JogjakuWisata

Sendang Ngembel, Kilauan Permata Hijau dan Altar Persembahan

Hari belum juga beranjak siang. Titik-titik embun masih enggan beranjak dari keasyikannya bergelantungan di ujung daun-daun. Kami bergegas, keindahan Sendang Ngembel memaksa kami untuk segera mempercepat laju kendaraan. Ingin rasanya segera mengecup eloknya sendang yang terletak di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

Sendang Ngembel

Sendang yang nyaris berbentuk bundar menyambut kami. Mata begitu dimanjakan oleh bentangan air berwarna hijau yang menghampar. Lumut yang tumbuh di dasar sendang menyebabkan air berwarna hijau. Sinar matahari yang menerpa sendang, membuat Sendang Ngembel sekilas seperti permata hijau yang berkilau dengan sangat cantiknya. Jajaran Pohon Gayam di sepanjang tepian sendang seolah barisan serdadu yang siap sedia menjaga keasrian sendang dari tangan-tangan jahil. Pohon Gayam dipercaya memang bisa menangkap dan menyimpan air selama musim hujan.

Tepat di tengah Sendang Ngembel terdapat semacam pulau kecil dengan ukuran 2,5 m x 2,5 m yang ditumbuhi tiga Pohon Cemara. Pada masing-masing pulau terdapat semacam meja kecil yang terbuat dari batu. Konon, meja kecil itu merupakan altar persembahan untuk meletakkan sesaji. Pulau kecil itu dihubungkan oleh sebuah jalan setapak kecil dari pinggiran Sendang Ngembel. Untuk selalu di ingat, agar para pengunjung tetap menjaga kesopanan baik tutur kata dan tingkah laku selama mengunjungi sendang ini.

Baca Juga  Mau Ngabuburit Asyik? Kunjungi 5 Spot Berikut Ini

Para pengunjung bisa menikmati sejuknya udara, sambil bersantai dalam gazebo yang bisa dipakai oleh pengunjung. Untuk menuju Sendang Ngembel dari Kota Jogja, para pengunjung bisa mengambil rute melewati Kasongan menuju Desa Wisata Krebet. Setelah itu tinggal mengikuti jalan lurus saja dari Desa Krebet menuju LP Pajangan. Banyak papan petunjuk yang bisa ditemukan di sepanjang jalan.

Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X