Program Kerja (Proker) Mainstream yang Bakal Kamu Temui Selama KKN | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Program Kerja (Proker) Mainstream yang Bakal Kamu Temui Selama KKN

Program Kerja (Proker) Mainstream yang Bakal Kamu Temui Selama KKN

Yuhuuu udah masuk bulan Juli aja nih. Tandanya, bagi mahasiswa UNY yang mengambil KKN di semester khusus sebentar lagi akan diterjunkan mengabdi di desa orang. Berbicara tentang KKN, tak lepas dari program kerja yang harus dijalani. Jelas, KKN itu kuliah kerja nyata. Apa yang dipelajari selama kuliah harus dapat diterapkan selama di desa. Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat desa.

KKN semester khusus biasanya dijalankan selama satu bulan, untuk itu harus pintar-pintar bagi waktu untuk menjalani program kerja (proker). Program kerja harus dipikirkan matang-matang sebelum diterjunkan di desa, baik itu program kerja individu maupun kelompok. Tetapi ada pula lho, proker-proker mainstream yang bakal kamu temui selama KKN. Tenang, proker-proker mainstream ini juga dapat nambah jam di matriks kamu kok, Lantas, apa saja proker mainstream yang bakal ditemui selama KKN?

  1. Pembuatan dan Pemasangan Plang Jalan (Plangisasi)
pic : desamuntangkecamatankemangkon.blogspot.co.id

Untuk kamu yang udah survei ke desa dan ternyata desa tempat kamu KKN itu belum ada plang, proker ini bisa kamu jalankan selama KKN. Tentu dengan kerja sama kelompok dan warga setempat. Sebelumnya, kamu harus tanya-tanya dulu dengan masyarakat di desa, kira-kira bersedia atau tidak jika dipasang plang jalan. Yang lebih penting lagi, masyarakat mau membantu dari segi keuangan atau tidak. Hal tersebut harus dipikirkan matang-matang. Kalau misalnya masyarakat memang meminta dan mau membantu dari segi keuangan sih oke oke saja. Lumayan lho, bisa nambah jam banyak di matriks kamu. Selain itu, dengan adanya proker plangisasi ini bisa menjadi napak tilas kelompok kamu pernah KKN di desa tersebut hihi. Kan biasanya di plang-plang gitu ada tulisan KKN-nya hehehe.

  1. Rapat Warga
Baca Juga  7 Alasan kenapa Kuliah di FT UNY itu Keren!
pic: bangkatimes.com

            Kegiatan rapat warga ini pasti akan kamu temui di desa. Mengapa? Yang pertama, ketika kamu sudah diterjunkan di desa biasanya ada rapat warga tuh, nah kamu dan kelompokmu pasti akan diundang sebagai ajang perkenalan. Kedua, adanya rapat warga ini juga bisa dijadikan untuk sosialisasi proker individu maupun kelompok yang akan dijalani selama KKN. Sosialisasi proker pada kegiatan rapat warga ini juga dapat sebagai pencerahan kamu dan kelompok jika masih bingung, mungkin para warga memberikan saran dan masukan.

  1. Kerja Bakti
pic : manukaso.blogspot.co.id

            Kerja bakti adalah proker mainstream yang akan kamu temui di desa. Biasanya yang cewek-cewek nih bantuin mencabuti rumput atau membantu ibu-ibu masak untuk konsumsi selama kerja bakti. Kalau yang cowok-cowok sih memang biasanya tenaganya yang lebih diperlukan selama kerja bakti, misal buat angkat-angkat barang yang berat.

  1. Ronda
Baca Juga  Antara Penerus dan Pembaru
pic :tribratanews.polresbogor.info

            Kalau ini sih wajib hukumnya buat cowok ya. Biasanya kan yang ngeronda bapak-bapak tuh, nah mahasiswa yang cowok-cowok kalau bisa sih juga ikut ronda (jika diperkenankan oleh warga lho). Ya lumayanlah, belajar ngeronda buat jadi calon bapak besok kelask hihi.

  1. Pengajian

            Biasanya kalau pas desa mengadakan pengajian gitu, mahasiswa KKN juga disuruh datang tuh. Pertama, mahasiswa KKN sebagai partisipan (mendengarkan pengajian gitu). Kedua, kalau pas di tengah tengah acara atau istirahat gitu mahasiswa KKN turut ikut membantu membagikan konsumsi kepada warga. Ketiga, dengan pengajian dapat merekatkan hubungan mahasiswa dengan warga karena semuanya berbaur.

  1. Mengajar TPA dan Bimbingan Belajar (Bimbel)

            Menjalani proker dengan anak-anak adalah hal yang menyenangkan. Hal itu dapat berupa dengan pengajaran TPA dan bimbingan belajar. Biasanya anak-anak tuh seneng kalau ada mas-mas dan mbak-mbak KKN yang membantu mengajar. Jadi, proker ini bisa menjadi bahan referensi juga lho buat kamu yang mau KKN hihi.

  1. Perpustakaan Desa
Baca Juga  Hai, Ladies! Yang Mana di Antara Lagu Berikut yang Mengetuk Keberanianmu untuk Ungkapkan Cinta?
pic : kkn.undip.ac.id

            Proker perpustakaan desa termasuk proker yang memberikan jam besar di matriksmu. Mulai dari tahap pengumpulan buku hingga penataan buku di rak. Untuk kamu yang ingin membuat proker ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Misalnya untuk pengumpulan buku kamu dapat menyerahkan proposal ke penerbit-penerbit gitu agar membantu mendonasikan buku-buku. Atau dari kamu dan kelompokmu jika mempunyai buku-buku yang sudah tidak terpakai juga dapat disumbangkan ke desa. Walaupun hanya program sederhana seperti pengumpulan buku gitu, namun proker ini nantinya sangat berharga bagi masyarakat desa. Dapat memberikan wawasan baru melalui buku bagi seluruh masyarakat desa.

Semua proker yang telah disebutkan di atas tidak mutlak benar kok, mungkin kamu juga tidak menemui semua proker di atas di desa KKNmu, mungkin hanya menemui beberapa. Bagaimana teman-teman? Sudah siap KKN? Sudah siapkah kamu untuk mengabdi di desa? Sudah siap semua kah segala urusan program kerja yang akan dilaksanakan selama KKN? Yuhuuu semangat terus teman-temanku yang sebentar lagi akan KKN. Semoga lancar dan dimudahkan ya.

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Kamu bosen dengan kencan yang gitu-gitu aja? Cuman sekadar jalan-jalan terus makan gitu? Kalau bosen, …