Buat kamu CAMABA, ini lho jalur pendaftaran masuk UNY | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / PMB UNY / Buat kamu CAMABA, ini lho jalur pendaftaran masuk UNY

Buat kamu CAMABA, ini lho jalur pendaftaran masuk UNY

Berbicara tentang mahasiswa tidak lepas dari bagaimana proses penerimaan mahasiswa baru, dan juga tidak boleh lupa bagaimana proses perjuangannya. Lalu di tahun 2018 ini, bagaimana proses penerimaan mahasiswa baru di UNY? Ada jalur apa saja? Yuk mari simak.

  1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur SNMPTN merupakan jalur penjaringan prestasi akademik. Artinya bahwa jalur ini menggunakan nilai prestasi dan nilai rapot selama sekolah di SMA/SMK. Dilihat dari prosesnya, pastinya banyak nih yang pengen banget bisa langsung lolos lewat jalur SNMPTN biar nggak ikut tes gitu. Karena tes masuk perguruan tinggi merupakan momok bagi sebagian siswa, dan juga dirasa susah. Makanya banyak siswa pengen banget sekali daftar kuliah langsung lolos di jalur ini. Padahal juga nggak semudah itu. Meskipun menurut kamu nilai rapotmu baik, punya prestasi juga, mungkin kamu juga bisa kalah dengan peserta lain. Jadi pesannya, kamu boleh aja pengen lolos di jalur ini, tapi jangan terlalu berharap. Pesertanya yang daftar banyak lho, siswa se-Indonesia. Tapi juga nggak boleh pesimis, yang penting tetep mencoba ya.

Baca Juga  Tanda-tanda ketika kamu, Mulai jatuh cinta kepada dia

Oiya, jadwal pendaftaran SNMPTN mulai tanggal 21 Februari-6 Maret 2018. Jangan lupa daftar ya. Usahakan jangan daftar di hari-hari terakhir. Terus pengumumannya tanggal 17 April 2018. Tetap semangat calon mahasiswa! Semoga lulus dan lolos!

  1. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

 

Buat kamu yang nggak lolos jalur SNMPTN, tenang masih ada jalur SBMPTN kok. Iya sih emang pake tes, dan ini saatnya kamu berjuang meraih mimpimu dengan cara dan kerja kerasmu sendiri. Lulus atau tidaknya dari jalur ini kan dari hasil tesmu bagaimana? Dan semua itu kamu lakukan dengan berjuang keras. Berbeda dengan jalur SNMPTN yang menggunakan nilai rapot, pastinya nilai rapot rata-rata juga baik karena yang ngasih nilai juga guru sendiri. Nah kalau jalur ini? Kamu perlu putar otak mencari jawaban yang dirasa benar. Tenang sob tenang. Karena Tuhan bersama pejuang SBMPTN! Bismillah lolos SBMPTN!

Pendaftaran SBMPTN mulai tanggal 5-27 April 2018. Jadwal ujian tertulis tanggal 8 Mei 2019 sedangkan jadwal ujian keterampilan tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018. Terus pengumumannya tanggal 3 Juli. Siapkan mental, fisik, dan juga semangat buat persiapan SBMPTN ya! Ingat disela-sela waktu, manfaatkan waktu buat belajar. Cari contoh soal SBMPTN tahun lalu, coba kepoin atau tanya-tanya kakak tingkat gimana tips dan trik jawab soal tes SBMPTN. Yosh semangat!

  1. SM (Seleksi Mandiri)
Baca Juga  Butuh Tempat Nongkrong Asyik Di Kampus UNY? 5 Spot Asyik Ini Bisa Kamu Kunjungi!

Buat kamu yang masih belum lolos di jalur SBMPTN, tenang sob UNY masih punya jalur SM (Seleksi Mandiri). Nah Jalur SM ini ada 4 macam. Pertama, SM Berbasis Prestasi. Jalur ini mirip dengan jalur SNMPTN, bedanya kalau jalur SM Prestasi ini menggunakan nilai rapot, nilai ujian nasional, dan juga sertifikat kejuaraan (kalau ada). Dulu saya masuk UNY juga pakai jalur SM Prestasi ini. Jalur ini membantu banget buat yang nggak mau ikut tes lagi. Pokoknya kalau ada penawaran jalur tanpa tes, coba aja. Siapa tahu memang beruntung. Pendaftaran SM Prestasi mulai tanggal 2 Juni- 29 Juni 2018. Terus pengumumannya juga cepet banget dari rentang waktu hari terakhir pendaftaran. Yup, pengumumannya tanggal 6 Juli 2018.

Kedua, SM Utul (Ujian Tulis). Nah kalau jalur ini juga mirip-mirip seperti SBMPTN. Salah satu yang menjadi pembeda bahwa lokasi yang digunakan untuk tes juga di kampus UNY. Berbeda dengan SBMPTN yang juga memanfaatkan sekolah lain sebagai tempat tes. Jadi, buat calon mahasiswa rantau yang notabene bukan anak Jogja, mungkin sedikit kebingungan dengan keadaan ini. Mungkin bisa menginap beberapa hari di rumah saudara yang ada di Jogja sampai hari-hari tes berakhir. Pendaftaran SM Utul mulai tanggal 9 Juni-14 Juli 2018. Pelaksanaan tes tertulis tanggal 22 Juli 2018 sedangkan tes keterampilan tanggal 23-24 Juli 2018. Wah pasti deg-degan banget ya. Udah deh, ini terakhir aja, nggak mau ikut tes-tes lagi. Adek lelah 🙁 huhu

Baca Juga  Taman Ki Hajar Dewantara UNY Sebagai ‘Payung Teduhnya’ Mahasiswa

Ketiga, SM Kerjasama. Pada jalur ini diselenggarakan atas kerjasama antara UNY dengan instansi pemerintah/swasta. Pendaftaran SM Kerjasama ini mulai tanggal 9 Juni-14 Juli 2018. Tes tertulis tanggal 22 Juli 2018 dan tes keterampilan tanggal 22-23 Juli 2018. Pengumumannya sama seperti SM Utul, yup tanggal 31 Juli 2018.

Paparan di atas merupakan hal-hal yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di UNY. Semoga dapat membantu kawan-kawan yang mau daftar kuliah.

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …