Pojok #UNYuTips

5 Tips Yang Perlu Dipersiapkan Dan Diperhatikan Saat Datang Ke Jobfair

Halo mahasiswa UNYu! Ada yang udah kenal sama jobfair? Masih asing? Atau udah pernah ikutan malahan?

Jobfair atau bursa kerja adalah suatu acara yang isinya berbagai perusahaan dan institusi berkumpul. Ngapain? Ya buat rekrutmen lah… Fungsinya buat mereka yang membutuhkan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Jobfair ini biasanya diselenggarakan oleh kampus, dinas ketenagakerjaan, atau lembaga swasta lainnya. Nah kali ini kita akan bahas mengenai lima tips apa aja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan saat datang ke jobfair.

pic : instagram.com/unyofficial/

Yang pertama, mempersiapkan dokumen lamaran, bukan lamaran nikah ya tapi lamaran pekerjaan. Isinya bisa CV dan resume diri kita. Siapkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy ya! Pastikan membawa dokumen lamaran yang cukup, jadi lebih dari satu ya, supaya proses melamar kerja tidak terhambat karena kehabisan dokumen lamaran. Perlu juga mempersiapkan dokumen seperti surat lamaran kerja, pastikan surat lamaran kerja tertuju kepada perusahaan yang diinginkan untuk melamar kerja.

Yang kedua, perhatikan outfit saat datang ke jobfair. Outfit  tentu sangat berpengaruh saat datang ke bursa kerja. Tidak perlu menggunakan pakaian yang terlalu formal seperti menggunakan jas, gunakanlah pakaian semi formal seperti kemeja dan celana atau rok. Dengan hal itu rekruter akan tetap melihat kamu sebagai salah satu job seeker yang berpakaian rapi.

Yang ketiga, persiapkan diri untuk wawancara dadakan. Akan lebih baik jika saat melamar pekerjaan langsung diajak untuk melakukan wawancara face-to-face. Selain mempercepat jangka waktu bekerja, dengan wawancara saat jobfair berlangsung kita dapat menunjukan pada rekruter bahwa kita adalah orang yang memiliki persiapan yang baik. Oleh karena itu harus selalu siap jika rekruter mengundang langsung untuk melakukan wawancara.

Baca Juga  Ibu, Dengarkan Pengakuanku. Aku Rindu Omelanmu

Yang keempat, kunjungi dan perhatikan semua booth di jobfair. Apasih tujuannya? Tujuannya ya supaya dapat kesempatan melamar pekerjaan lebih luas, dan menjalin relasi dengan orang-orang dari perusahaan tersebut serta menjalin relasi dengan para job seeker yang sedang mencari pekerjaan. Dengan memperhatikan semua booth perusahaan di jobfair, kamu dapat memperhatikan budaya mereka bekerja saat ada di bursa kerja. Nah dari situlah kita dapat memperkirakan apakah kita adalah orang yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut, sehingga kamu dapat memiliki pertimbangan lain saat mendaftar kerja di perusahaan selain dari pekerjaan yang ditawarkan.

Yang kelima, ambil flyer ataupun sampel produk perusahaan jika disediakan. Pada saat jobfair, perusahaan memberikan informasi dalam bentuk flyer atau brosur. Dengan informasi yang disediakan di flyer, kita dapat mengetahui beberapa info, sehingga tidak perlu menanyakan lagi hal yang sudah dijelaskan pada brosur. Banyak juga yang memberikan sampel gratis produk perusahaannya saat kamu mengunjungi booth mereka. Ambil saja sampel yang diberikan, lumayan untuk oleh-oleh dari bursa kerja. Jika perusahaan hanya memberikan kamu satu sampel saja, jangan meminta sampel lebih yaa!

Baca Juga  Pengen Kuliahmu lancar , “Cintailah Dosenmu, Sayangilah Temanmu”

Nah itu tadi lima tips untuk para calon sarjana UNYu, semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button
Close
X