Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Sebab Hidup Adalah Perjuangan, Kuliah Di Jurusan Kurang Populer Pun Bisa Membuatmu Jadi Orang Hebat

Tahun ajaran baru sudah datang. Saatnya para mahasiswa baru memasuki bangku kuliah. Ada ribuan mahasiswa baru yang kuliah di universitas seluruh Indonesia. Dan ribuan mahasiswa tersebut berada di jurusan yang berbeda-beda pastinya. Setiap jurusan pastinya memiliki daya tampungnya masing-masing setiap tahunnya. Bagi mereka yang ingin kuliah di PTN dan ingin masuk ke jurusan favorit pastinya harus bersaing seketat mungkin. Karena daya tamping tidak sesuai dengan besarnya animo pendaftar.

pic : youthmanual.com

Jurusan yang familiar dengan banyaknya jumlah pendaftar adalah jurusan manajemen, akuntansi, hukum, dan masih banyak lagi lainnya. Tetapi bukan jaminan jurusan lain sepi peminatnya. Semua jurusan yang ada di perguruan tinggi negeri pastinya memiliki daya saingnya tersendiri. Tetapi ada beberapa jurusan yang memiliki tingkat kepopuleran yang rendah. Seperti jurusan filsafat dan sejarah. Kedua jurusan tersebut memiliki kemapanan dalam bidang ilmu pengetahuan tetapi sayangnya tidak memiliki kepopuleran seperti jurusan hukum ataupun akuntansi.

Rendahnya kepopuleran tersebut diakibatkan karena persepsi orang yang memandang prospek kerja kedepannya dari jurusan yang ia pilih saat kuliah tidak menjanjikan. Akhirnya beberapa jurusan tersebut tidak menjadi tujuan utama para calon mahasiswa untuk memasukinya. Sepertinya persepsi ini sudah mengakar rumput sejak lama sampai sekarang pun masih terjadi dan terulang selalau. Sebenarnya bukan jurusan yang tidak menjanjikan pekerjaan. Tetapi pikiran kita sendiri lah yang mensugesti diri kita bahwa jurusan yang tidak populer tersebut. akan relevan kah atau tidak jika nanti bertarung di dunia kerja. Dan itu terwujud dalam sebuah rasa takut yang ada di dalam diri kita sendiri.

Baca Juga  Ingin Kuliah di Ilmu Komunikasi UNY, Kamu Wajib Baca Ini!

Mau kuliah di jurusan apapun itu baik populer ataupun tidak popular pastinya memiliki manfaatnya masing-masing. Kuliah di jurusan yang populer memang peluang kerja banyak tetapi juga yang perlu diingat adalah pesaing buat masuknya pun ikut banyak juga. Sedangkan berbanding terbalik dengan kuliah di jurusan yang tidak populer memang peluang kerjanya sedikit tetapi saingan yang kita miliki pun juga sedikit. Kuliah itu bukan sekedar jurusan yang populer, tetapi juga bagaimana mengamalkan ilmu kuliah itu di masyarakat. Dan yang terpenting untuk kuliah adalah bagaimana kita membangun relasi dan meningkatkan skill kita juga. Agar nantinya mencari pekerjaan dengan mudah dan tidak hanya mengandalkan ijazah saja.

Baca Juga  Kolam Renang FIK UNY; Kolam Renang Kebanggaannya Mahasiswa UNY

Khairul Ma'Arif

Mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X