Renungan Mahasiswa Tingkat Atas | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Renungan Mahasiswa Tingkat Atas : Saya Pernah dan Akan Menjadi “MABA” yang Memiliki Masa Depan

Renungan Mahasiswa Tingkat Atas : Saya Pernah dan Akan Menjadi “MABA” yang Memiliki Masa Depan

Akan ada fase menjadi tua. Dalam lingkup akademisi pun, istilah mahasiswa tua akan muncul saat seseorang telah menapaki masa semester 7, 8, dan sebagainya. Masa di mana kamu akan sering dibayangi yang dulu-dulu. Masa di mana kamu pun akan dibayangi kehidupan yang akan datang. Fase di mana kamu pun perlu merenungkan hal berikut ini.

1. Dulu: Menjadi Maba (Mahasiswa Baru) dengan berjuta agenda hidup

ospek uny

Mari, flashback saat paling pertama kamu dinyatakan sah menjadi mahasiswa. Secara umum, kamu akan bersukacita dan memiliki rasa semangat yang menyala. Seolah ke depan jalan panjang itu terbuka lebar untuk kamu tapaki. Berbagai kesempatan kamu coba, bahkan tidak jarang melalui aksi coba-coba itu justru kamu menemukan passion-mu yang sesungguhnya. Organisasi ini itu, perkumpulan ini itu, entah itu sebelumnya memang passion-mu atau bukan, tidak ragu kamu masuki demi mereguk pesona “kaya pengalaman”. Mungkin hanya beberapa saja yang akan bertahan sesuai dengan minatmu yang sebenarnya dan yang lain dengan lantang kamu tanggalkan. Apa yang telah ditanggalkan pun pasti menyisakan ceritanya sendiri. Dari sana pula kamu akan semakin banyak mengenal bahkan dikenal. Kuantitas perkenalan akan menjadikanmu sebagai maba dengan berjuta agenda hidup. Temu sana, temu sini, diskusi ini diskusi itu, dan semacamnya. Saking asiknya memiliki dunia baru, kadang tugas kuliah pun agak terabaikan.

Baca Juga  Tentang Hotspot Yang Bernama YSU

 2. Kini: Menyambut fase menjadi Maba (Manusia Baru) yang memiliki masa depan

new-life-road-sign

Up, tataplah apa yang ada di depanmu sesungguhnya. Yang lalu biarlah berlalu dan memiliki esensi masing-masing. Kamu harus menjadi kini yang berani menyambut dan mencapai masa depan terbaik itu. Yes. Lakukan berbagai hal baik dan yang jelas bisa membawamu pada perubahan apik. Kamu akan menjadi manusia baru yang berhak atas masa depanmu. So, don’t be afraid to try

Renungkanlah dua sisi menjadi maba tersebut. Kelak kamu akan menemukan kebenaran dari apa yang kamu renungkan itu.

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Ungkapan Cinta Ini untukmu “Yogyakarta”

Dear: Yogyakarta dan miniatur aktivitas yang terkandung di dalamnya Aku jatuh cinta padamu dari pertama …