Refleksi Diri Perjalanan Kuliah dari Tiap Semester | UNY COMMUNITY
Saturday , 16 February 2019
Home / Mahasiswa Banget / Refleksi Diri Perjalanan Kuliah dari Tiap Semester

Refleksi Diri Perjalanan Kuliah dari Tiap Semester

Wah nggak terasa udah bulan Juli ya gengs. Bulan dimana dikatakan mahasiswa sebagai musim libur semester. Selain itu juga sebagai pijakan langkah untuk menempuh semester baru. Kalian semester berapa nih gengs? Semester 3? Semester 5? Semester 7? Sebentar lagi mau menempuh semester ganjil kan? Sudah siap kah? Gengs, saat memulai semester baru kelak, kita jangan asal menjalankannya.

Ada baiknya kita merefleksikan diri perjalanan kuliah kita dari tiap semester ke semester berikutnya. Refleksi diri disini maksudnya adalah merenungkan kembali apa yang sudah terjadi dan yang kita lakukan. Bagaimana caranya?

Berusaha untuk berbenah diri

Berusaha untuk berbenah diri
pic : art.pks.id

Kita sebagai mahasiswa pasti tidak lepas dari kesalahan, baik kesalahan yang memang dengan sengaja kita buat sendiri atau tidak sengaja. Karena kita mahasiswa yang sudah sepantasnya berpikir dewasa, maka sepantasnya pula kita juga berusaha berbenah diri dan memperbaiki kesalahan yang pernah kita perbuat. Misalnya saja saat kuliah dari tiap semester kita sering bangun kesiangan dan menyebabkan kita terlambat masuk kelas sehingga kita tidak mendapatkan pelajaran dari dosen. Dipikir lebih lanjut hal tersebut pasti merugikan kita kan gengs? Sudah kuliah merantau, bayar mahal pula, tetapi tidak mendapatkan pelajaran dari dosen. Nah baiknya kita mencoba untuk merubah sikap kita. Ya mencoba untuk bangun pagi. Misalnya paling enggak sampai kelas terlambatnya 15 menit, biasanya dosen kan memberi keringanan waktu, nah tetapi jangan terpaku pada hal tersebut. Kita harus berusaha lebih keras agar tidak terlambat lagi.

Baca Juga  Sudut-sudut Romantis Kampus UNY

Belajar dari pengalaman yang pernah terjadi

Belajar dari pengalaman yang pernah terjadi
pic : idquote.info

Pengalaman merupakan anugerah yang diberikan Tuhan agar kita bisa berpikir dan merenungkan kembali apa yang telah terjadi. Kita tidak akan tahu apakah kita sudah menjadi mahasiswa yang baik atau belum tanpa adanya pengalaman. Misalnya dari tiap semester setiap kalian ada tugas, selalu menunda untuk mengerjakannya dan berujung pada keteteran sehingga hasilnya tidak maksimal. Ada baiknya kita merenungi hal tersebut. Dari pengalaman yang sudah-sudah ternyata menunda pekerjaan tidak enak kan gengs? Nah maka saat berganti semester besok, diusahakan jangan suka menunda pekerjaan lagi ya. Camkan baik-baik pengalaman yang sudah-sudah.

Ingat baik-baik tujuanmu: “Kuliah yang benar”

#702 Perjalanan Kuliah

Dari pengalaman yang sudah-sudah misalnya kalian mengalami gangguan bisnis dan percintaan yang menyebabkan nilai kuliah turun. Gengs, boleh saja kamu sebagai mahasiswa juga sambil bisnis, tapi tolonglah ingat petuah orang tuamu yang hanya menginginkan kamu kuliah dengan benar. Kalau kamu kuliah sambil bisnis dan nggak sampai menurunkan nilaimu itu sih nggak papa ya gengs. Selain masalah bisnis, ada pula masalah percintaan. Iya, kamu kan masih muda jadi wajar saja mengenal cinta. Tapi dibawa santai aja gengs kalau cinta. Perkara temanmu udah ada yang nikah ya cuek aja, kamu harus mikirin kuliahmu selesai dulu baru bisa mikirin soal cinta dengan serius. Dibawa santai aja ya, jodoh nggak akan pergi kemana-mana kok.

Baca Juga  Ingin Pagimu Semakin Menawan? Lakukan 5 Hal Berikut

Yuk kawan kita sama-sama merefleksikan diri perjalanan kuliah kita. Semoga ke depannya bisa kuliah dengan lancar sekalipun ada rintangan kita bisa mengatasinya. Semangat!

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …

X