PMB UNYPojok #UNYu

SM Prestasi Unggul, SM Prestasi Akademik, SM Talent Scouting Apa Bedanya? Berikut Penjelasannya

Halo Pejuang UNY, gimana persiapannya buat seleksi mandiri? Katanya pengen masuk UNY, katanya pejuang, kok masih males-malesan. Seleksi mandiri UNY sudah didepan mata, jangan kasih kendor semangatnya. Buat kamu calon mahasiswa baru UNY, kita punya info menarik nih buat kalian. Jadi seleksi buat calon mahasiswa baru di UNY terdiri beberapa jalur selesi mandiri yang bisa kamu ikuti diantaranya adalah: SM S1 – Prestasi Unggul, SM S1 – Prestasi Akademik dan SM – Talent Scouting.

Nah, ketiganya memiliki kriteria masing-masing. Yuk simak ulasannya

  1. SM S1-Prestasi Unggul

Ada yang pernah menang lomba dibidang seni? Olahraga? Olimpiade? Hafidz Al-Qur’an? Seleksi lewat jalur ini tepat banget buat kamu. Jadi seleksi Prestasi Unggul disediakan buat kamu yang memiliki prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik. Kriteria lainnya yaitu kegiatan yang kita ikuti minimal tingkat kabupaten/kota. Jadi mulai dicek lagi ya, jangan sampai gak masuk kategori. Siapa saja yang bisa mengikuti seleksinya? Kesempatan tersebut diberikan kepada lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018,2019, atau 2020. Gimana? Menarik bukan? Kalau udah mantap, siapkan berkasnya. Bagi peserta yang memilih prodi olahraga atau seni wajib menggunggah portofolio sesuai dengan pilihan prodinya. Jangan sampai salah masukin, hehe

Baca Juga  Kenali Program Studi Kebijakan Pendidikan, Prodi S1 Rasa S2

2. SM S1-Prestasi Akademik.

Dari nama saja sudah tergambar maksudnya kan? Betul, seleksi prestasi akademik didasarkan nilai rapor dan prestasi akademik yang diraih oleh siswa. Buat kamu yang sering juara/rangking kelas, nilai rapornya tinggi coba ikutan lewat jalur ini. Sama seperti Prestasi Unggul, lulusan yang dapat mengikuti seleksinya yaitu angkatan 2018, 2019, atau 2020. Bagi peserta yang memilih prodi olahraga atau seni wajib menggunggah portofolio sesuai dengan pilihan prodinya

3. SM Talent Scouting

Waduh apa nih maksudnya? Ini seleksinya gimana ya? Jangan khawatir, kami akan jelaskan. Jadi Seleksi Mandiri Talent Scouting adalah jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai rapor dan prestasi nonakademik. Jadi calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi ini memiliki Prestasi Non Akademik peringkat atau juara 1, 2 dan 3 serendah-rendahnya tingkat Kabupaten/Kota dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, bidang MTQ, bidang penalaran, bidang Seni dan bidang minat khusus (dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan dan divalidasi Lembaga yang kredibel). Tidak hanya itu, beberapa syarat lain yang perlu diperhatikan yaitu:

Baca Juga  Daya Tampung SM UNY 2016

– Bukti sertifikat yang didapatkan harus mencantumkan nama yang bersangkutan

– Membawa surat rekomendasi dari KONI minimal tingkat kota untuk prestasi dalam bidang olahraga; dan

– Setelah calon mahasiswa diterima wajib ikut dalam Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai dengan Prestasi yang dimiliki.

Gimana, tertarik mengikutinya? Siapkan berkasnya, karena peserta yang mengikuti jalur ini akan dilakukan Verifikasi/Tes Wawancara.

Buat kamu yang sedang berjuang masuk UNY, pantaskan dirimu karena banyak jalan menuju UNY. Sekian informasi dari kami, untuk informasi lengkapnya mengenai Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X