SNMPTN 2019, UNY Sediakan Kuota 1488 | UNY COMMUNITY
Monday , 22 April 2019
Home / Kabar Kampus / SNMPTN 2019, UNY Sediakan Kuota 1488

SNMPTN 2019, UNY Sediakan Kuota 1488

Tahun ini, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Tidak ada perbedaan mencolok tahun ini, karena sistem yang dipakai masih sama dengan tahun lalu.

SNMPTN merupakan penjaringan siswa unggul masuk ke Perguruan Tinggi (PT) dilihat dari kemampuan akademik berdasar nilai rapor dan nilai Ujian Nasional (UN).

Jalur ini dikoordinasikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2019 dengan jadwal pelaksanaan dan proses seleksi mengikuti ketentuan nasional.

Kepala Humas UNY, Anwar Efendi mengatakan, tahun ini UNY menyiapkan kuota untuk PMB jalur SNMPTN sebanyak 1488 kursi.

Jumlah tersebut, sesuai ketentuan prosentase peruntukkan PT melakukan PMB dari jalur SNMPTN adalah 30 persen dari total daya tampung mahasiswa baru dari semua jalur.

“Tahun ini daya tampung kita sebanyak 4890 mahasiswa. Sesuai ketentuan, jumlah mahasiswa yang bisa diterima melalui jalur SNMPTN adalah 30 persen. Kita dapat di angka 1488 itu. Kuota ini tidak terlalu jauh beda dengan kuota tahun lalu di jalur yang sama,” kata Anwar dihubungi Tribunjogja.com pada Selasa (5/2/2019).

Baca Juga  Garuda Urban Gasoline 17 Siap Membanggakan Indonesia

Kuota tersebut dipastikan Anwar bisa terpenuhi.

Mengingat tahun lalu dengan jumlah kuota yang hampir sama, jumlah pendaftar melalui SNMPTN di UNY mencapai 60 ribu orang.

Jurusan favorit juga masih bidang di seputar bidang prospektif seperti PGSD, Psikologi, Teknik Informatika, Manajemen Akutansi dan Ilmu Komunikasi.

Karena mengikuti nasional, sistem penerimaan sampai alur dan waktunya sudah diatur dari pusat. Hanya dari masing-masing fakultas dan jurusan, akan ada perbedaan spesifikasi syarat di masing-masing PT. Saat ini sendiri menurut Anwar, tahapan SNMPTN adalah pendaftaran yang masih dibuka sampai 14 Februari mendatang. Anwar pun menghimbau kepada calon mahasiswa yang tertarik masuk UNY lewat jalur SNMPTN agar segera melakukan tahapan pendaftaran demi menghindari sistem yang berpotensi padat saat mendekati batas akhir pendaftaran.

“Daftar sesegera mungkin tidak perlu menunda apalagi sampai detik terakhir waktu pendaftaran. Perlu dipikir matang juga jurusan mana yang sesuai bakat karena siswa yang sudah diterima di jalur ini tidak bisa mencoba di jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri),” kata Anwar. (*)

Baca Juga  UNY Terima Satu Unit Nissan Juke Sebagai Media Praktik Mahasiswa

sumber : http://jogja.tribunnews.com/2019/02/06/snmptn-2019-uny-sediakan-kuota-1488

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

GERAKAN MENULIS (GELIS)

👥 HIMA PGSD Kampus II FIP UNY 👥 mempersembahkan ✒✏ GERAKAN MENULIS (GELIS) ✏✒ Gelis …

X