Kabar Kampus

Tahun 2018 Afirmasi UNY Terbuka untuk Anak Keluarga TKI di Negeri Jiran

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi merupakan program dari pemerintah Indonesia yang digalakkan sejak tahun 2012. Pada mulanya, beasiswa afirmasi dikhususkan untuk siswa/siswi dari daerah Papua yang ingin melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Hal tersebut dilakukan dengan harapan siswa/siswi dapat berprstasi dan SDM daerah Papua akan lebih berkembang sehingga tidak tertinggal dengan yang lain. Namun seiring dengan evaluasi dari tahun ke tahun, pemerintah tidak hanya membuka program afirmasi untuk daerah Papua saja, melainkan juga daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) di Indonesia.

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu universitas di Indonesia yang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur afirmasi. Program tersebut masih berjalan hingga tahun 2018 kemarin. Pada tahun 2018, afirmasi yang diselenggarakan dari UNY dikhususkan untuk daerah Papua dan 3T.

pic : uny.ac.id

Ada tiga puluh enam siswa yang diterima di jalur afirmasi pada tahun 2018 di UNY. Menariknya, empat dari mereka adalah siswa/siswi yang berasal dari daerah 3T tetapi telah lama hidup di Malaysia karena berasal dari keluarga TKI. Empat diantaranya yaitu Nur Asyidah dari Pendidikan Bahasa Inggris, Rusli dari Pendidikan Seni Tari, Nadia Binti dari Pendidikan Tata Busana, dan Emy Hasmidar dari Pendidikan Fisika. Selama di Malaysia, mereka mengaku telah belajar di sekolah khusus untuk anak perantau yang bukan warga negara asli warga Malaysia.

Baca Juga  Keren, Mahasiswa Indonesia Rajai Lomba Mobil Hemat Energi

Pemerintah mengadakan program afirmasi pada awalnya untuk siswa/siswi SMP dari keluarga TKI di Malaysia yang ingin melanjutkan SMA di Indonesia. Para calon peserta harus mengikuti seleksi untuk diambil sebelas peringkat terbaik dari sekitar seratus peserta. Hingga akhirnya program pemerintah tersebut berlanjut untuk mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Salah satu keuletan beberapa guru dari Indonesia yang mengajar bahasa di sekolah-sekolah Malaysia memberikan dorongan dan sosialisasi secara khusus kepada seluruh siswa/siswi yang notabene merupakan warga negara Indonesia untuk melanjutkan sekolah di Indonesia. “Banyak yang belum tahu kalau tahun 2018 UNY membuka jalur afirmasi untuk anak-anak dari keluarga TKI di Malaysia. Yang mereka tahu hanya afirmasi 3T. Kami sangat berterima kasih pada guru-guru dari Indonesia yang mengajar di Malaysia. Mereka memotivasi kami untuk tidak hanya numpang status di Indonesia karena daerah asal kami berbatasan dengan Malaysia dan tempat sekolah kami bukan di Indonesia. Mereka membawa kami kembali ke Indonesia.” ujar Emy, satu dari mahasiswa afirmasi UNY.

Program afirmasi telah membuka peluang besar bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi di Indonesia khususnya pelajar dari keluarga TKI di Malaysia. Dari pihak UNY diharapkan dapat menambah kuota dengan tidak hanya membatasi anak dari keluarga TKI yang berada di Malaysia, tetapi juga anak rantau dari keluarga TKI di negeri lain.

Baca Juga  Peringkat Universitas di Indonesia Versi 4ICU Juli 2019

Sumber:

www.itjen.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2017/02/ADIK-ITJEN-Dirjen-Belmawa.pdf

www.uny.ac.id/pengumuman/jadwal-dan-prosedur-registrasi-mahasiswa-baru-program-afirmasi-pendidikan-tinggi-uny-ta

www.hastagcampus.com

Nella Amiq

enigmatic

Related Articles

Back to top button
Close
X