Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Sistematika Penyusunan Tugas Akhir Skripsi

Skripsi adalah karya tulis terakhir yang harus mahasiswa lakukan sebagai syarat mendapatkan gelar S-1. Mengerjakan skripsi bagaikan momok menakutkan bagi para mahasiswa. Stigma banyak revisi, dosen pembimbing killer, rutinitas begadang, dan data skripsi yang rawan hilang makin membuat galau mahasiswa yang akan mulai mengerjakan skripsi.

Eittsss… Sahabat UNYu tahu ngga, sih. Stigma itu semua sebenarnya bersifat relatif. Maksudnya, ngga semua mahasiswa dapat dosen pembimbing killer. Ngga semua mahasiswa juga akan dapat banyak revisi tanpa henti, atau bakal rajin begadang terus, atau risiko menakutkan lainnya. Semua kembali pada mindset masing-masing.
Nah, agar kenal lebih jauh tentang skripsi, tak ada salahnya Sahabat UNYu tahu struktur skripsi secara garis besar seperti apa. Penjelasan struktur ini diambil dari softfile Suplemen Tugas Akhir Fakultas Bahasa dan Seni yang ada di website fakultas FBS UNY. Meski dari salah satu fakultas UNY, gambaran di bawah ini sangat membantu mahasiswa untuk tahu sistematika skripsi secara umum. Jadi, simak baik-baik, ya!

1. Bagian Depan pada bagian ini dimuat hal-hal berikut ini.

  • Halaman Sampul memuat judul, maksud penulisan, lambang UNY, nama dan nomor mahasiswa, nama program studi dan atau jurusan, nama fakultas, nama universitas, bulan dan tahun penyelesaian. Sampul dibuat dari kertas karton tebal dengan warna ungu (misalnya: Asturo nomor M-17).
  • Halaman Putih Kosong dimaksudkan untuk perantara antara halaman sampul dan halaman selanjutnya.
  • Halaman Judul memuat informasi yang sama dengan halaman sampul. Bedanya, halaman ini dicetak pada kertas biasa berwarna putih (tidak tebal).
  • Halaman Persetujuan memuat judul, nama, dan nomor mahasiswa, serta tanda tangan dan nama terang kedua pembimbing tugas akhir. Halaman ini menunjukkan persetujuan bahwa bimbingan sudah selesai dan tugas akhir telah siap untuk diujikan.
  • Halaman Pengesahan memuat bukti pengesahan administratif dan akademik oleh tim penguji dan dekan fakultas. Halaman ini berisi judul skripsi, nama, nomor mahasiswa, kalimat pengesahan beserta tanggal, susunan tim penguji dengan nama dan tanda tangan, tanggal pengesahan, dan nama serta tanda tangan dekan.
  • Halaman Pernyataan memuat pernyataan penulis bahwa karya ilmiah yang ditulisnya adalah benar-benar karyanya sendiri dan tidak menjiplak karya orang lain kecuali sebagai kutipan terujuk.
  • Halaman Persembahan memuat kata-kata mutiara dan atau kata-kata persembahan yang dianggap penting yang berpengaruh terhadap seluruh proses penyusunan tugas akhir. Halaman ini bersifat manasuka.
  • Kata Pengantar memuat informasi secara umum mengenai maksud penulisan tugas akhir dan ucapan terima kasih kepada pihakpihak yang telah berjasa. Wacana tersebut disusun dalam bentuk esai.
  • Daftar Isi memuat secara rinci isi keseluruhan naskah tugas akhir lengkap dengan nomor halaman, mulai dari kata pengantar sampai dengan lampiran. Komponen isi naskah tugas akhir yang dicantumkan dalam daftar isi dapat meliputi bab, subbab, dan anak subbab. Harap dipertahankan keajegan (konsistensi) dalam pencantuman komponen-komponen ini.
  • Daftar Tabel (jika ada) memuat nomor urut, judul tabel beserta nomor halaman tempat tabel tersebut disajikan.
  • Daftar Gambar (jika ada) berisi nomor urut, judul gambar beserta nomor halaman tempat gambar tersebut disajikan.
  • Abstrak disusun dengan komponen-komponen sebagai berikut: judul skripsi, nama dan nomor mahasiswa, kata ABSTRAK, dan isi abstrak. Isi abstrak ditulis dalam tiga paragraf. Paragraf pertama berisi uraian singkat mengenai permasalahan dan tujuan penelitian. Paragraf kedua berisi uraian singkat cara penelitian beserta komponen-komponennya. Paragraf ketiga berisi hasil penelitian.Bagian Pokok
Baca Juga  Untukmu yang Merasa Sakit, ¬†Manfaatkanlah Fasilitas Kampus Berikut

2. Bagian Pokok

  • Bagian ini ialah bagian isi yang memuat seluruh isi TAS, mulai dari pendahuluan sampai dengan penutup. Komponen-komponen yang ada pada bagian pokok/isi ini harus sesuai dengan butir-butir yang tertulis dalam Daftar Isi.
  • Daftar Pustaka memuat daftar buku, jurnal, laporan penelitian, dan sumber-sumber rujukan lain yang digunakan dalam penulisan tugas akhir.

3. Bagian Belakang

Bagian ini memuat semua lampiran yang berupa dokumen atau bahan yang digunakan untuk menunjang penyusunan TAS, tetapi yang dianggap terlalu mengganggu untuk dimasukkan pada bagian isi/pokok. Pemilihan lampiran dilakukan sedemikian rupa sehingga hanya bahan-bahan yang relevan saja yang dilampirkan. Catatan lapangan (field notes) juga dapat dilampirkan.

Baca Juga  Rasanya Kamu Belum Resmi Disebut Anak Kost, Jika Belum Ngalamin Hal-hal berikut Ini

Nah, itulah struktur/sistematika skripsi secara umum. Semoga semua Sahabat UNYu bisa mempersiapkan jiwa raga sebaik mungkin untuk menyelesaikan kewajiban skripsi. Jadikan skripsi sebagai motivasi untuk kita yang sedang melakukan pemanasan untuk raih mimpi. Semangat, Sahabat UNyu!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X