JogjakuWisata

Studio Alam Gamplong : Mini Hollywood Ala Jogjakarta

Menjelajahi alam wisata di sudut-sudut Kota Yogyakarta seolah tiada akan pernah ada habisnya. Pergerakan zaman mendorong pula bermunculannya jenis wisata baru di seantero kota yang kental budaya ini. Destinasi wisata menarik tumbuh bak cendawan di musim hujan  merangkak terus tak terkecuali di daerah ujung barat kota Yogyakarta tepatnya  Desa Gamplong, Moyudan Kabupaten Sleman. Sebuah daerah yang mulanya dikenal sebagai pusat kerajinan tenun tradisional disulap menjadi Studio Alam Megah dengan beragam set bangunan yang menawan.

Terbitnya film karya maestro sastra masyhur Pramoedya Ananta Toer berjudul “Bumi Manusia”, Agustus 2019 lalu menambah semaraknya studio alam ini. Dengan set kolonialisme yang kental, jalur trem yang legendaris pada zamannya, ilustrasi visual Mellema Melk hingga indekost tokoh Minke pun lengkap dibangun untuk mendukung keberlangsungan jalan laga filmnya.

Terletak sekitar 16 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta ,apa saja keunikan dari Studi Alam Gamplong ini ? Berikut reviewnya

  1. Alamat Studio Alam Gamplong ada dimana ?

Studio Alam Gamplong terletak di desa Gamplong, Moyudan Kabupaten Sleman. Bermula dari tanah kas desa , kemudian atas inisiasi Mooryati Soedibyo sebagai salah satu penggerak brand kosmetik Mustika Ratu yang menggandeng sutradara kawakan Hanung Bramantyo terwujudlah Set studio yang sudah mulai digunakan mulanya sebagai latar tempat syuting film Sultan Agung. Kemudian, studio ini dihibahkan kepada pemerintah daerah guna menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sleman.

Studi Alam Gamplong dapat dikunjungi karena sudah berstatus dibuka untuk umum mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Alamat resminya tercatat di Jalan Gamplong No 1, Sumberrahayu, Moyudan Sleman 55563.

  1. Sebagai Wisata Edukasi dan Barometer Perfilman

Studio Alam Gamplong dengan beragam set dan latar belakang bangunan cocok sekali untuk dikunjungi. Selain dapat berswafoto dengan bangunan yang unik-unik semisal set kolonialisme, pengunjung juga dapat mendapat edukasi secara tidak langsung sebagai wujud pendidikan luar sekolah. Dilansir dari akun instagram @gamplong_studio, bentuk outing class pernah dilakukan oleh Sekolah Oliffant Demangan Yogyakarta. Transfer pengetahuan semacam ini akan mewujudkan dukungan sekaligus sebagai bentuk apresiasi bagi para sineas perfilman Indonesia.

Baca Juga  Sendang Ngembel, Kilauan Permata Hijau dan Altar Persembahan

Studio Alam Gamplong menjadi batu loncatan banyak buah karya perfilman mulai dari Sultan Agung, Bumi Manusia, hingga yang akan segera tayang Habibie Ainun 3 dengan penampilan Maudy Ayunda.

  1. Studio Alam Gamplong : Mini Hollywood di Kota Jogja

Studio Alam Gamplong yang berlokasi di sebuah perkampungan yang memproduksi kerajinan tenun dengan metode ATBM (Alat tenun bukan mesin) menambah khasanah kekayaan dan kearifan lokal. Julukan mini hollywood bukan tanpa alasan, karena studio alam tersebut terlihat seperti kita melihat mini Hollywood di Amerika

Lahan seluas jangkaun kurang lebih 2 hektare disulap menjadi potret kawasan Indonesia zaman dahulu. Mulai dari Gerbang Keraton Karta era Dinasti Mataram Kuno, Benteng Hollandia, Batavia hingga perkampungan warga masa lampau. Menarik bukan ?

  1. Akses menuju Lokasi bagaimana ?

Sejauh informasi yang dihimpun, untuk saat ini belum ada angkutan umum yang langsung menjangkau ke lokasi. sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau melakukan penyewaan armada mobil dan motor. Teman-teman bisa menjangkau lokasi salah satunya melalui jalur lingkar selatan menuju Wates atau melewati jalan godean.

  1. Spot-spot menarik untuk menorehkan kenangan melalui berfoto ria

Studio Alam yang telah diresmikan presiden Jokowi Juli 2019 lalu, menyimpan segudang spot fotogenik yang dapat meramaikan lini media sosialmu.Mulai dari nuansa klasik, kolonial, hingga ala-ala Koko dan Cici di Kampung Pecinan pun tersedia. Dijamin spot foto ini begitu eye catching !

  1. Paket Wisata ada, Paket Kulinerannya juga !

Selain menawarkan nuansa wisata dengan set-set yang dibangun megah dan mendekati ‘pencitraan’ dalam novelnya seperti Rumah milik Babah Atjong, Toko Soeraibaia, pengunjung juga dimanjakan dengan gerai makanan dan minuman serta toko souvenir lho. Sensasi liburan yang lain dengan fasilitas penunjang yang ada seperti kantong parkir, kereta wisata, hingga galery dan workshop.

Baca Juga  Kuliner : Jadah Tempe Mbah Carik

Tambahan informasi, untuk bea parkir roda dua Rp.2000 , mobil dan elf berkisar pada angka  Rp5.000- 10.00 dan untuk bus ada pada kisaran angka Rp. 20.000.

  1. Jadi destinasi yang sayang jika dilewatkan !

Untuk kamu yang masih belum bisa move on dari sosok Annelies Mellema gadis Indo yang diperankan oleh aktris Mawar Eva, kabar baiknya mulai 7 September lalu dilansir dari akun official Hanung Bramantyo, set bangunan rumah milik Nyai Ontosoroh telah dibuka untuk umum. Bahkan kamu bisa menikmati sajian minuman kopi dan hidangan ala pedesaan yang ngangeni.

Bagaimana? Tak ada salahnya bukan berwisata sambil belajar? Yang perlu dipastikan ketika berkunjung ialah tetap menjaga keamanan dan kelestarian segala bentuk properti ya kawan!

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X