Pojok #UNYuTipsUNY Banget

Cari Alternatif Batu Loncatan? Simak Beberapa Keterampilan Penunjang Karier Berikut Ini!

Sekarang ini, di kondisi zaman yang semakin maju arus perkembangannya menyebabkan munculnya tuntutan untuk tiap individu. Keadaan globalisasi seakan menuntut manusia untuk makin kreatif dan inovatif dalam rangka menyesuaikan keadaan yang makin tidak terprediksi juga. Ini sebagai upaya untuk terus bertahan agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Memiliki beberapa keterampilan tertentu baik hardskill maupun softskill akan sangat berdampak untuk perkembangan karir. Hal ini karena seseorang yang memiliki keterampilan tertentu akan dipandang punya nilai lebih dalam dunia profesional. Sehingga, meng-upgrade keterampilan dapat menjadi upaya baik untuk membidik peluang karir.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Nah, di bawah ini adalah beberapa ulasan mengenai keterampilan apa saja yang dapat membuka peluang karir.  Lets get it!

  1. Kemampuan di bidang teknologi informasi

Seiring dengan berkembangan zaman yang arahnya makin digital, membuat keterampilan ini sangat dibutuhkan sebab hampir setiap komponen kehidupan tidak jauh jauh dari pengaruh teknologi. Keterampilan dasar yang patut dimiliki yaitu kemampuan mengoperasikan komputer maupun parangkat lunak lainnya seperti halnya Microsoft Word, Microsoft Exel, serta beberapa rumus pentingnya yang punya kaitan dengan manajemen data. Ditambah juga aplikasi editing dan pengembangan web, coding, dan lain sebagainya. Dari keterampilan tersebut, jika dapat dikuasi dengan baik, kita akan punya nilai plus, apalagi sekarang di dunia kerja hampir semua membutuhkan ahli IT.

  1. Content writer

Keterampilan yang berkaitan dengan kepenulisan ini termasuk dalam kemampuan yang mempunyai peluang besar di dunia kerja. Ini karena banyak bidang yang butuh keterampilan tersebut, seperti bidang digital marketing, periklanan, publikasi, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, dengan keterampilan ini dapat membuat seseorang menjadi lebih up to date terhadap hal baru sehingga mampu memperluas wawasan. Kemudian, tugas dari seorang content writer yaitu membuat konten kepenulisan yang menarik sesuai jenis dan kebutuhan kantor atau instansi.

  1. Berbahasa asing
Baca Juga  Tips Siap Tempur Hadapi UAS Online #dirumahaja

Keadaan sosial yang semakin mengglobal saat ini membuat silih berganti masuknya pengaruh budaya asing ke dalam negeri. Akhirnya, ini juga mempengaruhi culture dunia kerja. Hal ini menyebabkan makin banyak kantor  maupun instansi yang melakukan kerja sama internasional dengan  negara lain, kemudian membuat penguasaan bahasa asing oleh para karyawan di dalamnya sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja kantor maupun instansi. Sehingga, penguasaan bahasa asing paling tidak bahasa Inggris secara aktif akan sangat menambah nilai keterampilan sesorang di lingkungan kerja saat ini.

  1. Public speking

Kemampuan untuk berbicara di depan publik bukan merupakan perkara yang mudah. Diperlukan usaha serta praktik yang berkesinambungan untuk membentuknya. Oleh karena itu, terdapat nilai tambahan jika dapat menguasai keterampilan ini dengan baik. Kemampuan berbicara di depan publik dalam dunia kerja akan berkaitan dengan cara mengkomunikasikan sesuatu dengan baik dan mudah dipahami di depan banyak orang tentang lingkup pekerjaan yang ada. Sehingga, secara profesional keterampilan tersebut sangat dibutuhkan.

  1. Time Manajement

Keterampilan ini masuk ke dalam jenis softskill atau keterampilan dari dalam diri secara personal ditambah hasil dari pengalaman pribadi. Kemampuan mengatur waktu dengan baik sangat berdampak pada upaya pengembangan karir. Makin baik seseorang dalam mengatur waktunya, maka makin efisien dan optimal hasil pekerjaanya. Hal tersebut juga dapat memberi poin plus untuk mencerminakan kepribadian yang baik.

Baca Juga  5 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendekati Wisuda

Dari ulasan yang ada, kira kira keterampilan apa nih yang akan kamu pilih untuk mecerahkan peluang karirmu? Apapun itu, yang terpenting selama dilalui dengan telaten pasti akan memberi dampak untuk pengembang karir ke depannya. Kemudian, sarana untuk mengasah hardskill dapat kamu cari melalui kurus, seminar, maupun pendidikan nonformal lainnya. Harapannya, hal tersebut dapat jadi media untuk mempercepat pendalaman suatu keterampilan  yang diminati.

Related Articles

Back to top button
X