Pojok #UNYuUKM

Sapa ORMAWA 2019 : UKMF REALITY FIP UNY Kabinet Keluarga

Sebuah pepatah pernah mengatakan, “Kampus tanpa adanya pergerakan ialah sama saja dengan sirkus tanpa pertunjukan.”

Sebagai salah satu dinamika dalam berkegiatan di kampus, mahasiswa biasanya terhimpun dalam sebuah ormawa. Ormawa atau organisasi mahasiswa pada umunya terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Pada tingkat fakultas juga memiliki BEM Fakultas hingga pada jenjang program studi juga memiliki Himpunan Mahasiswa atau acap disebut HIMA.

Selain itu, untuk menunjang fungsi pengembangan bakat minat hingga keahlian tertentu diwujudkanlah dengan kehadiran UKM. UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa khususnya di lingkungan akademik Universitas Negeri Yogyakarta biasanya terbagi menjadi UKM tingkat universitas dan UKM tingkat fakultas (UKMF).

Tak terkecuali di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Fakultas bermakara hijau dengan maskot “Feo”, Si Burung Hantu ini juga memiliki ORMAWA dalam bentuk UKMF khususnya UKMF pada bidang penelitian, jurnalistik dan wadah generator iklim kepenulisan bernama UKMF PENELITIAN “REALITY”.

Berikut ini  ulaskan mengenai UKMF REALITY

  • “Wat Het Is REALITY  ? “   Apa itu UKMF REALITY ?

Sebagai sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak khususnya pada spesialisasi penelitian,kepenulisan, dan penalaran UKMF REALITY menjadi wadah mahasiswa untuk saling sharing dan membelajarkan.

Sekretariat UKMF REALITY sendiri  berada di gedung ormawa Fak.Ilmu Pendidikan Lantai1,Kampus Karangmalang. Jika berminat bergabung pada kepenguruan baru yang akan segera dibuka jangan lupa mengikuti portal online di offial akun @realityfipuny.

  • Kabinet Keluarga Diusung Menjadi ‘Gerak Langkah’ Kepengurusan Tahun Ini
Baca Juga  Teruntuk Kakak Mahasiswa Tingkat Akhir, Semangat Berjuang Meraih Toga Ya

Dengan lebih dari satu dekade ikut menumbuhkan iklim kepenulisan khususnya di lingkup Fakultas,UKMF REALITY terus bergerak dan berbenah. Banyak sekali agenda yang digagas sekaligus ditelurkan oleh UKMF dibawah bimbingan Bapak Dr.Hermanto M.Pd ini.

Belum lama ini UKMF REALITY berhasil menyelenggarakan event akbar tiap tahun yaitu RWrC #6 (Reality Writing Competition ) hingga Workshop Program Kreativitas Mahasiswa Baru (PKM) di Laboratorium Prodi PG PAUD. UKMF REALITY juga aktif  turut meramaikan perkembangan pembelajaran melalui forum-forum kepenulisan baik fiksi maupun nonfiksi.

Tahun ini sendiri,setelah mengusung nama kabinet kepengurusan #PendekarREALITY, UKMF REALITY bertransformasi menjadi #KeluargaREALITY.

Nama Kabinet Keluarga dipilih dengan filosofi nilai yang mengandung esensi Kerjasama Dalam/untuk Berkarya dan Berorganisasi.

  • “Wie is de REALITY vader en moeder ? “, Bapak-Ibu  UKMF Reality

Tahun ini, UKMF REALITY berkomitmen pada kepengurusan baru untuk belajar dan bergerak bersama pada ‘ jalan ninja’ bersama Bapak dan Ibu.

Angga Catur Laksana dari Teknologi Pendidikan 2016 secara resmi menjadi Bapak #KabinetKeluarga bersama Ayuningtyas Dian dari Psikologi 2016.

Bersama UKMF REALITY, siap mengajak dan menempamu menjadi insan-insan pendidik muda yang mampu berpikir cerdas dan berwawasan luas.

  • Anak-Anak Kabinet Keluarga, Divisi dalam Naungan UKMF REALITY
Baca Juga  11 Alasan Kenapa Mereka Memilih Bekerja dan Mencari Uang dari Rumah

Dalam upaya optimalisasi basis-basis kepenulisan dan iklim penelitian serta kultur ilmiah, UKMF REALITY memiliki garis sub-unit yang lebih kecil berupa sebuah divisi yang akan membawahi para ‘anak-anak’ (read:staff) dan anggotanya.

Dalam naungan UKMF REALITY, sebagai penyokong luar-dalam dan potensi penggerak mahasiswa terdapat Divisi PSDM. Tahun ini, digawangi Arif Cs dalam bidang pengembangan sumber daya.

Pengelolaan dan akses informasi serta output majalah “REMAGZ” menjadi jangkauan kerja Divisi Media dan Jaringan yang digawangi Evania (TP 2017) berkolaborasi dengan  Chinthya Karina (PG PAUD 2017). Ada pula tim pusat pengkaryaan mahasiswa yang salah satu program kerjanya bersinggungan dengan PKM yaitu Divisi PM dengan Ketua Eva Nur Harifah (PGSD 2017).

Terakhir divisi dengan anggota terbanyak, yaitu Divisi Studi Kepenulisan Kampus yang membawahi Kampus Pusat, Kampus Mandala hingga Wates. Divisi ini dinakhodai oleh Anggi Prahastuti (PG PAUD 2017)

  • Nyalakan Notifikasi Untuk Mendapatkan Info Event Terbaru !

Sebelum mengakhiri periode kepengurusan tahun ini, masih banyak agenda seru yang disiapkan UKMF REALITY.

Sedikit bocoran, akan ada Kelas Esai dua putaran, Dolan Ilmiah, Penyuluhan Businees Plan hingga agenda seru yang sangat rekomen untuk para mahasiswa baru FIP UNY 2019 yaitu #EksplorasiDatangLagi, Eksplorasi 2019.

Kegitan pra-pembukaan kepengurusan ini tentunya akan menjadi bekal dan wawasan sebelum bergabung menjadi pengurus.

Tentrem Restu Werdhani

Belajar menulis untuk mengisi apa yang belum diketahui . Bisa diikuti potret kegiatannya di instagram @pramudhiyawardhani .

Related Articles

Back to top button
Close
X