SNMPTN 2017 Catat Pendaftaran Yang Memecahkan Rekor | UNY COMMUNITY
Home / Artikel / SNMPTN 2017 Catat Pendaftaran Yang Memecahkan Rekor

SNMPTN 2017 Catat Pendaftaran Yang Memecahkan Rekor

Proses dalam penyeleksian perguruan tinggi negeri atau SNMPTN, untuk tahun 2017 telah genap berumur sepuluh tahun. Perayaan satu dasawarsa dalam tahun 2017 menjadi tahun yang khusus, lantaran pelamar SNMPTN 2017 telah memecahkan rekor paling tinggi dalam SNMPTN 2017. Panitia telah mencatat jumlah pendaftar SNMPTN meraih angka 893.323 orang.

Tingginya jumlah pelamar seleksi tanpa ada tes tersebut telah menjadi catatan bahwa dari angka data tersebut menunjukkan bahwa ketertarikan kuliah di PTN masihlah sangat tinggi. Bahkan bila dibanding dengan peserta SNMPTN 2016 lalu, jumlahnya berbeda jauh dan hal ini bertambah tajam. Yakni meraih angka 248.121 orang. Di tahun 2016, jumlah yang tercatat yang mendaftar SNMPTN yakni terdaftar 645.202 orang.

Selaku dari Ketum dari Panitia SNMPTN 2017, Ravik Karsidi. Menyampaikan panita bersukur kalau jumlah pendaftar SNMPTN 2017 begitu banyak. ’’Jumlah pendaftar mencapai 893.323 orang. Ini datang dari berbagai sekolah yaitu 18.002 unit sekolah di semua Indonesia”. Sedangkan, kata rektor UNS (15/3/2017). Disamping itu, kuota atau daya tampung SNMPTN untuk tahun ini berkisar di angka 100 ribu kursi.

Baca Juga  Daftar CAMABA LOLOS SM SBMPTN UNY 2018

Rektor kelahiran Sragen tersebut juga menerangkan terdapat banyak aspek yang mengakibatkan jumlah pendaftar SNMPTN 2017 naik tajam. Salah satunya yaitu beberapa PTN yang baru tahun 2017 bisa bergabung bersama melakukan SNMPTN. Seperti di ketahui universitas baru bisa menggerakkan SNMPTN sesudah beroperasi satu hingga dua tahun.

Info dari panitia SNMPTN menambahkan bahwa tahun 2016 lalu, hanya ikut bergabung SNMPTN diikuti 64 perguruan tinggi. Sementara, universitas negeri yang mengikut sertakan SNMPTN 2017 telah bertambah sepuluh unit. Hal ini pula yang menjadikan jumlahnya 74 instansi. Di antara PTN yang baru menggerakkan SNMPTN 2017 yaitu UPN Veteran Jogjakarta, Jakarta, serta Jawa Timur. Universitas baru yang lain juga yaitu Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Institut Teknologi Kalimantan (ITK) serta Universitas Timor (Unimor).

Ravik menerangkan sistem pendaftaran SNMPTN 2017 telah ditutup. Ini telah masuk tahapan pencetakan kartu peserta seleksi. Sesuai jadwal yang diputuskan oleh panitia SNMPTN 2017, saat pencetakan kartu sudah berjalan satu bulan, 14 Maret hingga 14 April. Dia menerangkan lantaran masihlah berjalan dua hari, jumlah pencetakan kartu peserta seleksi belum semua.

Baca Juga  Peringkat Universitas di Indonesia Versi 4ICU Juli 2018

Proses pencetakan kartu peserta ini pararel dengan sistem seleksi yang diawali mulai sejak (15/3/2017) hingga 15 April kelak. Sistem seleksi ini dikerjakan dengan memperhitungkan rekam jejak akademik siswa. Rekam jejak ini dimasukkan oleh pihak sekolah ke server panitia lewat sarana pangkalan data sekolah siswa (PDSS) SNMPTN.

Untuk menentukan lulus tidaknya atau diterima tidak calon mahasiswa maka keputusan finalnya kelulusan SNMPTN ada di tangan semasing-masing rektor. Tuturnya. Panitia pusat cuma lakukan pemeringkatan berbasiskan data prestasi akademik siswa yang dimasukkan oleh sekolah. Ravik juga menyatakan persyaratan lain SNMPTN yaitu ujian nasional (unas).

Intinya peserta SNMPTN mesti ikuti unas. Tuturnya. Ravik belum bersedia menerangkan dengan detil skema pemakaian nilai unas untuk SNMPTN. Dia beralasan kalau semasing-masing rektor PTN di beri kewenangan dalam melakukan skenario pemakaian nilai unas untuk SNMPTN.

Sesudah sistem seleksi usai, hasil SNMPTN bakal diumumkan pada 26 April. Ravik mengingatkan ketentuan akhir kelulusan SNMPTN yaitu waktu proses daftar lagi atau verifikasi dokumen pada 16 Mei. Pada sistem ini umumnya bakal di ketahui bila berlangsung kecurangan penulisan prestasi akademik siswa. Umpamanya praktek pengatrolan nilai rapor yang dimasukkan ke server PDSS SNMPTN oleh sekolah.

Baca Juga  Kalender Akademik UNY 2018/2019

Intan Ahmad, Dirjen Evaluasi serta Kemahasiswaan (Belmawa) dan Kemenristekdikti juga menuturkan hal ini menyongsong baik bila bergabung dari beberapa universitas baru di SNMPTN. Itu artinya daya tampung atau peluang belajar lewat saringan SNMPTN jadi tambah banyak.

Diluar itu pula selaki guru besar dari pakar hama ITB menyinggung pemakaian nilai unas untuk SNMPTN. Intan menerangkan deretan perguruan tinggi telah bekerjasama dengan Kemendikbud sebagai pelaksana unas. Akhirnya yaitu rektor bisa memakai nilai unas untuk kebutuhan SNMPTN. Nilai unas dasarnya masihlah jadi pertimbangan dalam SNMPTN. Katanya.

Intan menerangkan ketentuan penerimaan mahasiswa baru telah diotonomikan ke perguruan tinggi atau rektor. Beberapa rektor diijinkan mengaplikasikan pembobotan nilai unas sebagai pertimbangan Seleksi Nasional Masuk PTN. Kemenristekdikti tidak turut ambil bagian dalam penyusunan secara teknis di dalamnya. Ujarnya.

Silakan cek disini pengumuman hasil SNMPTN

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

6.904 Mahasiswa Baru UNY Ikuti PKKMB UNY 2018

Sebanyak 6.904 orang telah dinyatakan resmi diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Secara …