Artikel

Seperti Inilah Bacaan Doa Orang Meninggal Perempuan

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa semua makhluk ciptaan Allah pasti akan kembali lagi pada-Nya. Ketika seseorang dihadapkan pada kematian, maka seluruh amalannya akan terhenti karena jasad tersebut sudah tidak bisa lagi beramal.

Kendati demikian, orang yang sudah meninggal masih bisa mendapatkan kebaikan serta amalan, entah itu dari kiriman doa, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta doa anak yang sholeh. Agar bisa mendoakan kebaikan kepada jenazah khususnya jenazah perempuan, tentu kita harus mengetahui dulu bacaan doa orang meninggal perempuan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Bacaan Doa Orang Meninggal Untuk Perempuan

Allahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-I wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zauji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka”.

Hadits Tentang Anjuran Mendoakan Kebaikan Pada Jenazah

Kematian adalah salah satu kejadian yang memang sudah menjadi takdir bagi setiap makhluk bernyawa, termasuk manusia. Setelah meninggalkan dunia yang fana, kita pun akan memasuki alam kubur dimana semua amalan di dunia akan dimintai pertanggungjawaban.

Baca Juga  LEGATO HIMA PKnH

Bukan hanya itu, kita juga akan mendapatkan balasan dari semua amalan baik yang telah kita amalkan selama hidup di dunia. Bahkan, kita pun bisa memberikan kebaikan yang dapat menolongnya di akhirat dengan cara mendoakan kebaikan kepada jenazah.

Dilansir dari salah satu situs Islam ternama, yang menyebutkan bahwa doa seorang muslim yang memohon kebaikan serta ampunan bagi jenazah akan bermanfaat bagi sang jenazah saat di alam kubur nanti.

Bukan hanya itu, bahkan Rasulullah SAW juga menganjurkan kita untuk mendoakan kebaikan kepada jenazah. Sebagaimana yang sudah disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim yang berbunyi :

Dari Ummu Salamah RA ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat meng-amini terhadap apa yang kalian katakan” (H.R. Muslim).

Baca Juga  Tips Memilih Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Aman

Adab Melayat Orang Meninggal

Islam memang menjadi agama yang paling sempurna, karena pada semua aspek kehidupan manusia harus disertai dengan adab. Begitu pun ketika melayat orang meninggal, dimana terdapat adab-adab yang harus kita ketahui seperti berikut :

  1. Harus menggunakan pakaian yang sopan dan tidak berdandan menor
  2. Menunjukkan rasa duka yang mendalam dengan menampakkan raut duka
  3. Jangan terlalu banyak bicara dalam suasana duka
  4. Jangan mengumbar senyuman, karena hal itu bisa menimbulkan perasaan tidak suka.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X