahasiswa yang mulai daftar kuliah melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Hayo, buat kamu yang belum lolos SNMPTN sudahkah kamu mencoba peruntungan di jalur SBMPTN dan jalur SM? Berhubung masih bulan-bulan penerimaan mahasiswa baru, artikel ini akan bercerita mengenai petuah untuk kamu calon mahasiswa baru. Petuah apa aja sih yang sebaiknya kamu pahami?

1. Kalau udah lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru, diam saja

Bukti Lulus SNMPTN

Teruntuk kamu yang kemarin sudah lolos jalur SNMPTN, lebih baik kamu diam saja. Jangan sampai terlalu bahagia hingga update status terus di sosial media. Nggak perlu screenshot laman web SNMPTN yang menunjukkan kamu lolos dan kamu upload di instagrammu. Lebih baik jangan lakukan ini. Karena masih banyak calon mahasiswa di luar sana yang masih terus  berjuang. Walaupun kamu nggak bermaksud menyakiti hati mereka yang belum lolos, alangkah baiknya memang nggak perlu diposting di sosial media. Pahami dan mengertilah perasaan calon mahasiswa di luar sana yang masih berjuang.

Baca Juga  Lika-liku Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia

2. Pejuang SBMPTN dan SM, tetap semangat dan jangan percaya kunci jawaban

sbmptn pejuang

Teruntuk kamu yang kemarin belum lolos SNMPTN, jangan berkecil hati. Jalur pendaftaran masih ada kok. Mana nih suaranya pejuang SBMPTN dan SM? Jangan langsung sedih walau kamu nggak lolos SNMPTN, kan masih ada jalur lain. Ya walaupun jalur SBMPTN dan SM itu dirasa agak males sih soalnya harus tes. Tapi nggak papa, justru kamu akan merasakan sensasi dan perjuangan yang luar biasa kalau ikut tes. Dan jangan sekali-kali kamu percaya dengan kunci jawaban yang beredar. Alangkah lebih baik kamu berusaha sendiri. Pelajari soal-soal tahun lalu. Karena kalau kamu berhasil dengan usahamu sendiri hasilnya akan lebih memuaskan.

baca juga :  Contoh Soal Seleksi Mandiri UNY

3. Ubah pemikiran dan sikapmu

your main

Ciyeee yang udah mau jadi mahasiswa. Petuah terakhir nih, walaupun sepele tapi tetap kamu camkan. Yap, ubah pemikiran dan sikapmu. Berhubung masa sekolahmu dulu isinya senang-senang dan pemikiranmu masih kekanak-kanakan, nah saat udah jadi mahasiswa ubahlah pemikiran dan sikpamu secara perlahan. Karena menjadi mahasiswa itu dituntut untuk mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. Beda banget kan nggak seperti sekolah? Saat sudah menjadi mahasiswa kamu harus bisa mandiri, memiliki pemikiran dan sikap yang tidak kekanak-kanakan. Jadi, sudah siapkah kamu menjadi mahasiswa yang sesungguhnya?

Baca Juga  Habis Putus Malah Merasa Lebih Bahagia? Ini 7 Alasannya!

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …